Danau Biru Bangka Yang Mempesona

Danau biru bangka

Danau Biru yang terletak dikawasan desa Air Bara, Bangka. telah menjadi destinasi wajib yang mesti anda kunjungi saat berkunjung ke pulau Timah, Bangka. Hampir setiap minggu ada saja klien dari perusahaan rental mobil Bangka yang kami kelola yang datang untuk menikmati pesona danau kaolin yang mempesona itu.

Tapi pengunjung tempat wisata baru ini bukan hanya wisatawan dari luar kota. Masyarakat lokal dari berbagai penjuru pulau Bangka juga berbondong-bondong mendatangi tempat ini. Jadi bukan saja wisatawan dari luar kota, warga lokal sekalipun sangat kagum dengan pesona danau biru yang satu ini.

Padahal danau yang dalam keseharian masyarakat bangka juga disebut “Kolong” bukan hal aneh, namun kolong yang satu ini memang berbeda. Ada hal yang spesial dengan danau biru Bangka yang satu ini.

Itupula alasan kenapa saya sendiri juga kepincut untuk mengunjungi tempat hingga berkali-kali. Saya juga selalu memantau perkembangan tempat ini dengan selalu bertanya pada team yang bekerja dilapangan.

Syukurlah setelah cukup lama dibiarkan apa ada-nya, perlahan sudah ada sentuhan pemerintah daerah dikawasan ini. Saya melihat sendiri perkembangan itu.

Akhir pekan lalu, setelah sibuk melayani berbagai urusan lebaran dan klien yang ramai saat musim liburan kemarin, istri bernisiatif mengajak ke danau biru bersama teman-temannya. Saya pun bersedia menemani dengan senang hati.


Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota pangkalpinang untuk sampai di danau biru Bangka. Sepanjang perjalanan kami bisa melihat laut biru di tepi jalan raya, perkampungan penduduk, dan melewati sebuah kota kecil, Koba.

Sebelum koba juga da sebuah pantai yang cukup menarik untuk disinggahi, pantai arung dalam (ardal) namanya. Tapi siang itu kami tidak singgah karena sudah sering ketempat tersebut.

Warung didanau biru bangkaSaat ini perjalanan menuju danau biru sudah cukup mudah. Jalanan sudah di perbaiki meski masih sekedar tanah biasa belum di aspal. Bagi yang berkendara dengan sepeda motor sebaiknya anda menggunakan helm dan masker karena jalanan sangat berdebu.

Bila musim hujan tiba jalan menuju danau biru Bangka ini sangat becek. Namun sudah tidak ada lagi lubang-lubang yang dulu menganga di hampir sepanjang jalanan.

Tiba di lokasi teman-teman istri nampak sangat takjub melihat biru-nya danau kaolin Air Bara. Mereka langsung mencari spot untuk berfoto ria. Saya beberapa kali terpaksa harus memegang kamera dan menjadi juru foto istri bersama teman-temannya.

Ada beberapa warung sederhana yang menjual aneka makanan ringan di sekitar danau biru ini. Pengunjung bisa duduk santai di warung, memesan es kelapa muda, indomie, mpek-mpek, kacang, kopi dan lain-lain sesuai selera. Tempat parkir juga sangat luas.

Sayangnya meski hampir setahun objek wisata ini ramai dikunjungi belum juga ada toilet umum. Tidak ada musholla untuk sholat bagi pengunjung muslim.

Aktivitas paling menarik ditempat ini agaknya hanya foto-foto, jalan santai sekeliling danau mencari spot foto terbaik, dan menikmati aneka jajanan ringan sembari menikmati birunya danau dan pasir putih yang menghampar di sekeliling danai biru.

Karena danau ini merupakan kawasan eks tambang, yang notabene mengandung logam berat jadi anda tidak disarankan untuk mandi dan meminum air ditempat ini. Selain itu anda juga harus berhati-hati saat berjalanan atau menyusuri sekeliling danau karena pasir dan struktur tanah dikawasan ini sangat rawan longsor.

Untungnya sekarang sudah dibangun pagar-pagar pembatas dibeberapa titik untuk keselamatan para pengunjung. Sangat tidak disarankan berfoto diluar batas pagar karena anda bisa saja terjatuh kedalam danau. Apalagi bila anda tidak bisa berenang.

Air didanau ini memang sangat menkjubkan. Birunya air ditengah danau, gunungan pasir-pasir putih disekelilingnya sekilas nampak bagaikan salju membuat banyak orang yang liburan ke Bangka merasa wajib berkunjung ketempat ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi danau biru Bangka adalah disiang hari. Meski cuaca sangat terik namun itulah saat dimana air danau akan memancarkan warna tercantik.

Anda tertarik untuk mengunjungi danau biru Bangka?. Gunakan saja layanan paket tour Bangka, atau bisa juga menggunakan jasa sewa mobil Bangka dari travel agen / biro perjalanan di Bangka.

N/B : selain di Bangka, danau kaolin juga yang mengagumkan juga ada di pulau Belitung. Sama seperti danau biru di Bangka, anda bisa mengunjungi danau kaolin Belitung dengan jasa rental mobil di Belitung atau cari saja paket tour Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *