Weekend Ke Bangka, 5 Pantai Ini Tak Boleh Dilewatkan

pantai tongaci

Ada yang tidak tahu keberadaan pulau Bangka?!. Ah, yang benar saja. Hehee
Itu loh, pulau yang sejak dulu dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia.

Pulau Bangka ini merupakan pulau terbesar dalam provinsi kepulauan Bangka Belitung. Letaknya di sebelah pulau Sumatra. Dulu-nya pulau ini menjadi bagian dari provinsi Sumatra Selatan.

Bangka Belitung terletak pada lingkaran merah dalam gambar
Bangka Belitung terletak pada lingkaran merah dalam gambar

Jakarknya hanya 25 menit dari Palembang, 40 menitan dari Batam, dan 50 menitan dari Jakarta. Kalau ditempuh via jalur udara loh ya. Kalau dengan kapal laut, sekitar 24 jam dari pelabuhan tanjung Periuk Jakarta, atau 4 jam dari Bom Baru, Pelambang atau Tanjung Siapi Api.

Nah, selain dikenal sebagai penghasil timah dan lada putih, pulau Bangka juga memiliki panorama alam yang indah, kuliner yang lezat dan kehidupan masyarakat-nya yang sangat rukun. Di sini masyarakat dari berbagai etnis dan agama hidup rukun dan berdampingan.

Soal panorama alam, pulau Bangka dianugerahi banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Bila anda tak punya banyak waktu, pantai-pantai yang paling popular di daerah ini bisa anda kunjungi dalam waktu singkat.

So, anda bisa mengunjungi pulau Bangka saat weekend dan menikmati keindahan pantai serta kulinernya yang lezat. Apalagi akses ke daerah ini sangat mudah.

Apa karakteristik pantai di Bangka?

Karakteristik yang khas dari berbagai pantai di Bangka ini adalah bebatuan granit yang memiliki bentuk beragam dengan ukuran beragam. Pantai nampak lebih memikat dengan pemandangan yang sangat alami dari warna perpaduan bebatuan granit bersama lautan biru yang begitu kontras dan pasir putih nan lembut.

Tentunya terdapat banyak pantai yang bisa anda kunjungi di Bangka. Bahkan kalaupun hanya untuk sekedar menghabiskan weekend.

Wisata apa saja yang ada di Bangka?

Sebetulnya wisata Bangka tidak hanya pantai dan pulau, tapi anda juga bisa menikmati wisata kuliner dan keseruan lain seperti wisata religi dan wisata sejarah. Namun untuk menikmati weekend di Bangka, inilah beberapa kawasan wisata pantai di Bangka yang tak boleh anda lewatkan :

pantai-parai-sungailiat
Pantai Parai Parai Tenggiri, Sungailiat – Bangka

Pantai Parai Tenggiri

Pantai ini merupakan pantai paling indah dan mempesona di Bangka Belitung. Pantai Tenggiri ini terletak di Pangkal Pinang dengan kawasan yang begitu asri dan sangat sejuk. Anda bisa merasakan panorama yang begitu eksotis dari pemandangan alamnya.

Keindahan yang paling menakjubkan dari pantai ini adalah bebatuan granit yang memiliki ragam ukuran dan bentuk yang menghampar di sudut pantai dengan sangat indahnya. Bebatuan granit dengan warna yang indah mampu memberikan keeksotisan paling kontras dengan warna air laut yang begitu jernih.

Traveller sedang menikmati weekend di pantai Parai, by : BangkaTour.com
Traveller sedang menikmati weekend di pantai Parai, by : BangkaTour.com

Anda bisa merasakan sensasi paling berbeda saat berjalan diatas batu granit, apalagi berfoto diatasnya dengan mengambil latar pantai yang paling memukau, tentu anda tidak akan habis puas. Selain itu, kenikmatan lainnya yang paling memuaskan adalah wisata air yang paling tak terlupakan.

Anda bisa bermain sepuasnya dengan mencoba wahana banana boat, parasailing, berenang sepuasnya dan juga snorkeling sesuka anda. Bahkan, anda pun bisa memancing sepuasnya dan anda tak perlu cemas karena telah tersedia peralatan memancing yang bisa anda sewa, dan bahkan adapun penyewaan perahu yang siap sedia menemani anda.

Pantai ini pun menyimpan akomodasi yang takkan membuat anda kecewa. Anda bisa bermalam di pantai ini karena terdapat banyak hotel. Yang paling unik adalah pembelian tiket dengan harga 25 ribu rupiah maka dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman yang ada di restoran pinggir pantai.

Pantai tikus / pantai Nirwana Bangka
Pantai tikus / pantai Nirwana Bangka

Pantai Tikus atau pantai Nirwana

Mendengar namanya saja tentu sudah aneh bukan? Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena bentuk pantai yang masih sangat alami. Air laut begitu jernih dnegan deburan ombak yang begitu menyejukkan hati. Pantai ini masih sangat bersih dan memang jarang dikunjungi wisatawan.

Puri Tri Agung di pantai Tikus - Bangka
Puri Tri Agung di pantai Tikus – Bangka

Namun, keindahannya sangat mempesona dengan adanya perbukitan terjal dengan hamparan bebatuan granit yang indah melengkapi keindahan air lautnya yang berwarna biru jernih. Di atas bukit pun terdapat sebuah kuil Puri Tri Agung tempat peribadatan yang berbentuk bulat dengan keindahannya yang khas.

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Bangka
Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Bangka

PantaiĀ  Pasir Padi

Pantai ini terletak di Pangkalpinang dengan kawasan yang nampak sangat ramai, karena pantai ini dihuni oleh banyak penduduk, sehingga tidak heran jika sebagian besar pengunjung pantai ini adalah penduduk Bangka.
Pantai ini menghampar luas dengan pasir putih yang mempesona. Uniknya pasir pantai ini nampak seperti bulir-bulier padi, sehingga akan terasa sensasi berbeda saat menginjakkan kaki diatasnya.

Pantai ini begitu ramai sehingga fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap. Jika anda tidak membawa perbekalan maka jangan cemas karena terdapat banyak restoran dan warung makan yang tersedia di sekitar pantai. Anda bisa menikmati indahnya pantai dengan pemandangan pepohonan indah yang mempesona di pinggiran pantai.

Bersebelahan dengan pantai ini juga terdapat objek wisata agro, yakni Bangka Botanical garden. Tempat ini juga bisa anda singgahi karena bersebelahan dengan pantai Pasir Padi, Pangkalpinang

Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat - Bangka
Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat – Bangka

Pantai Tanjung Pesona, Bangka

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pesona yang sangat indah dan mampu membuat siapapun terpesona padanya. pantai ini ramai dikunjungi sehingga memiliki fasilitas lengkap.
Terdapat banyak gazebo atau tempat berteduh di sekitar pantai. Adapun beberapa fasilitas wahana permianan air yang bisa anda nikmati disini; banana boat, kano, jetski, fasilitas olah raga air, fasilitas memancing, penyewaan speedboat dan sepeda juga ada.

Ulasan tetang pantai ini sudah sangat banyak bertebaran di internet, jadi anda bisa googling dulu kalau masih pensaran. hehe

Pantai Tongaci, Sungailiat - Bangka
Pantai Tongaci, Sungailiat – Bangka

Pantai Tongaci

Pantai Tongaci merupakan objek wisata keluarga di Bangka sekaligus “Rumah” bagi ratusan bayi Penyu. Tujuan didirikannya tempat konservasi penyu disini selain untuk wisata bahari juga untuk melindungi penyu dari kepunahan dan sarana edukasi untuk anak-anak SD hingga perguruan tinggi.

Pantai Tongaci sendiri terletak di Jalan Laut Kampung Pasir Sungailiat atau sekitar 45 menit dari kota Pangkalpinang. Akses jalan menuju pantai berupa jalan aspal yang mulus dan mudah diakses dari kota Sungailiat.

Selain menyaksikan konservasi penyu, di sini pengunjung akan disuguhi pemandangan pantai yang menawan. Pemandangan pantai tersebut tak kalah dengan pantai-pantai berpasir putih yang sudah tenar di dekat pantai itu seperti pantai Parai Tengggiri dan tanjung Pesona.

tongaci beachJika ingin menikmati olahraga water spot disini tersedia banana boat. Ada sejumlah bangunan dari kayu yang sedang dipersiapkan untuk restauran atau kafe bagi pengunjung.

Puluhan pohon kelapa ditanam dengan rapi di tepi pantai menambah cantiknya pemandangan pantai berpasir putih ini. Di sini juga dibangun batu-batu pemecah gelombang yang membuat tempat ini aman untuk mandi bagi anda yang liburan bersama anak-anak.

Nah tertarik weekend ke pulau Bangka, jangan lewatkan 5 pantai tadi ya. Buat anda yang ingin liburan bareng keluarga, teman-teman atau rekan-rekan kantor and gak pakai ribet anda bisa menggunakan jasa tour operator Bangka Belitung. Atau bila anda memiliki cukup waktu petualangan anda bisa dilanjutkan dengan menikmati tour Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *