Manfaat Pariwisata

“Pariwisata tak pernah mati” Adi Tirtawisata.tourism

Sungguh, tak sulit menemukan alasan kenapa begitu banyak orang terjun dalam dunia pariwisata. Selain mengikuti passion, aku sendiri terpikat karena hampir setiap kegiatan pariwisata selalu menyentuh dan melibatkan masyarakat sekitarnya.

Dampak signifikan dari sektor pariwisata terhadap masyarakat secara langsung dari berbagai aspek juga menjadi daya tarik tersendiri bagiku untuk menekuni bidanga ini. Apalagi dalam 3 tahun terakhir, industri ini telah mengubah banyak warna dari kisah perjalanan hidup dan bisnisku.

Berbagai manfaat nyata dari sektor pariwisata lainnya tentu bisa kita lihat dengan berbagai perspektif. Dari sisi ekonomi misalnya, dunia pariwisata Indonesia sukses menyumbang devisa yang cukup besar bagi Negara. Pada tahun 2013 saja, pariwisata Indonesia sukses menyumbang  devisa hingga 10,05 miliar dollar AS.

Dari sisi budaya, pesatnya perkembangan industri pariwisata juga telah membawa pemahaman dan pengertian antar budaya melalui interaksi pengunjung wisata (turis) dengan masyarakat lokal tempat daerah wisata tersebut berada. Bali merupakan contoh sempurna untuk kasus ini. Begitu juga dengan wisata Jogja.

Bila diuraikan lebih jauh manfaat nyata dari sektor ini tentu sangat panjang. Meski tak semua orang setuju, namun sektor ini telah terbukti.

Secara pribadi hasratku untuk terus berkarya dalam dunia pariwisata Indonesia terus menggebu. Meski memulainya dari tanah kelahiran (Bangka Belitung), kini aku telah beranjak ke lingkup yang lebih luas yakni, tanah air ku.

Di tingkat lokal Bangka Belitung aku dan team telah menjalankan Visit Babel. Sedangkan untuk pengembangan bisnis kami telah membangun JAGOOTravel.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More…

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *