Tips Bagasi dan Tas Perjalanan

BostravBagasi dan tas perjalanan merupakan salah satu perlengkapan yang pasti kita bawa. Dalam membawa travel bag ini ternyata juga ada tipsnya.

Tas Perjalanan via Kaskus
Tas Perjalanan via Kaskus

Tas Ransel
Jika anda akan melakukan perjalanan yang tidak terlalu lama dan tidak memerlukan anda untuk membawa barang dalam jumlah banyak, usahakan hanya membawa travel bag berupa ransel. Baik itu ransel berukuran besar atau pun kecil. Membawa jenis tas ransel travel akan memudahkan anda untuk memantau barang anda, dan tidak perlu memasukkannya ke dalam bagasi. Hal ini tentu akan lebih aman dari resiko kehilangan atau kemalingan.

Selain itu, informasi dari bandara juga menyebutkan bahwa tas koper atau barang bawaan lainnya yaang bisa diletakkan di bagasi memiliki berat terbatas, sekitar 18-10 kilogram, tidak seperti ransel yang bebas.

Jangan meletakkan barang berat di kabin atas. Walaupun berat pada tas travelling ransel yang tidak dimasukkan bagasi tidak dibatasi, sebaiknya jangan memiliki berat yang berlebihan pula.

Tas yang hanya memiliki berat ringan saja akan menimbulkan luka parah jika jatuh dari kabin atas, apalagi barang yang sangat berat. Hal ini memang jarang terjadi di pesawat karena kabin atas pesawat bisa ditutup.

Sedangkan pada bis atau kereta, kabin penyimpanan tas di atas tidak memiliki tutup, sehingga resiko jatuhnya tas ransel anda bisa saja melukai anda atau orang sekitar anda.

Kartu identitas. Via Panduanwisata.id
Kartu identitas. Via Panduanwisata.id

Kartu Identitas
Letakkan identitas diri anda di bagian dalam dan juga luar di semua tas yang anda bawa. Baik tas besar maupun tas kecil. Sebagai tambahan, anda bisa juga melampirkan rencana perjalanan di dalam koper, terutama jika anda melakukan beberapa perjalanan antar negara, sehingga memudahkan pihak bandara untuk menyatukan tas anda tanpa harus kembali ke negara sebelumnya.

Atau bisa juga menambahkan informasi lain pada semua tas anda. Hal ini akan membantu jika pihak keamanan ingin mengecek keaslian tas itu milik anda. Dengan informasi khusus yang telah anda berikan di dalamnya, tentu akan mempercepat proses klaim.

Bawalah barang berharga dekat dengan anda. Barang berharga seperti uang, laptop, file elektronik, dan kartu identitas atau barang berharga lainnya harus dimasukkan dalam tas ransel atau tas yang selalu anda bawa.

Simpanlah tiket perjalanan anda. Meskipun tiket anda sudah diperiksa dan anda sudah melakukan perjalanan, tidak ada salahnya menyimpan tiket ini. Tiket ini akan digunakan jika koper atau barang anda hilang saat perjalananan, dan digunakan untuk membuktikan kepemilikan koper anda.

Jika anda menggunakan transportasi udara dan terpaksa harus memasukkan tas atau koper travel anda dalam bagasi, anda bisa mengambil gambar dari koper anda tersebut. Hal ini juga sangat berguna untuk klaim bagasi jika hilang di bandara.

Tas Backpack. Via duaransel
Tas Backpack. Via duaransel

Modifikasi Tas Perjalanan

Terutama jika tas koper atau ransel anda merupakan koper yang polos dan memiliki bentuk yang hampir sama dengan yang lain. Misalnya tambahkan gantungan kunci, pita, atau stiker berwarna khusus pada beberapa bagian koper anda. Hal ini akan menjauhkan resiko terambilnya koper anda oleh orang lain secara tidak sengaja, dikarenakan desain yang mirip.

Tips lainnya dalam tas dan bagasi travel adalah mengevaluasi perjalanan anda. Membawa tas jinjing tentu akan membuat anda kesulitan karena anda harus menjijing tas tangan anda kemana-mana.

Tas yang memiliki roda akan memudahkan anda terutama jika anda masih harus berjalan kaki dalam waktu yang lama. Jadi pastikan anda mengetahui bagasi dan tas perjalanan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *