Tips Wisata Terlengkap Untuk Liburan ke Belitung

tanjung pandan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan terkenal dengan keelokan pesona wisatanya. Salah satu daerah yang menawarkan pesona alam terbaik adalah Belitung.

Belitung semakin terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan sejak keindahan alamnya terekspos pada sebuah film layar lebar berjudul “Laskar Pelangi”. Tak heran jika kepopuleran Pulau Belitung sebagai tujuan wisata begitu melejit.

Pasalnya, Pulau Belitung memiliki pantai yang cantik dan menyuguhkan pesona wisata bahari yang menarik.

Untuk berlibur ke negeri Laskar Pelangi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan wisata Anda berjalan lancar dan memuaskan.

Paket Tour Murah dan Terbaik untuk Liburan di Belitung

imageBelitung merupakan daerah wisata yang tergolong “baru”. Sebelumnya, banyak wisatawan yang lebih memilih Bali atau Jogja untuk berlibur.

Saat ini, Belitung mulai dilirik oleh para wisatawan asing maupun domestik sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Karena belum banyak pihak yang mengetahui seluk beluk pulau cantik ini, lebih baik Anda menggunakan jasa tour and travel untuk memandu perjalanan wisata Anda.

Jasa tour and travel biasanya memiliki berbagai pilihan paket liburan sehingga dapat disesuaikan dengan bujet yang tersedia. Salah satu jasa tour and travel yang menawarkan paket tour murah dan terbaik untuk liburan di Belitung adalah Bangkatour.com.

Dengan menggunakan jasa tour and travel, perjalanan wisata Anda akan terasa mudah dan menyenangkan. Pihak tour and travel akan menunjukkan lokasi-lokasi wisata favorit di Belitung yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Selain itu, agenda perjalanan wisata Anda juga akan lebih tertata dan terorganisir sehingga waktu liburan Anda dapat termanfaatkan secara maksimal.

Kenapa Harus Tour ke Belitung

Ada banyak alasan kenapa harus tour ke Belitung. Salah satunya yaitu pantai di Belitung yang memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Jika di tempat lain pantai hanyalah hamparan pasir di pinggir laut dengan hiasan nyiur melambai, di Belitung Anda bisa menikmati keindahan bukit granit yang ada di sepanjang pesisir pantai.

Hampir di seluruh pantai yang ada di Belitung terdapat jajaran batu granit raksasa. Bukit granit ini semakin menambah keelokan pantai yang ada di bumi Laskar Pelangi ini.

Salah satu pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya adalah Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Di pantai ini, Anda bisa melihat kokohnya bukit granit yang hitam di berbagai sisi pantai yang cantik.

Selain jajaran pantai yang cantik, Belitung juga memiliki banyak lokasi wisata religi. Beberapa destinasi wisata religi tersebut tempatnya juga cukup dekat dengan pantai.

Salah satu destinasi wisata religi yang terkenal adalah Kelenteng Dewi Kuan Im yang berupa rumah peribadatan bagi pengikut ajaran Budha, Kong Fu-tze, dan Lao-Tzu yang terletak di dekat Pantai Burung mandi.

Selain itu, masih terdapat beberapa lokasi wisata religi lainnya yang bisa dikunjungi di pulau ini. Beberapa destinasi wisata religi lainnya yaitu Kelenteng SiJuk dan Masjid Al-Ikhlas.

Sedangkan di Pulau Bangka, yang tidak jauh dari Belitung, terdapat Masjid Jami’ dan Kelenteng Kung Fuk Min yang letaknya bersebelahan. Hal ini menunjukkan kerukunan beragama masyarakat Bangka Belitung.

Bangka juga memiliki aneka kuliner yang lezat dan menggugah selera. Salah satu menu makanan yang diincar para wisatawan adalah Lempah Kuning. Lempah Kuning merupakan makanan sejenis sup kaya rempah yang bercita rasa pedas.

Selain Lempah Kuning, terdapat menu lain yang hanya bisa Anda temukan di pulau ini, seperti Martabak Bangka, Mi Belitung, ayam bumbu ketumbar, lempah darat, dan gangan.

Belum lengkap rasanya jika tour ke Bangka tanpa singgah ke beberapa lokasi wisata bersejarah yang ada di pulau ini.

Terdapat Pesanggrahan Menumbing yang merupakan lokasi pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah di kawasan ini.

Selain itu juga terdapat Museum Timah Indonesia yang menyimpan rekam jejak perjalanan pertambangan timah di Bangka Belitung sejak zaman penjajahan.

Destinasi wisata bersejarah lain yang terkenal di Belitung adalah Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini didirikan oleh penulis novel terkenal Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Museum ini menyimpan aneka benda yang berkaitan dengan sastra dan berbagai koleksi barang yang berkaitan dengan novel maupun film Laskar Pelangi.

Di Belitung juga terdapat beberapa pulau cantik yang tidak boleh Anda lewatkan. Beberapa di antaranya yaitu:

Pulau Lengkuas

Namanya unik, mirip dengan nama rempah-rempah khas nusantara. Pulau Lengkuas merupakan pulau terluar dari gugusan pulau kecil yang ada di kawasan Belitung. Di pulau ini terdapat mercusuar, dan para wisatawan diperbolehkan untuk naik ke mercusuar ini.

Dari mercusuar, Anda dapat menikmati indahnya keseluruhan pulau Belitung. Di pulau ini juga terdapat area snorkeling dengan beragam terumbu karang cantik yang tumbuh di bawah laut.

Pulau Pasir

Pulau Pasir tergolong unik karena pulau ini terbentuk dari gundukan pasir yang berada di tengah laut. Tidak semua wisatawan dapat menikmati indahnya pulau ini karena pulau ini hanya bisa disaksikan saat air laut surut.

Saat air laut pasang, pulau ini akan tertutup air. Jika beruntung bisa melihat pulau ini, Anda bisa menemukan banyak bintang laut cantik di sana.

Pulau Burung

Pulau ini memiliki gundukan batu granit yang menyerupai kepala burung sehingga disebut Pulau Burung. Pulau Burung memiliki air laut yang jernih dan hamparan pasir putih yang cantik.

Pulau Babi / pulau Kepayang

Pulau Babi memiliki keunikan berupa bongkahan batu granit raksasa yang terlihat mengapung di tengah lautan. Pulau ini dihiasi tumpukan batu granit dengan beraneka macam bentuk.

Pulau Batu Berlayar

Hampir sama dengan pulau pasir, pulau ini juga hanya bisa dikunjungi saat air laut surut. Pulau ini diberi nama Pulau Batu Berlayar karena bebatuan yang ada di pulau ini tampak seperti layar perahu.

Waktu Terbaik untuk Liburan ke Belitung

Waktu terbaik untuk liburan ke Belitung adalah musim kemarau. Hal ini dikarenakan sebagian besar wisata di Belitung merupakan wisata bahari. Laut dan pantai tentu hanya bisa dinikmati dengan nyaman saat tidak hujan.

Saat musim hujan, air laut cenderung naik dan menutup sebagian besar pantai. Gelombang laut pun cukup tinggi dan angin berembus cukup kencang. Hal ini tentu dapat membahayakan perjalanan para wisatawan saat melintasi laut.

Musim kemarau jatuh pada bulan April hingga Agustus. Inilah waktu terbaik untuk liburan ke Belitung, terutama pada bulan Maret hingga Juli. Mengapa Maret hingga Juli? Karena di bulan ini terdapat Upacara Maras Taun, yaitu upacara wujud rasa syukur masyarakat yang digelar dengan menampilkan pertunjukan tari dan lagu, diikuti dengan doa dan makan bersama.

Upacara ini dihelat di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Badau, Kecamatan Mambalong, Kecamatan Sijuk, dan Kecamatan Selat Nasik. Lalu mengapa bulan Juli?

Karena di bulan ini ada berbagai festival budaya yang bisa Anda nikmati, seperti Festival Bahari, Festival Laskar Pelangi, dan Festival Belitong Barik’e yang ditampilkan hanya di bulan tersebut.

Program Paket Tour Belitung

Ada berbagai macam pilihan program paket Wisata Belitung yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Di Enjoybelitung.com Anda bisa memilih paket tour Belitung Adventure 3 hari 2 malam, paket tour 2 hari 1 malam, open trip Belitung murah, dan Tour Belitung tanpa hotel.

Jika Anda ingin melengkapi perjalanan Anda dengan singgah di pulau Bangka yang tidak jauh dari Belitung, Anda bisa memilih paket tour Bangka Belitung 4 hari 3 malam.

Paket Belitung Adventure 3 Hari 2 Malam

P,aket Belitung Adventure 3 hari 2 malam yang ditawarkan Enjoybelitung.com dapat membantu Anda menikmati indahnya Belitung tanpa harus repot. Selain itu, paket ini juga memberikan bonus berupa jelajah Pulau Lebong yang terkenal cantik.

Fasilitas yang didapatkan pada paket ini antara lain menginap di camp Pulau Lebong dan hotel, pemandu wisata lokal dan transportasi selama di Belitung dengan armada yang full AC.

Tambahan fasilitas lain yaitu disediakannya alat snorkeling, perahu tradisional, gratis tiket masuk ke semua lokasi wisata yang dituju, gratis makan-minum sesuai jadwal, serta gratis permainan di Pulau Lebong.

Paket Belitung Adventure 2 Hari 1 Malam

Jika Anda ingin segera menikmati keindahan Belitung tetapi dana yang Anda miliki cukup terbatas, Anda bisa memilih paket 2 hari 1 malam yang dibanderol dengan harga kurang dari 1 juta rupiah.

Paket ini juga cocok untuk perusahaan yang mengadakan kegiatan gathering atau outing bagi para karyawannya. Paket ini sudah mencakup tiket masuk lokasi wisata, makan, alat snorkeling dan perahu, serta sopir yang merangkap sebagai pemandu wisata.

Paket Open Trip Belitung

Paket yang cukup unik adalah Open Trip Belitung. Paket ini memfasilitasi Anda yang ingin berlibur sendirian atau tidak bersama grup. Paket ini tergolong sharing trip bukan private trip sehingga Anda dapat berkenalan atau berinteraksi dengan para wisatawan dari tempat lain. Open trip ini hanya dibuka pada minggu ke 2 setiap bulannya. Harga yang ditawarkan untuk paket ini berkisar Rp1.500.000,00.

Paket Belitung Tanpa Hotel

Paket berikutnya yang memberikan keleluasaan bagi para wisatawan yang menginginkan penginapan sesuai keinginan mereka adalah Paket Belitung Tanpa Hotel. Paket ini sangat cocok bagi Anda yang sudah memesan hotel sendiri sebelum tiba di Belitung. Paket ini tergolong paket yang cukup lengkap.

Anda bisa menikmati berbagai lokasi wisata di kepulauan ini lengkap dengan pemandu wisata, aneka kuliner khas Belitung yang lezat, serta Tour Island Hopping, tour Laskar Pelangi, dan snorkeling. Tour Island Hopping merupakan perjalanan wisata dari satu pulau ke pulau lainnya yang banyak diminati para wisatawan.

Paket Tour Bangka Belitung 4 Hari 3 Malam

Jika Anda menginginkan paket liburan yang benar-benar lengkap, Anda bisa memilih paket Tour Bangka Belitung 4 Hari 3 Malam. Paket ini menawarkan perjalanan wisata ke lokasi-lokasi menarik di wilayah Bangka seperti Kota Sungaiilat, Kelenteng Cina kuno, dan Jembatan Baturusa.

Anda juga bisa menikmati indahnya Pantai Tanjung Pesona, Pasir Putih di Matras, dan Pantai Tenggiri. Paket ini juga menawarkan perjalanan wisata ke pulau-pulau sekitar dan ke beberapa destinasi wisata favorit di Bangka Belitung. Anda akan diajak ke museum Timah Indonesia serta agrowisata Bangka Botanical Garden yang terkenal serta beberapa lokasi wisata lainnya.

Paket Bangka Belitung 4 hari 3 malam merupakan paket terlengkap yang akan memuaskan perjalanan wisata Anda. Paket ini juga menyediakan waktu keberangkatan bebas yang bisa Anda pilih sesuai dengan agenda dan kesibukan Anda. Harga paket ini cukup terjangkau yaitu Rp3.500.000,00 saja.

Memilih Tour and Travel Belitung Terbaik

Memilih agen perjalanan wisata yang baik dan berkualitas merupakan salah satu hal penting dalam menyukseskan liburan Anda. Banyak orang yang merasa tertipu dengan harga yang murah tetapi fasilitas yang mereka dapat sangat kurang dan jauh dari kelayakan.

Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dan kecermatan dalam memilih agen perjalanan. Apalagi jika Anda berniat melakukan perjalanan wisata ke tempat yang tergolong baru seperti Bangka Belitung.

Sebaiknya Anda memastikan agen perjalanan wisata yang Anda pilih baik dan kredibel.

Berikut beberapa tips memilih tour and travel Belitung terbaik:

Pilih Agen yang Tepercaya dan Profesional

Pilih agen yang tepercaya dan profesional untuk memandu perjalanan wisata Anda agar liburan Anda berjalan lancar dan optimal. Salah satu ciri agen perjalanan wisata yang profesional yaitu memberikan detail fasilitas dan agenda perjalanan secara terperinci seperti yang tercantum pada www.enjoybelitung.com dan www.bangkatour.com

Agen perjalanan wisata yang profesional tentu memberikan layanan terbaik pagi para pelanggannya agar mereka kembali menggunakan jasa perjalanan wisata di kemudian hari.

Agen perjalanan wisata yang profesional biasanya memiliki pilihan hotel dan armada yang berkualitas. Selain itu, layanan yang mereka berikan juga tidak asal-asalan. Jangan memilih agen perjalanan wisata yang belum jelas kredibilitasnya untuk menghindari ketidaknyamanan saat Anda berlibur.

Jangan Langsung Tergiur dengan Harga Murah

Saat ini banyak agen perjalanan wisata yang berlomba-lomba memberikan harga paket super murah untuk menarik para pelanggan. Anda boleh saja memilih paket dengan harga murah, tetapi Anda harus jeli dan teliti terhadap fasilitas yang ditawarkan.

Anda juga perlu menanyakan tentang detail penginapan, transportasi, makan dan minum, agenda perjalanan, dan kemungkinan biaya tambahan yang perlu disiapkan.

Harga yang murah juga belum tentu kualitasnya tidak baik. Ada beberapa hotel yang memiliki jaringan luas dan memiliki rekanan hotel atau armada transportasi. Kerja sama antar jaringan inilah yang terkadang membuat sebuah agen perjalanan wisata bisa memberikan harga paket yang cukup ramah di kantong.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah teliti sebelum memilih paket liburan. Tanyakan dengan jelas segala hal yang termasuk di dalam paket dan yang belum termasuk di dalam paket. Untuk paket murah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan layanan sewa mobil Di Bangka Belitung.

Pilih Agen yang Memiliki Spesialisasi

Pilih agen yang memiliki spesialisasi melayani perjalanan wisata ke area tertentu. Untuk wilayah Bangka Belitung, agen perjalanan wisata yang memiliki spesialisasi di area ini adalah EnjoyBelitung.com dan BangkaTour.com

Agen yang memiliki spesialisasi di wilayah tertentu tentu lebih memahami area wisata setempat dan segala seluk beluknya. Dengan memilih agen yang sudah berpengalaman, Anda dapat santai menikmati agenda perjalanan tanpa harus direpotkan mencari destinasi wisata terbaik di wilayah tersebut.

Pilih Agen yang Memiliki Jaringan Luas

Pilih agen yang memiliki jaringan luas dengan berbagai penyedia jasa akomodasi, seperti maskapai penerbangan, rental mobil, dan hotel. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari agen perjalanan wisata yang memiliki rekanan luas, salah satunya jaminan bahwa agen tersebut merupakan agen yang kredibel.

Selain itu, jika seandainya dalam paket yang Anda pilih kurang sesuai penginapannya, Anda bisa melakukan negosiasi ke agen untuk mencarikan hotel rekanan yang sesuai dengan keinginan Anda atau dengan membeli voucher hotel agar lebih murah.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman wisata terbaik di Belitung kunjungi website Bangka Tour & Travel atau bisa juga ke EnjoyBelitung.com, agen tour and travel terbaik di Belitung. Selamat merencanakan liburan Anda dan selamat bersua dengan bumi Laskar Pelangi.

Jika Anda Membutuhkan Jasa Rental Mobil Murah di Belitung atau sewa mobil di Bangka, Silakan Kontak Langsung kontak Ayu Rental di :
SMS / WhatsApp : 0821 8298 8898
Telpon : 0852 6 99999 27

3 thoughts on “Tips Wisata Terlengkap Untuk Liburan ke Belitung

  1. Wow Keren Banget keep Post yah Gan… numpang mampir nawarin produk yah… bagi yg menyukai ngebet ataaupun main game online dapat mampir ke website kita yah di id303 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *