Jenis Tas Traveling Sesuai Dengan Tujuan Perjalanan

Bagasi dan tas perjalanan merupakan item paling pentin dalam sebuah perjalanan baik untuk liburan atau urusan pekerjaan. Jika tidak menyiapkan tas untuk perjalanan tentu Anda akan kesulitan untuk menyimpan barang bawaan. Saat ini banyak dijual tas-tas yang digunakan untuk traveling dengan berbagai macam jenis, bentuk, ukuran, dan harga.

traveling_stylish via detik travel
traveling_stylish via detik travel

Semakin tinggi kualitas tas tarveling tentu harganya lebih mahal. Tergantung dari tujuan traveling Anda maka tas yang dibawa pun berbeda. Misalnya perjalanan jauh biasanya menggunakan koper, sedangkan tas travel model backpack lebih sering digunakan bagi para petualang, ada juga travel bag yang ukurannya kecil untuk tas menyimpan dompet, ponsel, kunci, dan lain sebagainya.

Berikut akan diuraikan beberapa jenis tas ransel travel.

Travel wallet Via Panduanwisata.id
Travel wallet Via Panduanwisata.id

Carrier

Carrier merupakan travel bag jenis backpack yang banyak digunakan oleh para backpack traveler alias wisatawan dengan budget minimal, atau untuk para petualang. Tas ini cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan praktis karena dibawa dengan cara digendong sehingga tangan tidak terlalu lelah.

Memilih carrier sesuaikanlah dengan lama waktu perjalanan, dan bentuk postur tubuh Anda. Pastikan carrier memiliki tali pengaman dan nyaman digunakan untuk membawa barang yang berat. Pilihlah carrier dengan warna yang cerah dan memiliki kantong-kantong kecil yang mudah dijangkau untuk keadaan darurat.

Travelling-Bag-Design
Travelling-Bag-Design

Daypack

Jenis tas ransel travel ini bisa dibilang tas sekolah karena banyak digunakan anak sekolah untuk membawa perlengkapannya. Tas ini cocok digunakan untuk perjalanan pendek karena kapasitasnya yang hanya mencakup 18-24 liter dan muat untuk membawa satu dua potong pakaian, peralatan mandi, dompet, dan perlengkapan lainnya.

Ketika Anda melakukan perjalanan dengan menggunakan daypack, hati-hatilah terutama jika naik kendaraan umum. Sebaiknya letakkan tas di tubuh bagian depan agar Anda bisa mengawasinya dengan ketat.

Tas Backpack. Via duaransel
Tas Backpack. Via duaransel

Koper

Tas traveling model koper sangat cocok jika Anda melakukan perjalanan ke daerah yang sudah memiliki jalan yang mulus. Dengan koper Anda tidak perlu menjinjing atau menggendongnya, cukup dengan menariknya saja karena sudah dilengkapi dengan roda.

Koper juga bisa menyimpan barang bawaan lebih rapi dan lebih aman karena dilengkapi dengan kunci khusus. Namun jika Anda melakukan perjalanan ke daerah terpencil, sebaiknya hindari membawa koper karena justru bisa menyusahkan.

Itulah beberapa jenis tas yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perjalanan. Dalam memilih tas, pastikan bahan dan jahitan kuat untuk membawa barang bawaan Anda. Perhatikan kapasitas daya tampung Anda. Membawa barang melebihi kapasitas tas akan membuat tas cepat rusak dan tidak berfungsi dengan baik, biasanya terdapat masalah pada resletingnya.

Koper kain via www.coroflot.com
Tas Koper via coroflot.com

Jika Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, agar tidak terjadi halangan perhatikan batas kapasitas barang atau bagasi yang diperbolehkan pada masing-masing kebijakan maskapai. Jika Anda membawa banyak barang pertimbangkan untuk menyewa ruang bagasi di dalam pesawat.

Namun tentu biaya sewa bagasi tidak murah dan bisa melebihi budget traveling Anda. Oleh karena itu hindari membawa barang yang tidak perlu saat traveling agar perjalanan tidak over budget dan travel bag aman berada di dekat Anda.