Wisata Lampung, Yuk Kunjungi Taman Nasional Way Kambas

gajah-taman-nasional-way-kambas-yopie-pangkey

Berwisata ditempat-tempat lazim seperti pantai, wisata bahari, waterboom ataupun taman bermain itu sudah biasa. Disana kita hanya dapat bersenang-senang untuk menghilangkan rasa bosan. Hanya keseruan yang didapat.

Nah jika anda mencari pengalaman berbeda, berwisata ke taman nasional, bisa memberikan sensasi berbeda dan pastinya mendapatkan pengalaman yang unik.

Selain dapat menghilangkan rasa bosan dan bererfresing, anda juga akan mendapatkan pelajaran yang sangat berarti untuk menambah pengetahuan ilmu. Anda dapat mengetahui berbagai macam koleksi hewan yang terdapat di sana. Mulai dari hewan yang berasal dari uar negeri hingga hewan yang langka dari dalam negeri.

Selain hanya melihatnya, anda dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan tersebut dengan memberi makan. Salah satu taman nasional yang terdapat dalam negeri ini adalah taman nasional way kambas. Taman nasional ini merupakan salah satu destinasi wisata Lampung yang patut anda kunjungi. [Baca juga : Pesona Wisata Lampung, Danau Ranau ]

gajah-taman-nasional-way-kambas | Ft by :yopie-pangkey
gajah-taman-nasional-way-kambas | Ft by :yopie-pangkey

Lokasi taman nasional Way Kambas

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa taman nasional way kambas ini terletak di lampung. Tepatnya berada di desa rajabasa lama yang letaknya berdekatan dengan pasar. Jika menggunakan jalur udara untuk wilayah luar pulau lampung, dapat mendarat pada bandara terdekat yang berada di lampung.

Selanjutnya lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum. Lalu anda dapat langsung turun di gerbang utama taman nasianal tersebut.

Perjalanan menuju tempat wisata taman nasional way kambas ini tidaklah memerlukan banyak waktu, namun tergantung juga dari daerah mana asal anda. Hal tersebut dapat mempengaruhi waktu tempuh anda.

Jalur lain yang dapat anda tempuh dapat juga dimulai dari bandar lampung, yakni tepatnya dari terminal rajabasa. Anda dapat menaiki bus dan ambilah jurusan way jepara lampung timur. Selanjutnya anda juga dapat langsung turun di gerbang utama.

Setelah sampai didepan gerbang masuk taman nasional way kambas, gunakan ojek kedalam untuk membeli tiket masuk. Jika anda menggunakan mobil pribadi untuk menuju kesana, alangkah baiknya anda menggunakan GPS.

Dengan demikian anda akan dengan mudah mengetahui arah dan dapat dengan luas mengetahuai rute mana yang paling baik juga dekan untuk dilalui. Untuk berlibur ke taman tersebut, sesukai hati anda ingin mengendarai kendaraan apa. Namun tetaplah memperhatikan keselamatan dan juga rambu-rambu lalu lintas. [Baca juga : Kenapa Kamu Harus Liburan ke Lampung? Ini Alasannya! ]

gajah taman nasional way kambas, Lampung Timur | ft by : yopie-pangkey
gajah taman nasional way kambas, Lampung Timur | ft by : yopie-pangkey

Jalur alternatif menuju taman nasional way kambas

Selain dengan jalur yang ditentukan atau dijelaskan diatas, terdapat pula jalur alternatif yang dapat anda lalui untuk dapat dengan mudah sampai pada tujuan yakni taman nasional way kambas.

Pada jalur ini, anda tidak akan dibebani biaya atau tidak perlu membayar tiket masuk. Yaitu masuk pada taman konservasi ini melalui desa labuhan ratu enam atau biasa disebut dengan desa pancasila.

Jalurnya adalah dari bandar lampung dapat maju terus kurang lebih 1 KM dari pintu masuk desa rajabasa lama atau gerbang masuk taman nasional way kambas yang kemudian anda akan menemukan pasar.

Dari pasar tersebut, kurang lebih 50 meter akan terlihat plang pondok pesantren gontor 9. Tinggal belok kiri jalan terus hingga menemukan hutan.

Setelah menemukan hutan, anda tinggail belok kanan hingga bertemu plang hijau. Dari plang hijau tersebut, anda hanya melaju kembali sekitar 50 meter dan akhirnya anda telah sampai memasuki konservasi gajah pada taman nasional Way Kambas secara gratis.

way-kambas-national-park-mapHarga tiket masuk ke taman nasional Way Kambas

Saat akan membeli tiket masuk, anda akan ditawari dua pilihan tiket masuk yaitu ke konservasi gajah dan ke way kanan resort. Untuk harga tiket masuk ke konservasi gajah, anda akan dikenai biaya kurng lebih sebesar Rp.20.000 perorangan.

Sementara untuk membeli tiket menuju ke way kanan resort yang mana merupakan penangkaran badak sumatra, anda harus terlebih dahulu meminta SIMAKSI atau surat izin masuk dengan biaya Rp.30.000 perorang. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada musim ataupun hari besar lainnya.

Seperti halnya pada saat musim liburan, biasanya harga akan dinaikkan karena banyak sekali yang datang. Atau bahkan dapat turun dari harga tiket sebelumnya.

gajah-taman-nasional-way-kambas-foto-by-yopie-pangkey
gajah-taman-nasional-way-kambas-foto-by-yopie-pangkey

Pesona wisata alam di Tanam Nasional Way Kambas

Taman nasional way kambas merupakan sebuah taman konservasi yang didalamnya terdapat banyak sekali binatang yang langka. Binatang tersebut diantaranya badak sumatra, gajah yang telah jinak dan masih banyak lagi.

Selain terdapat banyak binatang, tempatnya yang sangat dekat dengan alam yaitu berupa hutan liar.

Maka akan nampak sekali suasana dekat dengan alam, jadi cocok sekali untuk anda yang suka terhadap alam liar.

Tempat wisata taman nasional ini buka pada pagi, siang, sore dan malam. Jadi jika anda ingin berwisata malam dan bermalam dihutan, anda dapat mendirikan tenda disana.

gajah-taman-nasional-way-kambas-image-by-yopie-pangkey
gajah-taman-nasional-way-kambas-image-by-yopie-pangkey

Namun anda harus terlebih dahulu meminta izin pada petugas penjaga jika ingin bermalam dalam taman nasional way kambas lampung terpopuler tersebut.

Dan, jangan lupa untuk membawa lation nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk hutan pada malam hari.

Wisata taman nasional way kambas merupakan tempat pusat pelatihan gajah sumatra dan juga tempat pertama kali pelatihan gajah di indonesia. Pada konservasi gajah di taman ini, semua gajah akan dilatih yang dimanfaatkan untuk pentunjukan. Pertunjukan tersebut dapat berupa gajah bermainan bola, berenang dan lain sebagainya.

Disana gajahnya juga telah jinak, dan anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan para gajah dengan memberinya makan. Anda tidak perlu membawa makanan untuk gajah darirumah, karena disana telah banyak penjual makanan untuk para gajah berupa sayuran atau buah-buahan.

Anda juga dapat menunggangi gajah tersebut dan diajak jalan-jalan dengan pawang yang akan mengarahkan gajah tersebut.

Tidak perlu takut dengan gajah yang berada dalam konservasi tersebut, karena gajah disana sudah jinak dan terdapat para pawang yang siap melindungi serta menangani jika terdapat gajah yang mengamuk.

Disana juga terdapat konservasi untuk badak sumatra. Anda dapat melihat aktivitas badak kesehariannya dan mengetahui badak sumatra yang tergolong langka tersebut.

Selain itu terdapat harimau sumatra, tapir, beruang madu, anjing hutan dan lain sebagainya yang dikembangbiakan dalam taman nasional way kambas lampung.

Selain binatang, disana juga tersedia fasilitas yang mendukung seperti toko suvernir, musholla, kamar mandi dan lain sebagainya. [Baca juga : 10 Objek Wisata Lampung yang Wajib Anda Kunjungi ]

 

One thought on “Wisata Lampung, Yuk Kunjungi Taman Nasional Way Kambas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *