Pesona Wisata Lampung, Danau Ranau

danau-ranau-wisata lampung

Danau Ranau adalah salah satu danau terindah dan terbesar di Pulau Sumatera. Salah satu tempat wisata Lampung ini berjarak kurang lebih 342 km dari pusat kota Palembang, sekitar 130 km dari Baturaja, dan 50 km dari kota Muara Dua.

Jika Anda  berada di kota Bandar Lampung, bisa menempuh perjalanan melalui Bukit Kemuning dan Bukit Liwa, memang untuk menuju ke Danau Ranau sendiri dibutuhkan waktu tempuh yang lumayan lama.

Tapi jangan kuatir setelah sesampainya di sana, Anda akan dikejutkan dengan indahnya pesona Danau terbesar di Pulau Sumatera ini. [Baca juga : Kenapa Kamu Harus Liburan ke Lampung? Ini Alasannya! ]

danau-ranau-lampung-barat
danau ranau dari udara | credit image : kelilinglampung.wordpress.com

Danau Ranau sendiri tercatat memiliki luas sekitar 16 x 8 km atau dengan luas 125,9 km persegi, sedangkan untuk ketinggian permukaan Danau Ranau adalah 540 meter dengan kedalaman 174 meter dan volume sekitar 21,95 km persegi yang di kelilingi oleh pegunungan Seminung yang tepat berada di belakang danau.

Danau cantik ini terletak di kecamatan Banding Agung UKO selatan wilayah ini dulunya masuk ke dalam wilayah kabupaten Ogan Komoring Ulu.

danau-ranau-lampung-barat-image-by-travelerien
danau-ranau-lampung-barat-image-by-travelerien

Gunung Seminung memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 1.880 m dpl, dimana gunung ini juga di kelilingi oleh bebukitan dan lembah yang ada di kanan kiri gunung Seminung.

Untuk Danau Ranau sendiri sebenarnya berasal dari aktivitas vulkanik yang menyebabkan gunung berapi ini meluapkan laharnya yang menyebabkan gemba yang sangat besar dan membentuk cekungan atau lubang besar di sekitar gunung.

Dulunya sungai besar yang mengalir tepat berada di kaki gunung, menjadi salah satu sumber utama yang mengisi cekungan atau lubang besar tersebut.

wisata-lampung-danau-ranau-image-by-yopie-pangkey
wisata-lampung-danau-ranau-image-by-yopie-pangkey

Seiring dengan waktu yang terus berjalan maka cekungan tersebut dipenuhi dengan air dan sekelilingnya dipenuhi oleh tanaman yang tumbuh hijau menghiasi sekitarnya.

Dengan banyaknya tanaman dan semak yang berada di sekitar danau maka masyarakat setempat menamainya sebagai Ranau. Dan saat ini tempat tersebut berubah menjadi tempat wisata Lampung yang banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal.

dana-ranau-image-by-kelilinglampung
dana-ranau-image-by-kelilinglampung

Danau Ranau sendiri merupakan satu dari banyaknya danau di Indonesia yang memiliki suku terbaik, jika di malam hari Anda akan merasakan udara yang sangat sejuk sedangkan di siang harinya Anda akan merasakan suasana cerah dengan suhu berkisar antara 20 derajat celcius hingga 26 derajat celcius.

Di sisi lain gunung Seminung yang berasal dari letusan abu vulkanik terdapat sebuah sumber mata air panas yang keluar secara alami yang berasal dasar Danau Ranau.

Selain itu jika berkunjung ke tempat wisata Lampung barat yang satu ini Anda juga akan dimanjakan oleh air terjun yang berada tepat di samping danau yang dinamakan sebagai air terjun Subik Danau Ranau. [Baca juga : 10 Objek Wisata Lampung yang Wajib Anda Kunjungi ]

Tempat lainnya yang wajib dan sangat menarik untuk para wisatawan kunjungi adalah salah satu pulau yang bernama pulau Marisa yang berada tidak jauh dari lokasi sumber mata air panas Danau Ranau.

wisata lampung danau-ranauSeminung Lumbok Danau Ranau

Dengan menyimak dan mengetahui tentang sejarah Danau Ranau, alangkah baiknya jika mengetahui pesona wisata Danau Ranau sebagai mahakarya Tuhan yang paling menakjubkan ini.

Sebagai danau terbesar ke dua di Pulau Sumatera yang di kelilingi oleh hamparan perbukitan nan hijau, danau ini disebut sebagai surga yang tersembunyi  di tengah hamparan hutan Taman Nasional Bukit Barisan atau TNBBS.

Danau yang terletak tepat di desa Lumbok kecamatan Sukau kabupaten Lampung barat ini memang mamarik para wisatawan seluruh negeri untuk bisa melihat dan menikmati indahnya Danau Ranau lengkap dengan pesona keindahan alam di sekitarnya.

Suhu yang segar dan masih terjaga kemurniannya, membuat banyak wisatawan yang jatuh cinta dengan merasakan kehidupan tradisional yang masih sangat melekat pada masyarakat sekitar Danau Ranau, suatu hal yang jarang sekali dapat ditemui di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Dengan legendanya yang masih sangat melekat sejauh ini Danau Ranau tetap menjadi salah satu tempat wisata di Lampung yang benar-benar dapat memikat hati setiap penggunjung yang hendak menikmati pesona wisata Bnadar Lampung.

Jika Anda berkunjung ke Danau Ranau, sepanjang perjalanan menuju kawasan desa Lumbuk Anda akan dimanjakan oleh hambaran luas perkebunan holtikultura yang ada di kanan kiri perjalanan.

Sepanjang mata memandang Anda akan dapat menikmati aneka jenis tumbuhan alami yang ada seperti wortel, kol, tomat, cabai dan jenis tanaman sayur lainnya.

Tak heran jika tanaman holtikultura yang berasal dari Lampung menjadi salah satu tanaman terbaik yang disuplay oleh berbagai daerah di Indonesia bahkan di eksport sampai ke luar negeri.

Sebelum sesampainya di Danau Ranau Seminung Lumbok Resort, Anda juga akan dimanjakan oleh hamparan pemandangan hijau yang ada di Bukit Johor Sumatera. Dari ketinggian bukit Anda sudah dapat menikmati indahnya pesona Danau Ranau Bandar Lampung yang sebentar lagi akan tepat di depan mata.

danau-ranau-wisata lampung
danau ranau lampung | ft by : yopie pangkey

Bagi para wisatawan yang menyukai olahraga paralayang, dapat mencoba sensasi paralayang Bukit Johor sembari menikmati indahnya alam pegunungan yang ada di sekitarnya.

Namun, tenang saja bagi Anda wisatawan yang takut akan ketinggian maka di sana juga disediakan tempat duduk yang dapat Anda gunakan untuk menikmati indahnya Danau Ranau secara keseluruhan dari atas bukit Johor Lampung.

Selain dapat menikmati sensasi olahraga paralayang di Bukit Johor, pihak pengelola juga terus berusaha meningkatkan wisata Lampung dengan menyediakan aneka pilihan wisata lainnya misalnya seperti jogging track, outbond lengkap dengan fasilitasnya, bahkan juga membangun sebuah convention hall yang dapat digunakan untuk berbagai acara di sana.

Di tepi Danau Ranau resort sendiri saat ini telah dibangun sebuah shelter yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga, ada juga sebuah dermaga yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang hendak ingin berkeliling menggunakan perahu untuk berkeliling Danau Ranau ataupun menikmati sumber mata air panas alami Danau Ranau.

Itulah sedikit informasi yang dapat Anda ketahui seputar keindahan Danau Ranau lengkap dengan pesona wisata Gunung Seminung Lumbuk yang patut Anda kunjungi ketika melakukan liburan ke Bandar Lampung.

Selain pesona wisata Danau Ranau masih ada wisata-wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi misalnya seperti keindahan gunung Krakatau, Taman Nasional Way Kambas, Pantai Pasir Putih Lampung, dan juga tempat wisata lainnya yang tak kalah menariknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *