10 Objek Wisata Lampung yang Wajib Anda Kunjungi

tour anak gunung krakatau

Sebelum mendapatkan kejutan istimewa dari Lampung, tidak banyak yang saya ketahui tentang Daerah ini. Apalagi potensi dan daya tarik wisatanya.

Yang saya tahu, Lampung merupakan provinsi yang berada di bagian ujung selatan pulau Sumatera. Daerah ini telah resmi menjadi salah satu dari provinsi di Indonesia sekitar tahun 1964-an.

Lampung sebagai salah satu provinsi yang menawarkan beragam tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan wisata-wisata Indonesia lainnya relative baru saya ketahui setelah ngtrip bareng 9 Travel Blogger Indonesia saat festival Krakatau 2016 Agustus lalu.

Travel blogger
Rombongan Travel Blogger. Lampung Krakatau Festival 2016

Dari mereka lah dan tuan rumah (Om Yopie Franz, khususnya) kemudian saya kenal sedikit kalau Lampung ternyata memiliki begitu banyak tempat wisata menarik. Beberapa bahkan sudah cukup akrab dikalangan wisatawan mancanegera. [Baca : Kejutan Istimewa Dari Lampung]

Nah, kali ini saya akan menyuguhkan sejumlah objek wisata Lampung yang menarik dikunjungi. Barangkali bisa jadi inspirasi liburan anda bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Objek wisata yang ada dibawah ini hanya sebagian kecil saja. Kebetulan tempat-tempat ini sangat popular dan sayang untuk dilewatkan bila Anda berencana untuk berkunjung ke Lampung.

Berikut 10 tempat wisata paling menarik yang wajib di Kunjungi untuk mengisi liburan di Lampung :

#Gunung Anak Krakatau
anak-krakatau-lampung-selatanPastinya semua orang sudah tahu dan pernah mendengar nama gunung ini. Gunung anak krakatau terletak di selat Sunda, dimana pengunungan ini terkenal sebagai wisata bahari Lampung yang wajib Anda kunjungi.

Untuk dapat masuk ke area wisata Lampung gunung krakatau Anda harus memiliki izin terlebih dahulu dari balai konservasi yang ada di lampung. Ijinnya tidak mudah. Jadi akan lebih mudah bila anda pergi menggunakan layanan atau jasa dari travel agent lokal setempat.

krakatau
krakatau

Saya sungguh beruntung, pada Agustus kemaren bersama sejumlah travel blogger Indonesia diberikan kesempatan untuk mendaki gunung ini. Pendakian menuju keatas anak Krakatau benar-benar menakjubkan.

Bagi saya, mendaki gunung anak Krakatau dengan sgala pesona alam yang disajikan disekitarnya, menjadi pengalaman mengesan yang tak ternilai harganya. Sungguh, anda wajib mendaki anak Krakatau kalau berkunjung ke Lampung.

Foto by : backpackerlampung.com
Menara Siger , Lampung| Foto by : backpackerlampung.com

#Menara Siger
Menara siger merupakan salah satu wisata Lampung berbentuk bangunan berwarna kuning yang menjadi ikon kota Lampung yang dibangun tepat berada di atas sebuah bukit. Selain berdiri sebagi bangunan menara nan cantik, menara siger juga memiliki gaya arsitektur yang mencerminkan keadaan kota Lampung dulu dan sekarang.

Nah, untuk Anda yang sedang berkunjung ke kota Lampung, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung di bangunan tradisional masyarakat lampung ini walaupun hanya untuk berfoto-foto ria saja.

Untuk masuk ke kawasan menara siger lampung, Anda akan dikenal biaya masuk dan biaya parkir yang sangat murah. Cukup dengan modal kecil Anda sudah dapat menikmati suasana wisata Lampung yang satu ini.

gajah-taman-nasional-way-kambas | Ft by :yopie-pangkey
gajah-taman-nasional-way-kambas | Ft by :yopie-pangkey

#Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas Lampung adalah salah satu wisata di Bandar Lampung yang patut Anda kunjungi selanjutnya. Taman nasional way kambas ini adalah salah satu taman nasional paling tua di Indonesia.

gajah taman nasional way kambas, Lampung | ft by : yopie-pangkey
gajah taman nasional way kambas, Lampung | ft by : yopie-pangkey

Taman nasional way kambas bandar lampung sendiri dibangun untuk melindungi hewan-hewan yang seperti gajah sumatera, harimau sumatera dan juga badak sumatera yang hampir punah keberadaannya.

gajah taman nasional way kambas, Lampung Timur | ft by : yopie-pangkey
gajah taman nasional way kambas, Lampung Timur | ft by : yopie-pangkey

Namun jika Anda berkunjung ke taman nasional lampung ini pasti Anda akan melihat pertunjukan gajah misalnya saja pertunjukan sepak bola gajah, gajah yang dapat dinaiki oleh para wisatawan dan juga masih banyak lagi.

Lokasi Taman nasional Way kambas ini tidak jauh dari pusat kota Bandar lampung. Untuk menuju wisata Lampung taman nasional way kambas Anda cukup membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja dari kota bandar lampung. [Baca juga : Wisata Lampung, Yuk Kunjungi Taman Nasional Way Kambas]

taman nasional bukit barisan selatan, Lampung | ft by : liburanalalio.com
taman nasional bukit barisan selatan, Lampung | ft by : liburanalalio.com

#Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan salah satu taman nasional wisata Lampung yang di khususkan untuk melindungi hutan tropis yang ada di pulau Sumatera. Lokasinya sendiri terletak di ujung barat daya pulau Sumatera wilayah Tanggamus dan lampung barat kota Metro.

air terjun putri malu, lampung
air terjun putri malu, lampung | ft by : explore-lampung.com

#Air Terjun Putri Malu
Wisata Lampung air terjun putri malu, jika mendengar kata ini mungkin masih terdengar sedikit asing bagi para wisatawan luar pulau. Namun, tahukan Anda jika wisata air terjun di lampung ini adalah salah satu wisata Lampung favorite bagi mereka yang ingin melepaskan penat dari rutinitas kesehariannya.

Nama putri malu sendiri diberikan dengan bentuk air terjun yang sedikit agak membengkok sehingga terkesan seperti putri yang sedang malu-malu, wisata Lampung ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter yang terletak di wilayah way kanan Lampung.

pulau-kubur-lampung
pulau kubur lampung | ft by : tempatpariwisata-lampung.blogspot.com

#Pulau Kubur
Wisata Lampung pulau kubur terletak di teluk lampung dimana untuk menuju lokasi tempat ini Anda harus menggunakan perahu yang memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Konon menurut cerita penduduk setempat mengapa pulau ini di namakan sebagai pulau kubur karena dulunya tempat ini dijadikan sebagai penaburan abu jenazah oleh masyarakat sekitar.

Namun, jika Anda berkunjung ke sana jangan langsung takut oleh cerita tersebut karena selain dikenal sebagai wisata Lampung dengan pulau yang memiliki pesona terbaik, pulau kubur lampung juga dikenal sebagai surganya untuk mereka yang suka dengan aktivitas memancing karena ikan-ikan yang ada di pulau ini sangat melimpah dengan terumbu karangnya yang banyak.

teluk kiluan lampung
teluk kiluan lampung | ft by : kelilinglampung.wordpress.com

#Teluk Kiluan
Teluk kiluan merupakan salah satu tempat wisata Lampung yang benar-benar sayang untuk tidak dikunjungi. Jika di pulau Bali ada pantai lovina maka pulau Sumatera memiliki teluk kiluan yang tidak kalah menarik dengan pantai lovina yang ada di Bali.

Di teluk kiluan wisata Lampung Anda bisa menikmati pengalaman yang cukup mengasyikan dengan melihat lumba-lumba liar yang berada di tengah laut. Biasanya para wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda dengan ketika melihat langsung pertunjukan lumba-lumba yang telah dijinakan.

Untuk bisa melihat tarian lumba-lumba yang sangat cantik, Anda bisa mengunjungi wisata Lampung teluk kiluan pada bulan april sampai dengan bulan september.

taman-purbakala-pugung-raharjo
taman purbakala pugung raharjo | kredit image by : aliansiindonesia.com

#Taman Purbakala Pugung Raharjo
Taman ini terletak di desa Pugung Raharjo 52 km dari pusat kota Bandar lampung. Wisata Lampung Pugung Raharjo merupakan tempat peninggalan bersejarah pada zaman dahulu.

Jika berkunjung ke wisata Lampung taman purbakala pugung raharjo Anda bisa menikmati peninggalan seperti meja batu, kuburan batu, mayat batu, altar batu dan lainnya.

Taman Wisata Lembah Hijau
Taman Wisata Lembah Hijau | ft by : pariwisatalampung.com

#Taman Wisata Lembah Hijau
Taman ini mulai dibuka pada tahun 2006, meskipun tergolong masih baru namun wisata Lampung yang satu ini dapat menjadi pilihan liburan terbaik untuk Anda dan keluarga.

Selain sebagai taman dengan konsep cagar alam, taman wisata lembah hijau juga menawarkan keanekaragaman adat dan budaya khas Bandar Lampung.

Untuk dapat menikmati wisata Lampung lembah hijau Anda cukup merogoh kocek Rp 10.000 saja. Cukup murah bukan?!

danau ranau lampung
danau ranau lampung | ft by : yopie pangkey

#Danau Ranau
Wisata Lampung danau ranau adalah salah satu danau terbesar yang ada di pulau Sumatera. Berlokasi di kecamatan Banding Agung kabupaten Uko Selatan. Jika dari Bandar Lampung sendiri dapat ditempuh melewati Liwa dan Bukit Kemuning.
Mengutip dari situs dinas pariwisata Lampung; Secara geografis, topografi danau ranau adalah perbukitan berlembah, sehingga menjadikan danau Ranau memiliki cuaca sejuk. Terdapat beberapa jenis ikan hidup di danau, antara lain mujair, kepor, kepiat, dan harongan.

Pemandangan seputar Danau Ranau sungguh menakjubkan. Apalagi di tengah danau terdapat pulau bernama Pulau Marisa. Di sana juga terdapat sumber air panas. Sebagai tujuan wisata, wilayah ini kaya potensi karena masih ada objek pendukung seperti air terjun hingga resort.

Asal-Usul menurut cerita, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan itu.

Lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air.Sekeliling danau ditumbuhi berbagai tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakan Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas dari dasar danau.

Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa.Pulau Marisa sebenarnya daratan yang terpisah dari kaki Gunung Seminung karena genangan air danau.

Di daratan yang luasnya tidak lebih dari satu hektar itu terdapat pohon-pohon kelapa, dan pengunjung bisa sekadar mampir untuk menikmati keindahan secuil daratan itu.

Nah, itulah 10 objek wisata Lampung terbaik yang wajib anda kunjungi sebagai tempat liburan terbaik bagi Anda bersama sahabat, keluarga atau orang-orang terkasih. [Baca juga : Pesona Wisata Lampung, Danau Ranau]

N/B : saya sendiri baru 1 kali berkunjung ke Lampung dan langsung kecanduan. Selain Gunung Anak Krakatau, hampir semua tempat wisata lampung yang tersaji di atas belum sempat saya nikmati. Bagi yang sudah pernah, silahkan bagikan pengalamannya dikolom komentar di bawah ini.

6 thoughts on “10 Objek Wisata Lampung yang Wajib Anda Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *