Traveling Bersama Anak, Perhatikan 5 Hal Ini

Kapan lagi bisa menikmati hidup setelah berkutat dengan segala kesibukan dan pekerjaan kalau bukan saat traveling. Bagi yang masih single mau traveling kapan pun dan kemanapun tidak masalah.

Namun tips traveling dengan anak sangat diperlukan bagi mereka yang ingin liburan dengan keluarga. Tidak tega bukan meninggalkan si kecil sendiri sementara kita bersenang-senang.

Saat traveling bersama anak-anak memang tidak seperti berlibur dengan orang dewasa. Ada hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan supaya liburan bisa berjalan dengan nyaman, aman dan lancar sampai kembali tiba di rumah.

Sebab wajar jika anak kecil itu rewel, bosan, tidur sewaktu-waktu, menangis dll.

Tujuan dari berwisata adalah mendapatkan kesenangan dan waktu berkualitas bersama keluarga. Namun bukan berarti mengajak anak kecil itu merepotkan, yang terpenting adalah cara kita mempersiapkan dan menyiasati segala sesuatu.

img_3911Untuk itu bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan si buah hati, sebaiknya memperhatikan 5 tips traveling dengan anak berikut ini :

  1. Tentukan destinasi wisata yang tepat

Saat berlibur dengan si kecil maka tips traveling dengan anak yang pertama kali anda lakukan adalah menentukan waktu serta destinasi wisata yang tepat.

Ada banyak tujuan wisata yang memang menyediakan berbagai wahana untuk bersenang-senang dengan keluarga, baik anak kecil maupun dewasa.

Anda bisa memilih lokasi bermain yang menyediakan kolam bermain anak dengan aneka permainan yang sederhana dan aman untuk si kecil. Sebaiknya anda tidak memilih tempat yang membahayakan di kecil, seperti: mendaki gunung.

Bila anda sampai salah memilih destinasi, maka anda sendiri yang akan pusing. Anda dan si kecil justru tidak dapat menikmati liburan secara maksimal.

Tidak perlu ke tempat yang berbahaya dan ekstrem, pergi bersantai serta makan nyaman di pantai akan lebih menyenangkan daripada dihantui kekhawatiran akan keselamatan si kecil saat berwisata di tempat yang tidak aman.

  1. Boking hotel

Ketika booking hotel untuk seorang diri memang tidak akan rumit, tetapi jika traveling bersama anak maka ada hal yang perlu dipertimbangkan.

Meski begitu bukan berarti traveling bersama anak tidak menyenangkan, justru sangat mengasyikkan karena ada momen kebersamaan yang mungkin tidak akan anda peroleh selama sibuk bekerja.

Untuk itu sebelum boking hotel, anda wajib mempertimbangkan hal-hal berikut supaya liburan bersama si kecil menjadi lebih menyenangkan:

A. Pastikan umur anak sesuai dengan peraturan di hotel

Sebaiknya anda mengecek tentang kebijakan hotel terkait peraturan tentang tamu anak. Sebab masing-masing hotel mempunyai kebijakan tersendiri untuk tamu anak kecil.

Sebagian hotel mempunyai peraturan bahwa anak kecil dengan umur tertentu diperkenankan menginap secara gratis selama memakai tempat tidur yang sudah disediakan di kamar yang dipesan orangtuanya.

Bila anda beruntung, pihak hotel terkadang menyediakan tempat tidur bayi secara cuma-cuma. Biasanya anak kecil yang diberikan izin menginap di hotel secara gratis ialah yang umurnya kurang dari 5 tahun.

Namun ada sejumlah hotel yang tidak menerima tamu anak kecil kurang dari 12 tahun misalnya sejumlah hotel di Pulau Dewata.

B. Pilih hotel yang menyediakan kolam renang anak

Kolam renang merupakan wahana permainan yang membuat si kecil merasa senang, tetapi sayangnya tidak semua hotel memilikinya. Saat traveling bersama anak memang anda bisa membawa si kecil berenang di kolam renang dewasa, tetapi pastikan bahwa kolam tersebut aman untuk si kecil.

C. Pilih kamar adjoining atau connecting?

Kamar adjoining dan connecting mempunyai kelebihan tersendiri. Connecting adalah 2 kamar bersebelahan yang mempunyai akses keluar masuk tanpa harus keluar menuju koridor hotel.

Kamar connecting sangat pas untuk anda yang menginap dengan si buah hati yang masih memerlukan pengawasan banyak dari orangtua.

Sementara kamar adjoining ialah dua kamar yang bersebelahan namun di dalamnya tanpa pintu penghubung. Kamar ini pas untuk keluarga yang bermalam dengan anak remaja.

D. Minta pihak hotel kosongkan minibar

Minibar dapat dijadikan tempat menyimpan makanan bayi, persediaan ASI dan berbagai keperluan di kecil jika anda malas membawa kotak pendingin untuk ASI.

Anda bisa meminta pihak hotel untuk mengosongkannya, bila minibar tidak dikosongkan, biasanya pihak hotel menyediakan kulkas tambahan.

E. Pilih kamar dengan bathub

Kamar mandi yang dilengkapi bathup sangat cocok dipilih saat traveling bersama anak. Anda tidak akan kebasahan dan terpaksa mandi sekalian saat memandikan si kecil seperti saat memandikannya dibawah shower.

Bathup membantu anda memandikan si kecil dengan mudah dan membuatnya merasa senang bisa berendam di air.

  1. Packing yang lebih bijak

Dahulu saat masih single dan kerap berlibur sendirian, mungkin anda tidak usah repot dengan masalah persiapan. Anda hanya tinggal membawa barang keperluan sendiri secukupnya sudah siap berangkat menyambut liburan menyenangkan.

Namun saat sudah hadir kecil, mau tidak mau anda harus traveling bersama anak.

Sebagai orangtua pastinya tidak mau mengambil risiko untuk kebutuhan anak, namun bukan berarti anda harus menenteng seluruh perlengkapan si kecil.

Sebaiknya pilih dan pilah barang yang diperlukan serta jangan membawa barang yang terlampau banyak supaya anda tidak kebingungan.

Anda bisa melakukan tips traveling dengan anak dengan mencari info tentang toko perlengkapan anak dan bayi yang terdekat dengan destinasi wisata anda. Sehingga anda bisa segera membelinya saat anda membutuhkan alat atau kehabisan sesuatu.

  1. Pilih akomodasi yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga

Ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika traveling bersama anak selain memperhatikan barang yang dibawa dan pemilihan destinasi wisata yang tepat yakni akomodasi yang nyaman.

Akomodasi sangat penting, mengingat anda tidak hanya memikirkan tentang kenyamanan anda, namun juga semua anggota keluarga yang liburan.

Anda bisa memilih transportasi yang nyaman, hotel yang memadai, dll.

  1. Berbaurlah dalam kebersamaan dengan si kecil, jangan justru sibuk sendiri

Kebanyakan orang mungkin memilih untuk mengajak pengasuh untuk liburan bersama supaya si kecil tidak terlalu merepotkan.

Tentunya hal ini bertujuan supaya saat traveling bersama anak sang pengasuh bisa melaksanakan tugasnya dan anda bisa menikmati liburan yang nyaman.

Tetapi hal ini bukan berarti anda memasrahkan si kecil kepada pengasuh begitu saja dan bisa asyik sendiri dengan kesibukannya.

Anda harus ingat bahwa tujuan anda traveling bersama anak adalah menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga tercinta. Untuk itu ketika liburan lakukan seluruh kegiatan bersama-sama, jangan jauh-jauh dari anak.

Anda bisa menghabiskan waktu sarapan bersama, berenang bersama, menikmati destinasi wisata bersama dan bersenang-senang juga bersama.

Dengan begitu waktu yang selama ini terlewatkan dengan sedikit kebersamaan bisa sedikit terobati saat liburan bersama keluarga.

Liburan bersama keluarga sangat menyenangkan dan membuat suasana kekeluargaan menjadi lebih bermakna. Untuk kenyamanan saat berlibur dengan keluarga tercinta anda bisa memanfaatkan 5 tips traveling dengan anak di atas.

Sehingga dengan perencanaan yang matang, liburan yang menyenangkan bisa anda dapatkan dan sepulang dari berwisata ada banyak pengalaman baru didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *