Pantai Plengkung Banyuwangi

pantai plengkung banyuwangi by telusurindonesia

Pantai Plengkung di Banyuwangi ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda pecinta olahraga seancar. Pasalnya pantai yang terletak di ujung timur dari Puau Jawa ini memang terkenal sebagai surganya para peselancar.

Pantai yang juga dikenal dengan nama G-Land ini akan membuaat Anda merasakan keseruan menunggangi gulungan-gulungan ombak dengan pantai yang memukai. Ombak yang besar, tinggi serta memanjang merupakan ciri dari Pantai Plengkung (pantai dengan ombak terbesar di dunia).

The Seven Giant Waves Wonder
Dahsyatnya ombak yang dapat Anda jumpai di Pantai Plengkung Banyuwangi ini membuatnya masuk dalam jajaran The Seven Giant Waves Wonder, salah satu yang terbesar di seluruh dunia.

Pantai Plengkung juga memiliki ombak dengan ketinggian mencapai 4 hingga 6 meter yang menampilkan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Bahkan formasi ini mampu mencapai sepanjang 2 kilometer. Hal inilah yang menyebabkan para peselancar profesional sangat tertarik untuk menaklukan ombak di Pantai Plengkung.

Terdapat 4 tipe ombak yang akan Anda temui di Pantai Plengkung. Dimana para peselancar menyebut ombak yang paling kecil dengan nama “chickens”, “speedies” serta “monkey trees”. Sementara ombak yang terbesar dinamai “kongs”, ombak penantang bagi para peselancar di surga objek wisataIndonesia.

Spot Surfing Berskala Internasional
Sepanjang tahun Pantai Plengkung terus menerus memiliki ombak. Pada bulan April hingga Agustus ombak yang ada bahkan mencapai puncak yang tertinggi. Maka dari itu tidak aneh apabila Pantai Plengkung ini dijadikaan sebagai spot kegiatan surfing dengan skala Internasional terhitung sebanyak 5 kali.

Biasanya ombak yang paling besar di pantai ini akan muncul tepat pada bulan Juni, Juli dan November. Selama rentang waktu tersebut, maka ketinggian ombak akan mencapai sekitar 6 meter, sehingga tentunya pada waktu-waktu tersebut pantai akan sangat ramai dikunjungi oleh para peselancar.

Para surfer pemula yang datang juga umumnya dapat bermain dengan leluasa di Pantai Plengkung ini. Karena terdapat titik spot lain yang memiliki ombak relatif tidak begitu besar, yaitu di kawasan Pantai Batu Lawang (sekitar G-Land).

Kegiatan wisata Pantai Plengkung
Wisatawan yang mengunjungi Pantai Plengkung umumnya melakukan kegiatan surfing atau berselancar. Sebagian para peselancar yang datang juga berasal dari Bali, hal ini dikareakan lokasi pantai yang mudah diakses langsung dari Pantai Kuta Bali dengan menggunakan speed boat.

Sementara Anda yang tidak begitu menyukai kegiatan berselancar, Anda dapat menikmati panorama dari Pantai Plengkung yang indah.

Seperti bersantai di rumah paggung tepian pantai atau berjalan-jalan di sekitar area pantai untuk melihat hamparan pasir putih serta air laut yang biru dengan gelombang yang tidak pernah putus sebagai kecantikan tersendiri dari salah satu objek wisataIndonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *