Mau Menjadi Travel Blogger Sukses, Inilah Tips Dari Para Travel Blogger Terbaik di Indonesia

Siapapun yang punya mimpi jadi travel blogger, pastinya ingin tahu bagaimana sih caranya  Menjadi Seorang Travel Blogger sukses ?. Syukur-sukur bisa nerbitin buku, masuk tipi dan menghasilkan.

Bagi yang masih gamang, Travel blogger adalah mereka yang rajin berbagi cerita perjalanannya lewat blog pribadi-nya. Cerita perjalanannya bisa berisi banyak hal. Mulai dari tips mencapai suatu tujuan daerah/lokasi, kendaraan apa yang digunakan, barang/perlengkapan yang dibawa, hingga suka duka selama perjalanan.

Berbeda dengan orang yang sekedar hobi jalan-jalan, atau traveler pada umumnya, seorang travel blogger biasanya mencatat secara detil hal-hal tersebut.

Nah, kembali ke topik, bagaimana sih tips agar sukses menjadi travel blogger professional. Pertanyaan ini juga menggelitik buat saya.

Saya sudah mencari di internet dan menemukan berbagai tips berbeda-beda tentang cara menjadi travel blogger sukses dari pemula sampai bisa sukses.

Ketika mencari jawaban dari sana-sini hingga ke forum-forum komunitas, baaanyak sekali informasi yang (maaf) tidak jelas. Parahnya lagi, tips dari si A dan si B sampai si O seringkali bertentangan. Kadang tipsnya bahkan tidak jelas datang dari mana.

Saya anggap tidak jelas, kaena yang kasih tips sukses aja orangnya belum jadi travel blogger sukses. *plak

Jadi bingung. Tidak ada jawaban yang pasti.
Dan, saya juga tidak yakin tips mana yang benar…dan mana tips yang ngawur. Mana yang harus di ikuti, mana yang harus diabaikan.

Nah, melalui posting ini saya ingin berbagai tips sukses bagaimana caranya kalau kita ingin menjadi travel blogger sukses di negeri ini.

tips-for-blogging-successTips-tips ini diberikan langsung oleh para travel blogger top Indonesia.

Serius!

Kali ini kamu akan mendapatkan tips langsung dari para ahlinya? Dari mereka yang sudah sukses menjadi travel bloggger terkenal di Indonesia. [Baca juga : 9 Travel Blogger Indonesia Yang Asik Diajak Traveling]

Semua tips ini saya dapatkan setelah saya mewawancarai sejumlah travel blogger terbaik di Indonesia dengan 1 pertanyaan :

“Bagaimana sih caranya supaya travel blog kita bisa sukses?”

Dan jawaban mereka luar biasa

Artikel ini bisa jadi satu-satunya panduan yang saya dan kita semua perlukan untuk bisa menjadi seorang travel blogger yang sukses seperti mereka.

Inilah daftar travel blogger yang berpartisipasi memberikan strategi terbaiknya. Diurutkan berdasarkan waktu diterimanya jawaban dari tiap travel blogger.

cumilebayCumilebay.com [Cumi MazToro]

Starategi nya adalah Konsisten dan jadi diri sendiri

Dalam artian jangan jadi tai ayam yang anget-anget trus hilang jadi mesti fokus untuk terus posting share pengalaman dan cerita, minimal seminggu sekali dan setelah posting mesti promosiin blog nya ke berbagai media social biar tulisan kita ada yang baca. Percuma posting rajin kalo ngak ada yang baca.

Jadi diri sendiri ini, gali kepribadian mu, suka nya apa ??? Itu yang harus di tonjolkan.
Jangan pernah nyontek orang lain karena kalau ngak ya gak akan pernah jadi no 1.

arief-rahman-18backpackstory.me [Muhammad Arif Rahman]

Kalau dari saya kuncinya adalah: “2 Kon: konten dan konsisten. Konten yang baik akan membuat pembaca datang, sementara konsistensi akan membuat pembaca selalu kembali lagi.”

barry-kusumaAlamBudaya.com [Barry Kusuma]

Sebenernya saya backgroundnya fotografer, hanya suka menulis dan punya blog. Intinya sih kalau mau menekuni bidang travel ini ya harus konsisten, traveling dan jgn lupa dishare. itu aja.

Bagi yang ingin menjadi seorang travel blogger sukses, berikut adalah lima tips lain yang diberikan oleh Barry Kusuma :
1. Cintailah pekerjaanmu. Jika berawal dari suka tantangan, tidak akan berat. Dan kalau pada dasarnya kita sudah senang, seberat apapun jalan menjadi profesi travel blogger pasti akan terlewati.

2. Jangan langsung mencari untung. Karena ini adalah investasi jangka panjang, menjadi seorang travel blogger itu sama seperti bisnis lain yang awalnya mengeluarkan modal. Berbeda dengan membeli gadget atau barang, traveling itu ibarat Anda membeli sebuah pengalaman.

3. Buatlah konten yang unik dan sudut pandang yang berbeda dari umum. Semakin unik dan bagus kontennya, orang akan lebih mudah mengenali kita.

4. Jangan terpaku untuk merilis karya di blog kita saja. Dunia ini tidak selebar daun kelor ibarat pepatah. Share foto dan artikel kita di forum yang populer sehingga lebih banyak orang yang membacanya.

5. Be creative! Selain menulis, kita harus punya keahlian yang lain seperti memotret. Jadilah travel writer yang jago memotret, dan jadilah fotografer yang juga jago menulis. [Sumber : id.techinasia.com]

danan-wahyudananwahyu.com [Danan Wahyu]

1. Fokus
Seperti semua hobi jika dilakukan dengan sungguh sungguh dan fokus maka hasilnya akan baik. Kebanyakan dari kita melakukan dengan setengah hati atau hanya ikut-ikutan saja. Baru buat blog setengah jalan dan menulis dua artikel lalu berhenti.  Ngeblog itu nggak gampang tapi juga tidak susah susah amat jika ada kemauan kuat.

2. Belajar
Awal ngeblog tahun 2010 tulisan saya masih acak-acakan tapi atas nama hobi saya rela kembali membuka buku EYD dan kamu besar bahasa Indonesia. Dua tahun kemudian belajar fotografi demi foto bagus di blog saya. Jika  tahun ini saya menempa diri dengan konsisten memproduksi video tiap minggu itu bagian proses belajar. Sesungguhnya proses belajar itu tidak akan pernah berhenti, termasuk ngeblog.

3. Nikmati Prosesnya
Saya selalu yakin kerja keras tak akan mendustakan hasil. Ngeblog 5 tahun memang belum terbilang lama, tapi ada proses panjang di balik www.dananwahyu.com. Gaya tulisan alay menjadi lebih enak dibaca atau grafis blog blink blink menjadi lebih enak dipandang mata. Termasuk proses mental untuk  menerima kekalahan lomba  blog  dan  penolakan hotel untuk diulas.

4. Konsisten
Meski konon konsistensi menulis blog dapat merampingkan trafik dan menggendutkan DA namun tak banyak blogger yang konsisten berkarya. Memang awalnya sulit untuk menulis satu artikel setiap minggu, apalagi setiap hari.  Saya yakin sesuatu  yang didapat melalui proses akan lebih bernilai dibandingkan dengan yang instan.

5. Tak Selalu Uang
Saya tak pernah berpikir untuk mendapatkan uang ketika menjalani hobi ini. Jika sedari awal ngeblog tujuannya uang tak cocok menjadi travel blogger. Untuk jalan-jalan saja harus keluar uang dan belum tentu dalam waktu setahun kembali modal. Itu belum termasuk modal membeli gear fotografi dan perlengkapan lainnya. Jika pada akhirnya hobi ini menghasilkan itu hanya bonus bukan tujuan utama.

6. Bahagia

takdos-adiswhateverbackpacker.com [Takdos]
1. Ambil Satu Konten dan Fokus
Konten adalah hal yang paling penting buat para blogger. Lebih penting dari solat 5 waktu buat orang kristen.

Dengan memilih konten yang kita suka, ngeblog akan jadi jauh lebih menyenangkan. Dan itu, otomatis berimbas kepada pembaca kita yang bakalan tau bahwa blog kita adalah blog berkonten. Contoh, ketika gue mau traveling ke Kalimantan, pasti yang gue cari adalah blog traveling, dong. Atau ketika gue mau beli hape baru, gue bakal liat reviewnya di blog gadget. Bukan di blog bokep. Walaupun di blog bokep suka ada pemain ceweknya yang masturbasi pake handphone. Tapi sumpah itu gak penting.

Nah, dengan memiliki konten yang jelas dan fokus, blog kita akan mendapatkan “branding” yang lebih tahan lama. Dengan branding, akan membuat blog kita punya otoritas dan integritas. Dua hal itu kelamaan akan membentuk “trust” yang bikin apapun yang kita tulis akan dipercaya oleh pembaca. Kayak elu yang sekarang lagi baca blog gue. Onion Head Emoticons 29

2. Design Blog
Kata siapa design blog gak penting? Coba sekarang lu buka blog yang latar belakangnya item, warna tulisannya merah sama ijo, ukuran fontnya 0,5px, ada backsoundnya lagu metal, dan banyak pop up iklannya. Gue jamin, gak lebih dari 30 detik, lu bakal nge-close blog itu. Ya kecuali lu sendiri yang punya itu blog.

Dari 2011, awal gue mulai ngeblog, gue udah ganti design blog sebanyak 4 kali. Kebanyakan gue ganti header dan tata letak widget. Terus design blog kayak gimana yang bagus, atau sekedar bikin nyaman pembaca?

Sederhana. Clear. Berlatar putih (karena gak bikin sakit mata). Font ukuran normal (10px – 14px). Dan tata letak yang rapi dan terstruktur.

3. Lupain SEO, traffic, dan motherfucker lainnya!
Seperti yang udah gue tulis di atas, ngeblog adalah tentang berbagi apapun yang lu suka, lu pengin tulis dan lu pengin bagi. Jangan terdistraksi sama orang-orang. Kalo misal ada orang yang komen “Bro, jangan nulis itu lah..” Atau “Bro, tulisan lu jelek, gak ada gunanya!”

Gampang, jawab aja “Bodo amat, nyet!” Wan Wan Emoticons 46

Inget, ngeblog lah dengan passion dan cinta karena itu lebih menyenangkan. Nulis ribuan artikel sehari juga gak akan kerasa capek kalo sama cinta mah, ya paling jari lu diamputasi, dituker sama jari ayam.

Nah, dengan seperti itu, pembaca akan tau tulisan mana yang asal-asalan, dan tulisan mana yang ditulis dengan cinta. Walaupun tulisan lu sekena jidat.

Cinta, apa itu cinta? Pret!

4. Konsisten
Lagi ngetrip pun gue tetep ngeblog

Ini yang paling susah. Blogger sekelas gue aja (anjaaaaaaaaaaaaaaaaaaay!).. Iya, gue yang udah lebih dari 5 taun ngeblog aja masih susah buat konsisten. Tapi, konsisten ini lah yang paling penting biar blog lu semakin tumbuh cepat.

Contoh, blog ini dulunya dalam sebulan cuma 20 – 40 pageviews doang. Sekarang 4.000 – 6.000 pageviews/ hari. PER HARI! Iya, ini buah dari kekonsistenan gue ngeblog. Wan Wan Emoticons 27

5. Jadilah Diri Sendiri
Lu miskin tapi mau tetep songong? Jadilah travel blogger dengan gaya backpacker, dengan begitu lu masih bisa tetep pamer perjalanan-perjalanan lu yang cuma ngabisin bajet dikit.

Jadi lah blogger berkarakter. Caranya gimana? Jadi diri sendiri.

Gak ada yang maksa lu harus nulis bener. Gak ada yang maksa lu harus nulis pake dalil quran. Gak ada yang maksa lu harus nulis A, B, atau C. Blog lu ya punya lu sendiri, jadi apa yang harus ditakutin buat jadi diri sendiri?

Gaya nulis gue porno, kasar, banyak kalimat anjingnya, tapi bukan berarti gak ada yang mau baca. Bukan berarti gak ada perusahaan yang mau ngajak gue kerjasama.

Pesan gue, ngeblog lah dengan hati. Ngeblog lah untuk kesenangan diri sendiri. Karena itulah yang ngebuat blogging menyenangkan.

N/B : Tips dari Takedos di atas saya ringkas dari laman blog-nya langsung karena memang diminta untuk mengunjungi tips suksesnya langsung dari blog yang ia kelola. Link lengkapnya bisa dikunjungi di sini

katerinaTravelErien.com [Katerina]
Sederhana saja :
-Perbanyak traveling
-Perbanyak blogging
-Perbanyak bergaul dengan para travel blogger, seperti komunitas traveler, dan komunitas travel blogger
-Perbanyak belajar ilmu travel writing
-Selain di blog, sebarkan pengalaman traveling melalui tulisan/foto/video lewat majalah, koran, buku, dan tv.
-Fokus pada satu bidang. Kalau hobinya traveling, konsen saja ke sana. Jadikan branding.
-Ikuti lomba2 bertema traveling. (Menang ga menang kalau sesuai dgn kegemaran pasti hepi2 saja).
-Jangan cepat merasa puas dan bangga dgn yang sudah didapat. Ilmu dan pengalaman itu tidak ada batasnya. Terus belajar dari apa saja dan siapa saja.
-Konsisten.
-Travel blogger itu harus komplit. Bisa traveling, bisa nulis, bisa motret, bisa jadi model hehe, dan bisa menyampaikan hasil tulisannya/foto/video pada publik dengan cara yang tepat sehingga tepat sasaran dan tercapai tujuan.
-Jadi travel blogger jangan baper.
Kalau orang lain diundang jalan2 gratis, jangan iri dan nyinyir. Justru berdoa supaya kita bisa dapat juga. Yakin aja rejeki itu akan mampir juga ke kita. Asal kita fokus dengan blog dan hobi kita, rejeki akan mampir dengan sendirinya. Sudah terbukti, 2 tahun ini saya sudah beberapa kali dapat sponsor yang datang dengan sendirinya tanpa saya undang. Alhamdulillah.
– Jaga selalu semangat untuk ngeblog. Jangan hanya semangat saat traveling he he.
– Aktiflah di sosmed supaya makin banyak yang lihat dan baca tulisan/foto/video traveling kita.

dian-radiata-pngadventurose.com [Dian Radiata]
… jujur saya sendiri masih ngerasa jauh dari kata sukses. Apalagi untuk ukuran travel blogger 🙂

Selama ini, saya ngeblog ya sekadar ngeblog aja. Niatnya murni cuma untuk dokumentasi pribadi dan untuk berbagi informasi aja.

Kalau akhirnya setahun belakangan ini saya sering dapet job, atau undangan gara-gara ngeblog, saya rasa itu bagian dari proses 🙂

Saya ngeblog sejak tahun 2007. Sering ikut lomba-lomba blog. Pernah menang, dan sering kalah 😀

Dari situ saya jadi belajar. Belajar dari tulisan-tulisan para pemenang. Dari situ juga saya jadi makin kenal banyak orang. Dua poin ini yang terus saya jaga (belajar & relasi). Soalnya terbukti, dua poin ini yang alhamdulillah membuka peluang buat saya. Mulai dari tawaran nulis di media, sampai job review dan undangan event 🙂

Jadi buat saya, strategi ampuh supaya sukses jadi travel blogger itu gak pernah berhenti belajar, dan terus jaga hubungan baik dengan teman/siapa pun.

Oiya, satu lagi.. nikmati prosesnya. Jangan maunya serba instan. Soalnya, biasanya yang instan itu kurang baik untuk kesehatan. Contohnya mi instan. Hahahaha…

donna-imeldadonnaimelda.com | @DonnaImelda

Sesungguhnya saya merasa bukanlah blogger top atau hebat dan sukses.

Adalah benar saya menikmati pencapaian2 saya selama dua tahun terakhir sejak saya memutuskan untuk fulltime sebagai blogger selain tetap mengajar sebagai dosen. Namun itu saya pikir bukan berarti saya top atau hebat, masih banyak travel2 blogger hebat yang saya sendiri masih harus belajar dari mereka. Namun kalau pun itu diapresiasi itu lebih karena Tuhan Mahabaik memberikan saya upah atas kesetiaan saya menulis sejak 2009 di Multiply dan berlanjut hingga kini.

Kalau ditanya tips atau resepnya tentu saja hal yang pertama adalah attitude.

Saya bersedia belajar untuk jadi lebih baik dari siapa saja, saya menjaga sikap saya dan mengerjakan pekerjaan saya terkait blogger secara profesional. Saya berusaha untuk selalu rendah hati dan tidak merasa hebat lalu terus menerus meng-upgrade diri.

Jadi nomer satu buat saya adalah attitude, karena ketika saya memutuskan untuk full time maka saya harus lakukan sepenuh hati dan profesional sebagaimana yg saya lakukan di profesi saya yang lain, lalu ulet, tekun, dan penuh komitmen menjalankannya.

Saya tak segan berguru, mengejar banyak event dan workshop demi memperluas wawasan, menjadi pintar, menebar networking dan membina jejaring.

Pantang buat saya menelikung atau berbuat curang apalagi shortcut untuk kesuksesan atau pencapaian, apalagi cuma sekedar uang atau ketenaran.

Saya bersedia untuk win win solution dengan brand dan klien dalam kerja sama meski harus menurunkan rate card, tapi relationship jangka panjang buat saya itu lebih penting dan terbukti cara itu melahirkan banyak peluang baru, jejaring baru dan akhirnya mendatangkan hasil yang terus bertambah.

Attitude, profesionalisme dan skill mungkin ya kata kuncinya.

Itulah rangkuman tips dari para travel blogger sukses di Indonesia!

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para travel blogger terbaik Indonesia yang bersedia meluangkan waktunya untuk diwawancarai…meskipun oleh saya yang bukan siapa-siapa. [Baca juga :Perjalanan Hidup Sebagai Seorang Blogger]

So, itulah tips yang kamu butuhkan untuk menjadi seorang travel blogger yang sukses.

Semua tips tersebut pastinya sudah teruji. Tidak perlu diragukan lagi karena mereka sudah membuktikannya.

Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah mencobanya sendiri.

Satu hal lagi ya :

Bila kamu menemukan beberapa tips yang nampaknya bertentangan dan bingung mana tips yang benar?

Hemat saya, kedua-duanya benar.

Penerapannya tergantung dari jenis blog dan pribadi masing-masing.

Singkatnya…lihatlah jenis blog yang mereka miliki, gaya-nya dan lihat blog yang kamu miliki. Ikuti saja yang sesuai dengan gaya kamu sendiri.

Anda tertarik berpartisipasi dan berbagi tips sukses menurut Anda sendiri?

Jawab pertanyaan ini ya;Bagaimana cara menjadi travel blogger professional dan sukses ? Tulis jawaban Anda melalui komentar di bawah ini.

Notes : Tips Sukses Menjadi Seorang Travel Blogger di atas bisa akan saya update kembali bila ada jawaban yang masuk dari travel blogger top Indonesia ke email saya yang menyusul di kemudian hari.

21 thoughts on “Mau Menjadi Travel Blogger Sukses, Inilah Tips Dari Para Travel Blogger Terbaik di Indonesia

  1. Keren! Pengen banget kayak mereka. Travel blogger itu selain kudu konsisten nulis, kudu konsisten juga jalan-jalan. Nah kadang konsisten jalan-jalan itu yang sulit, kepentok cuti atau budget. =D

  2. sharingnya inspiratif sekali mas, semoga kita bisa mengikuti jejak dan “passion” mereka ketika nge-blog.

    Sangat bisa hal ini direkomendasikan ke teman2 yang lain, terutama para blogger bangka belitung agar tertular suksesnya. 🙂

    salam sukses ya

  3. Pas dulu sempat nemani Om Cumi di Jogja dia selalu bilang yang penting nulis. Hahahahha.
    Kalau aku pribadi emang paling penting nulis sih, sekarang ditambah tulisan yg lebih mendalam dan kalau bisa fotonya dibuat lebih baik.

  4. Ini baru artikel yang saya cari2, rangkuman tips dari traveler yang sudah ‘terbukti’ berhasil. Sangat inspiratif, semoga bisa mengikuti jejak mereka, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *