Jangan Lakukan Hal Berikut Saat Liburan Ke Luar Negeri

Liburan tentu menjadi momen yang sangat dinantikan bagi siapapun itu, apalagi kalau bisa liburan dengan promo tiket pesawat terbaru dengan destinasi menarik, Tentu sangat menyenangkan bukan?

Namun sebelumnya, kamu patut tahu hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan di luar negeri berikut ini :

  • Buang sampah sembarangan

Kebanyakan negara maju dan berkembang lainnya memiliki peraturan yang ketat soal sampah, Singapura contohnya, salah satu destinasi wisata yang cukup digemari di Asia. Jangan berani-berani untuk buang sampah sembarangan di Negara ini, kamu bisa dikenakan denda yang tidak sedikit. Jadi ingat selalu saat tiba di negeri orang, jangan bawa kebiasaan buruk kamu kesana. Karena akan membuat kamu sendiri yang kesusahan nantinya.

  • Merokok di Tempat Umum

Hal terlarang lain yang tidak boleh kamu lakukan di luar negeri ialah merokok sembarangan, kalau memang kamu seorang perokok aktif sebaiknya kau mencari area khusus untuk perokok. Jangan coba-coba untuk merokok di secara terbuka di tempat umum.

  • Merusak Obyek Wisata

Hal yang sering kali diabaikan oleh wisatawan ialah tidak memelihara obyek wisata itu sendiri. Jelas-jelas sudah ada larangan tertulis seperti “tidak boleh merusak taman” atau “tidak boleh menginjak bagian tertentu” namun dengan santainya aturan itu diabaikan, sangat tidak patut bukan? 

  • Makan di Transportasi Umum

Singapura salah satu negara yang memiliki larangan untuk makan dan minum di dalam transportasi umum. Untuk makanan ringan saja tidak diperbolehkan, jadi jangan coba-coba ya. Singapura negara yang terkenal sangat ketat akan peraturannya, jadi setiap pelanggaran akan ditindak secara tegas. Jadi Kalau dapat promo tiket pesawat terbaru dengan tujuan destinasi Singapura, jangan lupakan aturan yang satu ini ya. 

  • Menggunakan Tangan Kiri

Bila kamu mengambil liburan ke India atau Afganistan, maka hindarilah penggunaan tangan kiri. Karena tangan kiri di negara ini dianggap sebagai tangan kotor. Bahkan bagi kamu yang kidal pun, mereka tidak akan mentolelir. Biasakan menggunakan tangan kanan setiba di India atau Afganistan ya.

  • Memegang Kepala

Larangan ini ditemukan di Malaysia. Salah satu desinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Setiba di Malaysia jangan pernah menyetuh atau memegang kepala orang dewasa disana, karena itu bentuk tindakan yang tidak mereka sukai, mereka menganggap kepala sebagai bagian yang suci dan dihormati sehingga tidak boleh sembarangan di sentuh. Jadi kalau hendak liburan ke Malaysia, jangan lupa aturan yang satu ini ya. Dan jangan lupa beli tiket lion air di Reservasi.com untuk liburan kamu. 

  • Memberi Tip

Tidak semua orang ternyata senang diberikan tip, buktinya masyarakat Jepang menganggap tu sebagai penghinaan. Jadi kalau kamu berlibur ke Jepang, kamu tidak perlu memberikan tip untuk para pelayan hotel, atau restoran karena hal tersebut justru membuat mereka tidak merasa senang menerimanya.

  • Menerobos Antrian

Kebanyakan masyarakat di luar negeri begitu patuh pada peraturan, contohnya dalah hal antrian. Jika sebelumnya kamu biasa menerobos antrian, maka jangan lakukan hal tersebut karena kamu akan diomeli oleh orang banyak. Salah satu negara yang masyarakatnya patuh terhadap antrian ialah Inggris.

  • Bermesraan di Tempat Umum

Bukan dengan berkunjung ke negara luar menurut kamu bebas untuk bermesraan, tidak. Mereka juga memiliki aturan soal hal tersebut. Meskipun kamu bermesraan dengan pasangan kamu, hal tersebut tetap dianggap tidak pantas dilakukan di tempat umum. Bahkan beberapa negara akan menyeret pelakunya ke rumah tahanan lo, niat ingin liburan maka harus berakhir dipenjara.

  • Menghina Tokoh yang Mereka Banggakan

Setiap daerah atau negara tentu memiliki seoarang tokoh yang begitu mereka hormati dan sayangi. Seperti hal di Selandia Baru, dimana mereka sangat mengagungkan Ratu Elizabeth maka jangan sesekali menceomoh atau menertawakan sang ratu di depan masyarakat lokal ya.

 

  • Meludah Sembarangan di Jalan

Meludah sembarangan di jalan merupakan sebuah perilaku yang tidak beretika. Negara yang mengedepankan kebersihan tentu tidak akan menyenangi hal ini, dan akan ada tindak tegas bagi pelakunya. Meludah dijalan bukan merupakan kebiasaan baik, jangan dilakukan bahkan di negeri sendiri ya.

  • Berpakaian Tidak Sopan

Berpakaian secara baik dan sopan merupakan sebuah aturan yang berlaku dimana saja, negeri sendiri dan juga negeri luar. Berlaku dan berpakaian secara sopan, kemana pun kamu berkunjung.

  • Menyetir dalam Keadaan Mabuk

Seorang dalam kondisi mabuk tidak boleh menyetir itu adalah peraturan yang berlaku dimana saja, namun di beberapa negara sangat memperhatikan hal ini. Setiap pengendara yang menyetir dalam kondisi mabuk akan dikenai sanksi yang tegas. Untuk itu bila dalam kondisi mabuk, sebaiknya kamu menggunakan jasa supir pengganti atau pulang menggunakan taksi.

Itulah dia sejumlah larangan yang tidak boleh kamu lakukan saat berlibur di luar negeri, namun sebaiknya aturan tersebut juga kamu aplikasikan saat berlibur di dalam negeri.

Jaga dan patuhi peraturan sendiri, akan memudahkan kamu dalam mematuhi peraturan yang dibuat oleh orang lain.

Siap untuk liburan? Jangan lupa untuk selalu mengecek promo tiket pesawat terbaru, siapa tau kamu beruntung bisa beli tiket lion air di Reservasi.com dengan harga miring.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More…

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *