Raja Ampat, 75% Karang Dunia Ada Disini

Keindahan alam seolah tidak pernah tersentuh telah menjadi daya tarik istimewa Raja Ampat. Inilah surga keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia saat ini. Kondisi alamnya sangat unik dengan struktur tanah endemik, biota laut yang beragam, pantai yang menawan, serta kebudayaan yang khas.

raja-ampat-islandsKeindahan ini kian sempurna dengan tradisi dan kearifan lokal masyarakatnya.

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Gugusan ini terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Berbagai aktifitas menarik bisa Anda lakukan di kawasan ini. Mulai dari menyelam, snorkling, memancing, berlayar, kayak, menjelajahi pulau dengan perahu, melihat burung Cenderawasih khas Papua, menikmati indahnya pulau-pulau karang (karst) di sekitar Pulau Wayag, menjelajahi gua kelelawar, hingga memberi makan kuskus.

raja-ampat-islandWilayah pulau-pulau di Raja Ampat mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Kawasan ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Inilah perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Empat pulau utama di kawasan Raja Ampat adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.

Fa Road Sail Vertcl Sriwijaya
Fa Road Sail Vertcl Sriwijaya

Perairan Kepulauan Raja Ampat merupakan taman laut terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu perairan terbaik untuk spot diving dunia. Terumbu karangnya dinilai terlengkap di planet bumi, bahkan 75% jenis karang dunia berada di perairan ini. Saat Anda mencemplungkan diri menyelam ke bawah laut maka perhatikan dengan detail hewan laut yang menyapa.

Turis menyelam hampir setiap hari karena lokasi penyelaman sangat luas dan beragam. Keindahan terumbu karangnya memang bervariasi sehingga banyak pilihan dan mengundang penasaran. Kebanyakan wisatawan datang dari Eropa. Para penggemar diving bahkan betah selama berminggu-ninggu bahkan sebulan berada di Raja Ampat menikmati keindahan yang ada di kawasan kepulauan ini.

Banyak fotografer bawah laut internasional mengabadikan pesona laut Raja Ampat. Bahkan sebagian dari mereka datang berulang kali dan membuat buku khusus tentang keindahan terumbu karang dan biota laut kawasan ini. Pemandangan dan biota laut Raja Ampat memang spektakuler.

Tidak hanya pesona bawah laut, Raja Ampat juga menawarkan panorama alam menakjubkan. Hamparan laut biru yang bersih, pasir putih berkilau bak mutiara, gugusan pulau-pulau yang mempesona dan flora serta fauna yang exotic.

Bagi teman-teman yang sudah menjalankan bisnis travel, paket wisata Raja Ampat (meskipun mahal) layak masuk dalam brosur dagangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *