Lombok, Destinasi Wisata Domistik Yang Kian Populer

Setelah dua pekan alpa tanpa pembaruan. Kali ini saya akan mengisi blog ini dengan artikel seputar destinasi wisata domistik. Seri tulisan tentang berbagai destinasi wisata lokal ini sebetulnya telah saya garap pada tahun 2014 lalu. Artikelnya cukup banyak. Awalnya deretan artikel ini saya garap untuk keperluan sebuah projek. Namun, karena satu dan lain hal, proyek tersebut dihentikan.

So, daripada nganggur di PC pribadi, rasanya akan lebih bermanfaat bila saya publikasikan saja. Barangkali ada yang membutuhkan informasinya. Untuk pekan ini saya memilih mengenalkan Lombok.

Meski belum setenar Bali, Lombok merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Nusa Tenggara. Tempat ini memiliki beragam pesona wisata menakjubkan, baik di darat maupun dilaut. Lombok merupakan destinasi wisata yang harus Anda masukkan dalam daftar rencana liburan di Indonesia.

Berbagai aktiftas menarik bia dilakukan di Lombok. Jika passion anda adalah petualangan, cobalah mendaki ketinggian gunung Rinjani. Pendakian gunung megah ini setidaknya memakan waktu tiga hari. Puncak gunung Rinjani akan membuah kelehan Anda dengan pemandangan alam Indonesia yang luar mengagumkan.

Selanjutnya, pantai-pantai yang exotic merupakan daya tarik wisata lombok yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa berenang, berjalan menyusuri pantai, berenang, menyelam, hingga berselancar. Apapun aktivitas dan tempat yang anda pilih, Anda tidak akan kecewa dengan kecantikan alam yang spektakuler di Lombok.

gunung rinjani lombokSejumlah pantai yang populer di Lombok, antara lain Pantai Senggigi, Pantai Gili Trawangan, dan pantai Tuta. Pantai Senggigi terkenal akan kejernihan air lautnya dan pasir putihnya. Wisatawan biasanya ke Senggigi untuk diving, snorkeling ataupun bermain kano. Kehidupan di pantai ini tidak pernah mati, meskipun malam hari masih terdengar alunan musik yang keluar dari berbagai kafe dan resto-restoyang ada disana.

Sedangkan Gili Trawangan merupakan salah satu dari 3 pulau kecil (3 Gili) terkenal di Lombok. Nama Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ibarat magnet dan selalu membuat wisatawan terpesona oleh keindahannya dan betah berlama-lama menghabiskan liburan.

Selain Pantai dan pegunungan, wisata Lombok terasa belum lengkap tanpa bercengkerama dengan masyarakat tradisional di dusun Sade. Inilah salah satu dusun tradisional (desa wisata) yang masih asli di Lombok. Rumah penduduk di dusun Sade dibangun dari konstruksi bambu dengan atap dari daun alang-alang. Disamping arsitektur rumah, sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka masih sangat kental dengan tradisi masyarakat Sasak tempo dulu. Hingga kini penduduk Sade masih memegang teguh adat dan tradisi-nya.

Saat ini akses transportasi untuk liburan ke Lombok sangat terbuka. Sudah banyak penerbangan dan pelayaran menuju ke tempat ini.

lombok rinjaniGili Trawangan, Gili Meno daan Gili Air
Banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Lombok untuk berbulan madu atau hanya sekedar ini rekreasi bersama keluarga atau dengan para sahabat. Pantai Senggigi merupakan magnet wisata Lombok yang takkan oleh wisatawan yang datang ke sini.

Selain Pantai Senggigi, tiga pulau eksotis (yang di sebut dengan nama Gili) ini menjadi destinasi paling favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Tiga pulau atau Gili ini adalah Gili Trawangan, Gili Meno daan Gili Air.

Gili Trawangan
Laut di Gili Trawangan sangat bersih dengan dragasi warna biru yang indah. Dari bibir pantai di kejauhan anda bisa melihat Gunung Agung di Bali dan Gunung Rinjani yang mengagumkan.

Di sebelah barat Gili Trawangan terdapat Sunset View yang cocok untuk melihat keindahan matahai terbenam. Di sore hari tempat ini akan ramai dengan wisatawan yang duduk-duduk sambil menunggu matahari terbenam.

Beberapa cafe dan bar di Gili Trawangan menyediakan life musik, mulai dari musik modern top 40 sampai dengan musik reggae yang sangat asik dinikmati di suasana malam hari. Sementara itu tidak jauh dari pelabuhan Gili Trawangan, terdapat area konserfasi kira-kura.

Gili Trawangan merupakan pusat aktivitas diving ternama di Lombok. Terdapat banyak spot diving yang ada di sekitar Gili Trawangan dan sekitarnya. Bebrapa spot yang sudah terkenal antara lain Coral Fan Garden, Halik Reef, Trawangan Slope, Bounty Reef, dan tak ketinggalan Shark Point, Jack Point.

lombokGili Meno
Gili Meno terletak di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, sangat tepat untuk anda yang mengidamkan relaksasi. Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan nuansa alami pantai tropis yang menenangkan. Sepanjang pesisir pantainya masih dipenuhi oleh pepohonan bakau yang rimbun.

Gili Air
Walaupun hanya sebuah pulau kecil, Gili Air sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai mulai dari transportasi, akomodasi hotel dan penginapan, restoran, diskotik, cafe, sampai tempat ibadah tersedia semuanya lengkap.

Tempat ini cocok untuk menikmati liburan keluarga. Anda bisa berenang, snorkling, berjalan menyusuri pantai, atau berjemur dibawah cuaca tropis yang hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *