Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan Keluarga

liburan keluarga di belitung

Liburan menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh hampir setiap keluarga. Mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek, pasti menginginkan momen liburan dimana semua anggota keluarga bisa menikmatinya bersama. Berlibur bisa direncanakan ataupun secara mendadak.

Namun, berlibur secara dadakan kadang membuat anda harus bersiap dengan berbagai kemungkinan termasuk biaya tak terduga. Untuk itu, Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan Keluarga dirasa sangat perlu agar momen liburan bisa berlangsung dengan menyenangkan tanpa adanya isu-isu atau halangan yang berarti.

Mengapa kita perlu merencanakan keuangan? Inilah dia beberapa alasannya yang bisa anda pertimbangkan:

Perhitungan yang matang

Jika anda merencanakan keuangan sebelum berlibur, maka kita bisa memprediksikan secara terperinci berapa biaya yang kira-kira harus dikeluarkan selama berlibur. Dengan begitu, anda bisa mempersiapkan budgetnya dengan lebih presisi. Kalaupun melenceng, tidak akan beda jauh dengan apa yang sudah diperhitungkan.

Katakan tidak pada budget membengkak!

Inilah kelemahan berlibur dadakan. Kita tidak pernah tahu berapa biaya yang akan dikeluarkan. Dengan Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan Keluarga, anda bisa memprediksikan juga biaya cadangan kalau-kalau ada biaya tambahan yang dibutuhkan secara mendadak. Namun hal ini tidak akan membuat anda panik karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk itu, inilah beberapa langkah atau cara yang bisa anda aplikasikan dalam merencanakan keuangan untuk berlibur:

1. Tentukan destinasi liburan

Ya, yang pertama yang harus dilakukan tentu memilih destinasi liburan. Hal ini berkaitan dengan jarak tempuh, biaya, akomodasi dan rentetan poin lainnya. Jika tidak ingin menghabiskan banyak biaya, berlibur didalam kota sah-sah saja. Namun jika ingin momen yang lebih spesial, anda dan keluarga bisa berlibur keluar kota atau luar pulau. Misalnya bagi anda yang berdomisili di Jakarta bisa mencoba berlibur ke Yogyakarta atau Lombok. Pasti menyenangkan karena keluargapun akan senang.

2. Biaya Transportasi

Setelah menentukan tempat, saatnya anda menghitung biaya transportasi dengan mengkalkulasikan jarak tempuh serta jenis transportasi yang diambil. Jika berlibur masih kisaran diluar kota, sebaiknya memakai mobil pribadi. Namun, hal ini akan menbuat anda lelah menyetir berjam-jam sendirian.

Kecuali ada anggota keluarga yang juga bisa menyetir maka bisa menyetir bergantian. Jika yang hendak berlibur itu keluarga besar mulai dari nenek sampai ke tante serta keponakan, tidak ada salahnya menyewa mini bus. Dengan begitu, biaya bisa lebih ditekan, dan urusan menyetir bisa diserahkan ke supir sewaan.

3. Akomodasi

Pembiayaan liburan tidak bisa terlepas dari akomodasi. Terlebih jika liburan diluar kota. Tidak mungkin anda pulang pergi dihari yang sama. Maka penginapan menjadi solusi yang paling tepat.

Untuk keluarga, daripada memesan hotel berbintang yang biayanya pasti tidak sedikit, lebih baik anda menyewa villa atau guest house yang bisa dinikmati seluruh keluarga anda. Dengan begitu, anda bisa beristirahat dengan lebih leluasa. Andapun bisa memasak sendiri didalamnya. Sewa villa atau guest house bisa menekan biaya akomodasi dan hal ini lebih efisien secara penggunaannya.

4. Biaya makan

Makan itu suatu kebutuhan baik disaat liburan ataupun bukan. Namun memikirkan besarnya biaya makan ditempat wisata biasanya bisa membuat orang pusing. Pasalnya, harga menu atau masakan ditempat liburan itu biasanya mahal.

Namun, anda bisa menyiasatinya dengan membeli bahan mentah untuk dimasak bersama keluarga di guest house yang anda sewa. Hal ini lebih menyenangkan dan bisa meningkatkan kebersamaan.

Untuk sarapan dan makan siang, anda dan keluarga bisa memasak sendiri hidangannya. Untuk makan malam, anda bisa berwisata kuliner masakan setempat agar sensai liburan tetap terasa dan biaya pun tidak membengkak. Anda bisa merencanakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli bahan masakan dan berwisata kuliner sesekali.

5. Rajin mencari informasi

Dalam Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan Keluarga, anda membutuhkan banyak informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan rencana liburan. Misalnya untuk transportasi, jika anda hendak menyewa bus untuk liburan keluarga maka anda bisa mencari agen travel yang terpercaya namun tidak terlalu mahal.

Kemudian untuk akomodasi, anda juga bisa mencari informasinya di internet. Saat ini, mencari tahu biaya sewa hotel ataupun guest house ditempat liburan tidaklah sulit. Kemudian untuk konsumsi, anda bis amencari tahu makanan khas apa yang ada di tempat tujuan anda berlibur.

Dengan begitu, anda pun bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan nantinya. Banyak iklan-iklan yang menawarkan promo tiket, sewa hotel, dan lain sebagainya. Namun, pilihlah secara selektif dan tidak sembarangan untuk menghindari modus penipuan.

Sebenarnya, Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan Keluarga bukanlah satu-satunya prioritas utama dalam merencanakan liburan keluarga. Ada faktor-faktor lain yang bisa mendukung lancarnya rencana liburan. Seperti dibawah ini:

Kesehatan

Biasanya, ketika merencanakan akan berlibur anggota keluarga merasa terlalu senang sehingga adrenaline terus berada dipuncak. Ujung-ujungnya malah tidak bisa tidur dan sebagainya. Lalu mendekati hari H jatuh sakit dan inilah yang menjadi masalah. [Lihat Disini Paket Liburan Keluarga di Belitung]

Mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum berlibur itu sangat penting karena berwisata itu akan menempuh perjalanan. Selain itu, banyak kegiatan yang akan dilakukan ketika berlibur yang memerlukan energi sehingga stamina harus selalu prima.

Obat-obatan

Baik berlibur didalam negeri ataupun luar negeri, jauh maupun dekat, obat-obatan harus disediakan karena selama perjalanan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Obat-obatan dan P3K sebaiknya selalu ada didalam mobil atau tas, terutama bagi yang menderita sakit tertentu, membawa obat adalah suatu keharusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *