Jembatan Emas, Ikon Baru Pariwisata Bangka Yang Lagi Hits

Jembatan emas menjadi tempat wisata baru yang sedang hits dan sangat cocok untuk tempat santai, nongkrong dan menghabiskan weekend di dekat kota Pangkalpinang. Tempat ini sangat ramai saat sore hari khususnya di akhir pekan.

Jembatan Emas ini adalah sebuah jembatan sepanjang 785 meter, dengan lebar 23 meter, membentang di atas sungai Pangkalbalam menggunakan teknologi canggih dimana jembatan bisa dibuka dan ditutup. Tidak ada unsur emas logam atau emas batangan pada jembatan ini.

Saya mengetahuinya setelah menyaksikan sendiri keramaian di tempat ini akhir pekan kemarin. Dari ujung jembatan bagian utara hingga ke ujung bagian selatan masyarakat nampak sangat di sisi kiri-kanan jembatan. Sebagian besar pengunjung nampaknya adalah rombongan muda-mudi.

Sebagian pedagang asongan nampak memanfaatkan suasa keramaian itu untuk menjajakan barang dagangannya. Ada yang jualan buah, es krim, manisan, pakaian, aneka minuman dan lain-lain. Meski aktivitas tersebut di larang tapi pengunjung juga nampak senang dengan kehadiran aneka jajanan tersebut.

Di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan matahari sore yang cukup cantik. Kita juga bisa berfoto ria di berbagai sudut jembatan untuk mencari spot selfie terbaik. Kalau sudah puas di atas jembatan anda bisa bersantai di pantai Koala yang letaknya persis di ujung jembatan emas ini.

Di pantai koala pengunjung bisa mandi dan berenang di pantai, foto-foto, jalan-jalan menyusuri bibir pantai hingga mengajak anak-anak mencoba aneka permaianan. Bagi yang suka ketenangan anda bisa memilih salah satu sudut di pantai untuk menikmati pemandangan jembatan dari kejauhan, melihat laut lepas dan ombak menikmati es kelapa muda yang menghoda untuk melepas dahaga.

Keseruan itulah yang menjadi daya tarik kawasan jembatan emas ini. Jembatan emas ini juga kian cantik saat malam hari. Lampu-lampu aneka warna yang di pasanga di atas jembatan emas membuat pemandangan di tempat ini menjadi semakin romantis dan menakjubkan.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, anda bisa mengunjungi jembatan ini dengan mudah. Ya, anda hanya perlu berkendara sekitar 20-30 menit dari Bandara Depati Amir atau pelabuhan Pangkalbalam.

Objek wisata ini juga sudah banyak di tawarkan oleh travel agent lokal yang di tawarkan dalam bentuk paket wisata Bangka. Anda juga bisa mengunjungi jembatan emas menggunakan jasa sewa mobil di Bangka.

jembatan emas bangka
Jembatan Emas Bangka

Sekilas Tentang Jembatan Emas Bangka

Setelah 7 tahun berlalu, akhirnya pembangunan Jembatan Emas yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat di Provinsi Bangka Belitung.

Pembangunan jembatan ini menghabiskan dana Sekitar Rp400 miliar. Nama jembatan ini diambil dari akronim nama mantan Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali Soeharso (alm), dan kini sukses menjadi ikon baru pariwisata, di Provinsi Bangka Blitung.

Hebatnya, jembatan ini satu-satunya yang memakai teknologi bascule atau sistem buka tutup, di regional Sumatera, yang proses pengerjaannya memakai konsultan ahli dari Inggris, sehingga terlihat sangat megah.

Dari atas jembatan ini, kita bisa menyaksikan keindahan Pantai Air Anyir, Pasir Padi yang terletak di Komatadya Pangkalpinang, dan PLTU Air Anyir.

Jembatan Emas ini sebetulnya mulai dioperasikan sejak 2017 awal. Jembatan dengan teknologi bascule ini, sekarang menjadi satu-satunya di Indonesia. Jembatan ini menandai juga pembukaan daerah baru, yakni Lintas Timur Pulau Bangka.

Dengan demikian, perekonomian Bangka yang selama ini didominasi sektor industri timah bisa lebih merata kepada sektor ekonomi masyarakat lainnya. Akses itu, dimulai dari Jembatan Emas tersebut.

Dalam sehari, jembatan ini akan buka tutup 2-3 kali, dengan nilai investasi yang mencapai Rp26 juta perbulan, dan langsung masuk ke dalam APBD Provinsi Bangka Blitung. Cost yang dipakai untuk buka tutup ini bisa mencapai Rp26 juta perbulannya.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More…

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *