Menikmati Pesona Pantai Parai Tenggiri dan Matras Bangka

Meski terik matahari seakan bisa membakar apa saja. Toh para pemancing nampak setia dengan kail-nya. Berdiri di ujung-ujung batu, menanti gigitan yang tak kunjung datang. Namanya juga hobby. Dapatkan ikan bukan satu-satunya tujuan. Kalau sudah tak tahan panas kan tinggal nyebur saja.

Begitulah aktivitas sebagian pengunjung pantai matras siang itu. Ditemani suara ombak dan tawa anak-anak saya menikmati pesona pantai matras bersama istri dan keluarga. Meski cuaca sangat terik, namun kami tetap happy. Kami tidak perlu berpanas-panasan karena kebetulan masih kebagian sewa saung.

Saung di pantai matras ini tidak seberapa jumlahnya. Jadi kalau pengunjung yang tiba sore hari atau agak siang tidak akan kebagian tempat.

Padahal dengan menyewa saung atau gubuk kecil di tepi pantai inilah anda bisa duduk bahkan berbaring selonjoran ditepi pantai tanpa kepasan. Harga sewanya cukup terjangkau. Karena gubuk sederhana ini bisa muat untuk 10-15 pengunjung.

Hari itu kami ke pantai matras agak siang karena pagi harinya kami gunakan waktu untuk menikmati wisata pantai parai tenggiri.

Panorama pantai matras memang tak ada matinya. Seingat saya, sejak saya masih di sekolah dasar popularitas dan keindahan daya tarik pantai matras tak pernah redup. Bahkan sebaliknya.

Dulu masih banyak pepohonan dan area pantainya masih cukup kecil. Belum ada rumah-rumah singgah, gubuk berteduh untuk di sewa, belum ada mushola, dan toilet masih jorok. Saya masih ingat, sewaktu kecil dulu kalau tamasya ke pantai matras kami harus pergi ke hutan di seberang jalan untuk sekedar (maaf) buang air atau sekedar bilas.

Nah, sekarang pantai matras sudah tak seperti dulu. Anda bisa dudk santai tanpa kepanasan. Bisa jajan aneka makanan dan minuman. Bisa bilas dan buang air tanpa perlu kesusahan. Dan yang paling penting nampaknya Mtras masih tetap jadi tempat wisata favorit banyak keluarga di Bangka.

Ada banyak cerita kenapa salah satu pantai paling cantik di Bangka ini dinamakan Mtras. Yang jelas butiran halus pasir pantainya yang putih dan landai,menghampar di sepanjang bibir pantai ini memang tak ubah layaknya karpet Matras. Sangat lembut saat menyentuh telapak kaki.

Hingga saat kaki kita di seret kepasir pantai, terdengar bunyi ‘sssttt’. Menandakan betapa lembut dan halusnya butiran pasir di matras ini.

Pantai matras ini sangat menarik bagi anda yang suka berjalan menyusuri bibir pantai bertelanjang kaki. Sangat menyenangkan bagi anda yang datang bersama keluarga tercinta. Anak-anak hingga orang dewasa bisa mandi di pantai. Air laut di sini sangat bersih.

Hanya saja anda tetap harus berhati-hati. Bukannya menakut-nakuti, tapi memang sudah ada korban yang tenggelam saat mandi di pantai yang terletak di pesisir timur Bangka ini.

Tak seperti Pantai parai tenggiri yang sudah cukup terkenal karena dikelola oleh swasta. Pantai Matras dikelola oleh pemerintah daerah kab Bangka. So, Belum ada hotel mewah, restorant atau kolam renang aduhai di tempat ini. Meski begitu, agaknya inilah Ancol nya masyarakat Kabupaten Bangka.

Untuk pantai parai sendiri, banyak blog dan ulasan traveller di internet yang bisa anda temukan mengenai pantai ini. Saya sendiri sudah berkunjung dan menikmati pantai parai hampir saban bulan. Sudah banyak juga mengulas pantai ini untuk berbagai situs saya yang lain.

Pada kunjungan pekan lalu, saya mencoba mencari sudut-sudut lain yang tak biasa di pantai ini. Namun karena bukan potografer pro jadi hasil jepretan-nya bisa anda lihat di bawah ini.

Oky, postingan ini merupakan update terbaru setelah hampir 1 bulan saya absen menulis blog. Padahal sudah lebih dari 4 tahun saya selalu konsisten untuk selalu update blog ini setiap pekan. Mudah-mudahan ini kali terakhir saya absen menghadirkan update menarik untuk blog ini.

Terakhir bagi anda yang ingin mengunjungi pantai matras Bangka dan pantai parai tenggiri anda tak perlu khawatir lagi. Jaraknya hanya 1 jam berkendara dari kota atau Bandara Pangkalpinang Bangka. Anda bisa memesan jasa rental mobil di Bangka atau menggunakan layanan sewa mobil Bangka dan berkendara sendiri. Kedua pantai ini bersebelahan jadi bisa dinikmati dalam sekali perjalanan.

About Hari JT

Founder and Owner @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Hari JT →

One Comment on “Menikmati Pesona Pantai Parai Tenggiri dan Matras Bangka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *