gerhana-matahari-total

Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Bangka Belitung

Pernahkah Anda mendengar atau menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total ?. Sejujurnya saya sendiri belum pernah menyaksikan fenomena tersebut. Konon peristiwa langka itu hanya berlangsung 33 tahun Sekali.

Sekilas Tentang Fenomena Gerhana Matahari Total

gerhana matahari total 2016Menurut para ahli, Gerhana matahari total (GMT) terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan. Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutupi sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah

Gerhana matahari total adalah saat dimana seluruh piringan matahari tertutupi oleh piringan bulan. Peristiwa ini menyebabkan cahaya matahari terhalang menuju ke suatu wilayah yang berpelurus dengan keduanya. Akibatnya sangat menakjubkan.

Siang hari yang awalnya terang benderang pun mendadak menjadi seperti malam. Ya, malam dalam siang. Langit menghitam. Terlihat bintang-bintang terang. Terlihat Venus dan Merkurius di dekat Matahari. Nuansa menjadi sunyi. Hewan siang bingung apa harus pulang. Orang-orang terperangah. Tenggelam dalam ketakjuban.

Meski sangat eksotis dan menjadi perhatian masyarakat dunia, gerhana matahari total (GMT) bukan fenomena yang mudah ditemukan. Kalau pun ada, wilayah yang dilalui akan sangat terbatas. Ini menjadikan wilayah yang dilalui sangat beruntung.

Dan, mungkin keberuntungan tersebut tidak akan terjadi lagi dalam puluhan tahun ke depan. Di Indonesia misalnya, gerhana matahari total melintas terakhir kali di negara ini pada tahun 1995 silam. Sudah sangat lama bukan?!.

Nah, pada tanggal 9 Maret 2016 nanti peristiwa gerhana matahari total (Total Eclipse) akan kembali terjadi. Menariknya, Bangka dan Belitung menjadi salah satu lokasi terbaik untuk mengamati gerhana matahari total (GMT). GMT akan melintas pada tanggal 9 Maret 2016, pukul 07.22 WIB selama 2 menit 33 detik.

Saya bersama tim @MitraWisataID telah mengemas GMT agar menjadi daya tarik tambahan yang mengesankan bagi Anda yang ingin menyaksikan peristiwa ini di Bangka atau Belitung. Program ini kami rancang sejak jauh-jauh hari karena hingga saat ini saja tingkat hunian hotel sudah sangat terbatas. Inilah kesempatan terbaik dimana Anda bisa menyakssikan moment eksotis yang langka bersama keindahan pantai, kuliner dan pulau-pula cantik di Babel.

Lihat Disini : Paket Wisata Bangka dan Paket Tour Belitung

Pemerintah daerah di Bangka Belitung juga telah menyiapkan berbagai acara guna menyambut wisatawan.

lengkuas belitungMasyarakat Bebel sendiri sangat mendukung upaya pemda menjadikan GMT sebagai momentum wisata di Negeri 1001 Warung Kopi dan Laskar Pelangi tersebut. Pemerintah provinsi Babel mempersiapkan berbagai agenda pariwisata, sosialiasasi untuk menyambut gernaha matahari total di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Tengah.

Hingga saat ini, tercatat sedikitnya 150 Astronom AS yang sudah konfirm untuk ke Belitung untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total. Selain itu banyak astronom, pelajar dan wisatawan mancanegara dari berbagai negara lainnya.

Sebagai pelaku wisata lokal di Bangka Belitung kami juga terus mengoptimalkan persiapan, agar wisatawan puas dan menjadikan agenda tahunan mereka untuk berwisata ke daerah ini.

Kesempatan langka ini tidak boleh dilewatkan. Sebagai sebuah peristiwa langka tentunya moment ini akan menjadi peristiwa yang amat sayang untuk dilewatkan.

Jadi, bagi Anda yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana sebelumnya, Insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan Gerhana Matahari Total – GMT melewati 3 Kabupaen di babel pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Kenapa anda harus memilih Bangka elitung sebagai tempat untuk melihat Gerhana Matahari Total?
pantaibelitung
Perlu diketahui jika pusat gerhana matahari total 9 Maret 2016 adalah di Samudra Pasifik, di sebelah timur laut Indonesia. Dengan begitu, jika semakin ke timur, semakin lama pula durasi gerhana matahari total yang bisa diamati.

Belitung Belitung menjadi alternatif terbaik untuk menyaksikan GMT karena berada di zona paling timur yang berada cukup dekat dengan Sumatera dan Jawa. Jadi jika Anda berada di Sumatera atau Jawa, mengunjungi Bangka atau Belitung tidak akan menguras terlalu banyak biaya, waktu dan tenaga. Selain itu Babel merupakan daerah tujuan wisata yang sedang populer.

Sudah pernah ke Bangka atau Belitung belum… ?!

No Comments

Leave a Comment