Petualangan Paling Menarik Di Negeri Laskar Pelangi

tour belitung travel blogger indonesia

Awal Mei 2016 kemaren saya sungguh bahagia dan bangga bisa mendampingi sejumlah food and travel blogger Indonesia yang sedang berkunjung ke Belitung bersama Tour and Travel Service Terbaik di Belitung Enjoy Belitung.

Saya senang karena selama ini orang-orang dalam rombongan tersebut hanya saya kenal dari blog mereka yang populer di internet. Beberapa dari travel blogger tersebut mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda.

Sebut saja; Kak Rien, Om Yopie, Mbk Dian dan sikecil Lala, mbak Andrie, Taro, mbak Dedew, mbak Rahmi, Thifa, Amira, mbak Ningsih, Mas Cepi, Mas Arie, juga mbak Indah. (Blog atau akun sosmed mereka pasti bisa anda temukan dengan mudah di google).

Nah berhubung ceritanya tentang jalan-jalan di Belitung jadi pada kesempatan ini saya ingin share sedikit tentang berbagai daya tarik wisata di Negeri Laskar Pelangi ini.

Oky langsung saja….

Pernahkah anda mendengar Bangka Belitung?

Mungkin anda hanya mengenalnya sebagai sebuah kepulauan pulau.

Tapi tahukah anda bahwa Bangka Belitung merupakan kawasan wisata baru yang menyuguhkan varian keindahan luar biasa untuk berbagai jenis wisata. Khususnya sebagai wilayah kepulauan, Bangka and Belitung memiliki banyak pulau dan tentunya terdapat banyak pantai yang merupakan kawasan wisata paling menarik.

Anda bisa mengunjungi berbagai pantai dan bahkan tempat wisata lainnya seperti gunung, danau dan yang utama setidaknya untuk saat ini adalah kawasan lokasi syuting Laskar Pelangi.

Sebelum film ini dirilis, kepulauan Bangka Belitung memang belum terkenal di telinga banyak orang atau bahkan para wisatawan. Namun, setelah munculnya film paling fenomenal Laskar Pelangi, maka pulau Belitung khususnya menjadi perhatian para wisatawan.

Bangka Belitung memang memiliki ratusan panorama indah dan sebagian besar belum banyak terjamah para wisatawan. Karena itu pula, jika anda memiliki jiwa petualang maka wilayah ini sangat cocok menjadi lokasi penyalur hobi anda.

Bangka Belitung merupakan dua buah kepulauan di wilayah Sumatera.
Pulau Belitung lah yang menjadi sorotan utama Laskar Pelangi, karena di dalamnya terdapat salah satu pantai paling indah di Belitung yang mampu memberikan gambaran paling menarik bagi siapapun yang menontonnya.

Karena itu, jika anda penasaran dengan negeri Laskar Pelangi ini, segera masukkan Belitung ke dalam daftar pilihan destinasi wisata paling menarik.

Apa yang Menarik dari Negeri Laskar Pelangi?
Sebagaimana terlihat pada film Laskar Pelangi, tentu anda bisa merasakan budaya, perasaan harmonis dan betapa sejuk dan indahnya bumi Laskar Pelangi.

Pulau Belitung sebagai pulau paling indah ini memiliki 470 pulau yang berada di sekitarnya dan hanya sebanyak 50 pulau yang telah berpenduduk.

Karena itu pula lah terdapat banyak kawasan paling menarik yang bahkan belum pernah terjamah para wisatawan lokal maupun mancanegera.

Adapun yang paling menarik dari Belitung atau bumi laskar pelangi, diantaranya adalah:
1. Keindahan Pantai dengan Karakteristik Batu Granit
Inilah yang menjadi ciri khas utama pantai di Belitung. Semua pantai yang berada di kawasan Belitung memiliki karakteristik khusus yang bisa membedakannya dengan pulau lainnya. Pantai di Belitung memiliki warna pasir putih yang lembut dengan lautan yang berwarna hijau kebiruan.

Yang paling khas adalah adanya batu granit yang menghampar di atas pasir atau di tengah lautan. Bahkan terdapat pulau pantai yang memiliki formasi batu granit yang membentuk sebuah kepala burung.

Beberapa wilayah pantai yang bisa anda kunjungi dengan keindahannya masing-masing yakni seperti pantai Pantai Tanjung Tinggi, pantai Tanjung Kelayang, Pantai Bukit Perahu, pantai Burung Mandi, pantai Pantai Penyabong, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Pendam dan masih banyak lagi pantai unik lainnya.

2. Wisata Kuliner yang Paling Kenyang
Tidak mungkin jika anda tidak mencicipi kuliner Belitung. Karena di Belitung tersimpan wisata kuliner paling nikmat yang tentunya bisa membuat lidah anda bergoyang dan perut anda menjadi kenyang.

Terdapat banyak wisata kuliner yang bisa anda cicipi disini. Diantaranya adalah mie Belitung, yaitu mie khas Belitung yang didalamnya dipadukan dengan kuah udang paling gurih.

Adapun lainnya adalah nasi tim ayam Belitung yang sekilas seperti nasi uduk namun terdapat taburan daging ayam diatasnya.

Selanjutnya adalah gangan ikan dengan rasa asam yang khas dari buah nanas dan juga dipadukan dengan rasa pedas yang nikmat.

Terdapat pula gangan kepiting dengan bumbu merah yang paling nikmat. Adapun suto Belitung yakni layaknya sebuah soto dilengkapi dengan bihun dan lontong serta irisan daging.

3. Kedamaian dan Ketenangan dari Pemandangan Belitung
Siapapun anda yang mengunjungi ragam kawasan wisata di Belitung, khususnya pantai maka anda akan mendapat kedamaian dan ketenangan. Karena di pantai ini masih sangat asri, sejuk dan bersih sehingga anda bisa menenangkan pikiran di tempat ini.

Begitupun dengan suasana angin sepoi-sepoi serta budaya yang begitu mengakrabkan hati, tentu siapapun akan merasa betah berlibur disini dalam waktu yang lama.

4. Wisata utama mengenal Laskar Pelangi
Inilah yang tentunya dinantikan para wisatawan untuk mengenal lebih jauh tentang bumi Laskar Pelangi. Tidak hanya pantai yang menjadi daya tarik Laskar Pelangi. Namun, terdapat tempat lainnya yang menyimpan budaya yang kental dan juga penuh keakraban.

Beberapa tempat tersebut diantaranya adalah replika SD Muhammadiyah atau SD Laskar Pelangi di dalam filmnya. Di tempat ini anda akan merasakan kekentalan jiwa anak-anak sebagai para petualang Indonesia yang memiliki nilai juang tinggi.

Anda juga selanjutnya bisa melihat Museum Kata Andrea Hirata yang didalamnya tersimpan berbagai karya Andrea Hirata yang paling mengesankan.

Adapun Kupi Kuli khas Belitung, kemudian area penambangan timah yang juga merupakan karakteristik Bangka Belitung sebagai pulau pertambangan.

Di area penambangan ini pun anda bisa merasakan kerja keras yang sempat menjadi lakonan para anak-anak Laskar Pelangi. Adapun pantai utama yang menjadi latar film Box Office Laskar Pelangi dan juga Sang Pemimpi.

Kapan paling tepat melihat Laskar Pelangi?
Untuk berwisata ke wilayah Laskar Pelangi tentu disaat musim liburan tiba. Adapun waktu yang paling tepat dan pas untuk berkunjung ke wilayah ini adalah di bulan April Juni. Kenapa?

Karena di bulan ini masih berada dalam musim kemaru yang tentunya menampilkan langit cerah berwarna biru dan air laut pun sedang tenang.

Adapun waktu lain adalah di bulan Februari dan Maret. Karena di waktu ini ombak tidak bergerak tinggi.

Waktu yang kurang tepat untuk berkunjung adalah di musim penghujan mulai dari Oktober. Karena di musim ini tentu air laut memiliki ombak yang tinggi dan bahkan kapal atau perahu pun enggan untuk berlayar di musim ini.

Jika Anda Membutuhkan Jasa Rental Mobil Murah di Belitung atau sewa mobil di Bangka, Silakan Kontak Langsung kontak Ayu Rental di :
SMS / WhatsApp : 0821 8298 8898
Telpon : 0852 6 99999 27

7 thoughts on “Petualangan Paling Menarik Di Negeri Laskar Pelangi

  1. Namaku gak disebut… #pura²ngambek 🙁
    Aku pengen balik ke Belitung lagiiii…. kabarin kalo Museum Kata sudah selesai direnov ya mas 🙂 trus kemaren juga belum keturutan ngopi di Manggar 🙂

    1. Astaga ternyata lupa nyantumin nama seleb blogger beken dari Batam ini. Udah disebutin tuh Mbak Dian…Siapkalau udah buka segera diinfokan 😀

  2. Satu tempat yang wajib dikunjungi jika ingin menikmati keindahan wisata bahari di Indonesia adalah Belitung 🙂

    Saya suka dengan pantai-pantainya yang bersih dan lautnya jernih. Eksotik. Budaya ngopinya yang kental. Dan orang-orangnya yang ramah. Wonderful Belitung !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *