Inilah Pesona Danau Toba

Danau Toba adalah danau vulkanik dengan luas 1.145 kilometer persegi. Danau ini merupakan danau terluas di Asia Tenggara dan sekaligus menjadi danau terdalam dan terbesar kedua di dunia. Di tengahnya berdiam sebuah pulau exotic yang diberi nama pulau Samosir. Dari kota Medan perjalanan menuju danau Toba membutuhkan waktu sekitar 5 Jam perjalanan.

Danau Toba diperkirakan para ahli terbentuk setelah letusan gunung api super sekira 73.000-75.000 tahun lalu. Letusannya sempat merubah iklim dunia dan membawa dunia ke dalam zaman es. Letusan raksasa itu konon hampir memusnahkan manusia di dunia ini.

Masyarakat sekitar danau Toba percaya bahwa danau ini merupakan tempat tinggal Namborru (tujuh dewi nenek moyang Suku Batak). Makanya setiap kali suku Batak melakukan upacara di sekitar danau mak, mereka terlebih dahulu harus berdoa dan meminta izin Namborru.

Kini danau Toba merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di indonesia. Tempat ini belum seramai Bali, jadi sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai. Anda dapat menikmati pemandangan Danau Toba yang spektakuler dari Kota Parapat.

danau tobaAnda juga bisa menikmati keindahan tak terlupakan saat menaiki kapal ferry menuju pulau Samosir. Di pinggiran Danau Toba juga terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona.

Selain menikmati keindahan alam dan danau yang luas, keramahan penduduknya akan membuat perjalanan Anda semakin terkesan. Anda juga bisa melihat objek wisata lain seperti melihat kuburan batu, Simando, Ambarita (meja batu tempat hukuman tradisional Batak) atau berenang di kolam air panas alami di pulau Samosir yang berada di tengah danau Toba.

Hotel dengan harga bervariasi, bungalow, villa dan guesthouse, hingga homestay cukup banyak di Parapat. Di pulau Samosir, Tuk Tuk adalah tempat yang strategis untuk menjelajahi pulau sekitar dan memiliki fasilitas yang nyaman. Di sini terdapat banyak hotel hingga penginapan kelas melati dengan kondisi bersih dan nyaman.

Sementara itu Anda dapat membeli cenderamata berupa kaos dan aksesoris seperti kalendar Batak kuno dengan tulisan asli Batak, gitar Batak dari kayu dan beragam souvenir unik lainnya di Parapat. Atau jika ingin membeli oleh-oleh unik dan antik Anda bisa berbelanja di Samosir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *