Tips Memilih Pakaian Traveling

BostravPakaian traveling yang pas sering menjadi pertanyaan penting sebelum anda bepergian. Apa yang harus digunakan dan berapa jumlah pakaian yang harus dibawa. Melakukan packing pakaian untuk perjalanan yang lama dan panjang mungkin terlihat susah, tapi memilih pakaian traveling dengan pintar akan menghhilangkan stress berlebih.

Jika melakukan traveling, terutama untuk liburan ke luar negeri, akan sangat baik jika anda memilih pakaian yang ringan yang bisa digunakan untuk segala jenis petualangan anda.

Memilih pakaian via blog.travelkota.com
Memilih pakaian via blog.travelkota.com

Pakaian traveling 911
Kunci untuk packing secara cermat adalah dengan mencari potongan baju yang bisa dipakai dimanapun dan kapanpun. Carilah pakaian yang :

Material : bahan kain yang menyerap keringat, tidak panas, dan mudah dalam perawatannya merupakan pilihan tepat untuk traveling.

traveling_stylish via detik travel
traveling_stylish via detik travel

Warna netral : ruangan pada koper atau tas anda sangatlah berharga. Kurangi porsi pakaian berwarna warni dan sebaliknya, pilihlah warna – warna natural, seperti hitam, coklat, putih, dan warna khaki. Terutama pada celana, rok, dan celana pendek. Warna natural ini cocok untuk digunakan sebagai kombinasi warna pakaian lainnya, sehingga anda akan membawa lebih sedikit pakaian di tas travel anda.

Tidak mudah kusut : carilah toko pakaian yang menjual pakaian dengan bahan tidak mudah kusut. Atau anda bisa mengeceknya di toko dengan meremas kain tersebut. Bukan berarti pakaian yang anda bawa harus selembut sutera dan sama sekali kusut, tetapi paling tidak bisa menghasilkan kusut yang lebih sedikit dari bahan lainnya.

Tidak mencolok : menggunakan pakaian yang berbeda dari orang lokal sangatlah membuat anda terlihat seperti orang asing. Hindari pakaian ketat atau bawahan yang terlalu pendek. Pakaian seperti ini mungkin tidak sesuai dengan adat dan tempat tertentu. Pastikan anda telah mengetahui gaya pakaian penduduk lokal tujuan wisata anda. Selain tidak sopan, pakaian yang mencolok juga membuat anda rawan kejahatan, karena anda bisa jadi sasaran empuk para kriminal.

Kantong : kantong bisa menjadi sangat berguna saat anda melakukan traveling. Kantong pada kaos atau atasan anda, misalnya, bisa digunakan untuk menyimpan tiket, kacamata, atau benda kecil lainnya yang perlu diambil dengan cepat. Kantong yang terdapat pada celana atau rok anda bisa digunakan untuk menyimpan passport atau uang tunai anda secara terpisah, sehingga membuat anda merasa lebih nyaman dan tidak mencolok daripada menggunakan tas pinggang di balik pakaian anda. Selain itu, pilih celana yang memiliki kantong beresleting. Kantong ini akan mengurangi resiko dari kejambretan dibanding dengan kantong yang hanya berkancing.

Jenis kain via id.wikipedia.org
Jenis kain via id.wikipedia.org

Membandingkan Bahan Kain

Bahan kain yang dipilih haruslah bisa mengalirkan udara dengan lancar, menyerap keringat, dan tidak panas. Katun, yang sering digunakan untuk tampilan kasual, biasanya kurang cocok digunakan untuk traveling daripada bahan di bawah ini. Bahan yang biasa dipilih yaitu :

Nilon dan poliester
Keunggulan dari bahan ini adalah ringan, cepat kering jika terkena basah, dan tidak mudah lecet. Hanya saja bahan ini terasa tidak senyaman bahan katun.

Rayon
Bahan kain ini memiliki bentuk yang halus, tahan kerutan, kering cepat dan dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan.

Sutera
Bahan yang biasanya digunakan untuk pakaian dalam ini sangat ringan, tidak panas, dan cocok untuk musim yang hangat. Sayangnya bahan ini tidak tahan lama seperti yang lain.

Katun
Bahan yang tahan lama, menyerap keringat, mudah perawatannya, dan halus ini juga cocok untuk traveling. Sayangnya bahan ini tidak cepat kering seperti bahan nilon atau poliester. Sehingga jika anda merancanakan hiburan air, pastikan anda tidak memilih pakaian berbahan katun karena akan memakan waktu yang lama untuk kering.

Campuran katun dan poliester
Campuran ini terasa sangat halus di kulit, dan juga tidak panas. Walaupun tidak mudah kering seperti katun, tapi bahan ini sedikit lebih cepat kering, namun mudah kusut atau menimbulkan kerutan.

Wool
Wool sering dipilih sebagai bahan sweater. Bahan wool ini cenderung lebih tebal dan bisa membuat anda merasa hangat walaupun sedikit basah, terutama jika anda traveling di musim dingin. Bahan wool yang asli tidak akan menimbulkan bau busuk seperti material sintetik. Kekurangannya, bahan wool ini bisa cepat terlihat usang jika tidak dirawat dengan baik.

Sekian informasi pakaian traveling yang bisa dipakai dan layan anda pertimbangkan. Jangan sampai salah memilih pakaian traveling ya!