Menjadi Seorang Tour Leader

tour leader

Tertarik menjadi seorang tour leader ?. Profesi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan biro perjalanan atau perusahaan yang bergerak dibidang jasa perjalanan wisata. Berbeda halnya dengan seorang Travel Konsultan yang lebih banyak bekerja dibalik layar (di kantor), tour leader terlibat secara total dilapangan.

Tour Leader atau sering disingkat (TL) adalah orang yang ditugaskan oleh biro perjalanan untuk memimpin dan mengikuti seluruh rangkaian tour mulai dari awal sampai akhir. Jika berwisata keluar negeri, TL inilah yang menemani klien mulai dari keberangkatan dari bandara asal (bahkan terkadang mulai dari lokasi penjemputan), sampai kegiatan tour berakhir.

Untungnya selain bisa jalan-jalan / liburan gratis kemana-mana, seorang tour leader juga akan mendapatkan uang saku serta honor yang besarannya beragam pada setiap perjalanan yang dilakukan. Asik bukan?!.

TL bertanggungjawab untuk membimbing dan memimpin grup/rombongan dari awal hingga akhir perjalanan. Tidak hanya terbatas dalam kota-kota tertentu saja. Ia juga yang mengatur agar tour berjalan dengan lancar, mulai dari morning call, ontime schedule dengan menyesuaikan kondisi yang ada pada saat tour berlangsung dengan itinerary telah direncanakan, sampai tiba di hotel setelah tour pada malam harinya.

Tugas TL termasuk memastikan bahwa peserta tour dalam keadaan baik dan sehat. Tour leader harus tahu pasti bahwa rombongan yang dipimpinnya lengkap (tidak ada yang tertinggal).

Sekilas profesi ini mirip dengan peran tour guide (pemandu wisata). Namun kedua profesi ini sebetulnya memiliki perbedaan. Tour guide atau pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata pada suatu destinasi tertentu serta membantu keperluan wisatawan lainnya. Seorang tour guide biasanya dituntut untuk lebih mengenal tentang berbagaai detail, sejarah, keunikan, kearifan lokal dari suatu destinasi.

Jadi kalau tour leader bertangung jawab memimpin rombongan turis perihal rute selama perjalanan, mulai berangkat sampai kembali lagi ke negera / kota asal. Sementara, tour guide hanya bertanggung jawab menjelaskan tempat–tempat yang dikunjungi.

Namun tidak jarang tour leader juga merangkap sebagai tour guide. Karena seorang TL juga dituntut untuk bisa membawa suasana rombongan menjadi menyenangkan

Lalu bagaimana menjadi tour leader ?
Tour leader (seorang pemimpin rombongan) lebih banyak berperan sebagai ‘leader’ anggota rombongan yang juga menyertai dan melayani kepentingan para anggota rombongan selama perjalanan. TL harus memiliki kemampuan manajerial dan komunikasi yang sangat baik.

Nah, seorang TL setidaknya memerlukan hal-hal berikut ; kemampuan berkomunikasi yang baik, penampilan yang menarik (bersih, rapi), kreatif, jujur dan sopan, memiliki pengetahuan yang luas, ramah, humoris, cekatan.

Profesi ini memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan bisnis tour and travel. TL adalah corong utama bagi perusahaan yang akan menjaga kualitas layanan, kepuasan dan hubungan jangka panjang dengan klien.

Materi diolah dari berbagai sumber.

11 thoughts on “Menjadi Seorang Tour Leader

  1. Saya ingin untuk mengembangkan jasa tour dan travel ke wilayah Indonesia Timur, khususnya Raja Ampat Papua. Namun saya sangat awam dari desain dan managemen. Mohon petunjuk bagaimana saya menggunakan jasa konsultan. terima kasih.

  2. Salam Pak Jimmi
    Jika yang Anda maksud adalah mengembangkan produk2 baru khsusnya Raja Ampat Anda dapat mencari travel consultant lokal disana. Anda juga bisa mencari travel local di Raja Ampat dan menjalin kerjasama dengan menawarkan program yang mereka miliki.

    Saat ini banyak tour organizer local di Raja Ampat yang bisa Anda temukan dengan mudah hanya dengan melakukan googling.

    Semoga membantu. Sukses buat rencananya.

  3. Saya sangat suka travelling, karena itulah saya ingin menjadi tour leader. Saat ini saya benar benar ingin menjadi tour leader. Tapi umur saya saat ini masih 16 tahun. Apa bisa saya menjadi tour leader pd saat saya umur 17 tahun setelah saya UN ?

    1. Semoga sukses dan mimpinya menjadi TL professional terwujud.Tak ada syarat menjadi seorang TL harus berumur diatas 17 thn. Jadi perkaya penglamanan aja ya. Pasti Bisa!

  4. Saya seorang driver yg sehari harinya membawa tamu asing, seperti dari timur tengah, malaysia, singapore, dll. Saya sudah menjalani profesi ini kurang lebih 3 tahun,pertanyaan saya :
    1. Apakah saya bisa menjadi tour leader perseorangan dengan status freelence?
    2.Kemana saya harus mendaftarkan diri saya?
    3. Berapa biaya yg harus saya keluarkan untuk menjadi tour leader legal?
    Sebagai tambahan, lokasi saya bekerja sekitar puncak bogor, bandung dan jakarta. Terima kasih.

  5. Senang sekali membaca artikel bpk. Sy menjadi TL sejak tahun 2012 sampai sekarang dan sangat menikmati pekerjaan tersebut. Mudah2an jk ada yg berminat bisa hub saya ut city tour ke Jawa Bali Manado atau sewa bus pariwisata-nya saja.
    Diana Tour & Travel

  6. Dear sir saya sudah membaca. Penjelasan bapak tentang apa itu tl. Dan tour guide. Kebetukan saySeorang tour leader. Dan tour guidedi bali. Untuk bhs . Korea. Mandarin dan english..

  7. Hi,saya tertarik untuk menjadi Tour leader,harus mendaftar kemana ya,2 bahasa asing saya kuasai ,Inggris dan Mandarin

  8. bermanfaat skli info ini, kbtln saya sudah 3th lbih mnjdi tour leader, dari yg awalnya freeland skrg mnetap di biro perjlnn wisata Mr Oketour..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *