Pilah-Pilih Buku Panduan Wisata

BostravBuku panduan wisata adalah buku yang berisi mengenai informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan agar bisa berkunjung ke suatu daerah wisata secara nyaman dan aman. Baik di toko buku maupun di lokasi tempat wisata itu sendiri banyak dijual buku-buku mengenai panduan wisata yang bermacam-macam, masing-masing dengan kelengkapan informasinya.

Ilustrasi Buku Travel Via dreamstime.com
Ilustrasi Buku Travel Via dreamstime.com

Bagi Anda yang akan traveling ke tempat yang sama sekali asing, belum pernah Anda kunjungi, memiliki buku panduan wisata adalah hal yang wajib dan tidak boleh Anda lewatkan. Fungsinya adalah buku ini akan memberikan Anda informasi mengenai objek-objek wisata, peta, tempat-tempat akomodasi, nomor telepon penting, dan lain sebagainya. Berkunjung ke tempat yang sama sekali baru Anda kunjungi potensi terjadi insiden seperti tersesat sangatlah mungkin.

Sementara belum tentu di sekitar Anda ada orang lewat yang bisa ditanyai atau diminati bantuan. Oleh karena itu agar perjalanan Anda nyaman, simak cara memilih buku panduan wisata yang lengkap berikut ini:

Book Travel Favorite Via booklineandsinker.com
Book Travel Favorite Via booklineandsinker.com

Cek tahun terbit

Pariwisata adalah sektor ekonomi yang sangat fluktuatif, artinya harga segala-galanya bisa cepat berubah tergantung dari kondisi ekonomi suatu negara. Maka dari itu sebelum membeli buku travel cek dulu kapan buku tersebut diterbitkan.

Apalagi jika Anda membutuhkan buku yang memiliki informasi biaya akomodasi yang berguna untuk perencanaan keuangan traveling Anda. Biaya menginap di sebuah hotel 3 tahun lalu harganya bisa berbeda jauh dengan tahun ini dengan hotel yang sama.

travel-books-favoriteSiapa penulisnya

Berbeda penulis bisa jadi beda sudut pandangnya, cara menulis, dan informasi yang didapatkan. Atau jika perlu Anda membeli buku panduan wisata yang dikeluarkan resmi oleh pemerintah daerah tersebut karena informasinya bisa dipercaya.

Namun kelebihan dari buku travel karangan penulis traveler adalah biasanya ada tips dan trik beradaptasi dengan budaya lokal atau trik untuk mendapatkan akomodasi yang lebih murah, saat-saat yang tepat untuk mengunjungi sebuah tempat, dan tempat cari makan yang enak dan murah.

Travel Writer Via abbiekozolchyk.com
Travel Writer Via abbiekozolchyk.com

Perhatikan harga

Semakin bagus buku tersebut harganya pasti semakin mahal, apalagi jika diterbitkan oleh penerbit yang sudah besar. Jangan sampai budget liburan Anda berkurang karena membeli buku travel yang mahal padahal informasinya belum tentu Anda butuhkan. Pilihlah buku yang dipatok harga terjangkau namun menyantumkan informasi-informasi penting yang Anda butuhkan selama perjalanan.

Mudah dibawa

Jika Anda punya buku panduan wisata yang tebal dan banyak gambarnya sebaiknya disimpan saja untuk bahan bacaan di rumah. Jangan bebani barang bawaan Anda dengan membawa buku yang tebal dan tidak bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Carilah buku yang bisa dimasukkan ke dalam tas kecil atau kantong Anda, sekali lagi yang penting ada informasi penting tentang nomor-nomor telepon, peta, dan daftar objek wisata.

Lakukan reset kecil

Setelah Anda membeli buku travel pilihan, sebelum berangkat ada baiknya Anda sempatkan untuk mencari tahu mengenai kebenaran data yang ada di buku tersebut. Cari tahu mengenai objek wisata rekomendasi yang disebutkan di buku apakah memang benar seperti yang dituliskan dalam buku, cek juga ketersediaan transportasi umum untuk mencapai objek-objek wisata tersebut.

Jika perlu Anda bisa melakukan reservasi akomodasi setelah Anda merencakan rute perjalanan berdasarkan buku panduan wisata yang sudah Anda beli. Dengan melakukan research terlebih dahulu perjalanan Anda bisa lebih terjamin sehingga hambatan-hambatan seperti tersesat atau tidak dapat kamar penginapan bisa diminimalisir. Jangan lupa masukkan buku panduan wisata ke dalam tas bawaan sebagai teman perjalanan Anda.