Pilih-Pilih Bagasi dan Tas Perjalanan Tak Boleh Asal

Bostrav – Jenis Travel Bag. Jenis travel bag untuk agenda perjalanan menjadi salah satu hal yang mesti direncanakan. Pasalnya selama traveling, pastinya Anda mesti membawa tas untuk memuat beberapa barang yang dibutuhkan. Hanya saja hindari memilih tas travel secara asal. Tas yang dipilih pastinya mesti pas dan sesuai supaya menghindari kerepotan selama perjalanan. Jadi tidak boleh asal.

Travel Bag via philandteds.com
Travel Bag via philandteds.com

Jadi, apa saja jenis tas traveling yang bisa dipilih?

Koper

Jenis tas perjalanan yang satu ini kerap menjadi pilihan utama karena dirasa lebih memudahkan dalam hal menata pakaian dan perlengkapan lainnya. Desain koper dapat memaksimalkan ruang atau sebaliknya. Dimensi koper yang persegi akan memaksimalkan pemanfaatan ruang, sementara untuk dimensi yang aerodinamis atau melengkung malah mengurangi penggunaan ruang.

Hal ini pun membuat beberapa barang tidak bisa ikut dikemas dan akhirnya Anda mesti meninggalkan beberapa pakaian atau kaos tema traveling. Karenanya sebelum membeli Anda mesti selektif memilih. Awet tidaknya koper juga bergantung dari kualitas bahan, sambungan, dan resleting.

Sebagai saran pilih koper dengan banyak kompartemen. Bila tidak, maka Anda mesti menyediakan sejumlah kantong kecil atau travel pouch untuk membantu penataan isi koper.

Sementara untuk pemilihan warna koper bebas sesuai selera. Hanya saja warna dan corak unik lebih diutamakan supaya Anda mendapat kemudahan saat pencarian atau mengambil koper di bagasi. Akan tetapi, perlu digarisbawahi untuk kegiatan tracking atau hiking tas koper murah bukan pilihan yang dianjurkan.

Koper kain via www.coroflot.com
Koper kain via coroflot.com

DayPack

Di sejumlah toko yang jual travel bag atau toko yang jual travel wallet Anda bisa juga memilih jenis Day Pack. Day Pack termasuk jenis ransel dengan ukuran lebih kecil, yakni sekitar 18 L sampai 24 L. Karenanya Day Pack kerap dipilih sebagai pendaping carrier ransel guna menyimpan barang yang sering dibawa berjalan seperti dompet, makanan, minuman, atau buku travel.

DayPack via qwstion.com
DayPack via qwstion.com

Bagi Anda yang ingin membeli Day Pack sebaiknya memilih yang dibuat dari bahan ringan. Di pasaran juga banyak tersedia Day Pack yang hadir lengkap dengan shoulder trap berupa bantalan empuk. Sehingga bila Anda perlu membawa laptop ataupun kamera sekarang tidak perlu bingung dengan ruang penyimpanan. Setiap varian Day Pack pun dibandrol dengan harga travel bag cukup varitif namun dijamin tidak membuat kantong tipis.

Tas Ransel

Jenis tas ransel travel bisa dibilang termasuk jenis yang paling populer di kalangan para pelancong, terutama backpaker. Jenis tas travel ini cocok untuk kegiatan naik gunung, traveling di medan berat, atau kegiatan jalan-jalan di perkotaan ala backpaker.

Tas Ransel memang lebih fleksibel. Adapun untuk perjalanan yang relaitf singkat, ukuran ransel paling ideal yaitu 30 L sampai 40 L. Sementara untuk kebutuhan perjalanan panjang Anda boleh memilih ransel berukuran 50 L.

Tas Ransel via Kaskus
Tas Ransel via Kaskus

Selama ini dalam pengemasan seringkali barang bawaan yang berat ditata di bagian paling bawah. Sebenarnya dalam packing dengan tas ransel barang-barang berat sebaiknya ditaruh di bagian atas.

Sementara barang-barang ringan ditata di bagian bawah. hal ini penting supaya Anda tidak merasakan sakit punggung bila mesti membawa tas ransel berjalan jauh.

Itulah beberapa jenis tas perjalanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pastinya ukuran tas juga perlu menjadi pertimbangan, terlebih bila Anda melakukan perjalanan dengan pesawat.

Bila Anda melakukan perjalanan sendiri utamakan membawa bagasi dalam kabi saja. Sehingga Anda mesti mengikuti ukuran maksimum kabin maskapai yang digunakan.