Exotisme Mentawai Island, Sumatra Barat

Anda hobi berselancar?

Kepulauan Mentawai adalah tempat sempurna untuk menantang adrenalin Anda. Inilah Hawaii-nya Indonesia yang lengkap dengan beberapa spot exlusif-nya. Pulau Nyangnyang, Karang Majat, Masilok, Botik, dan Mainuk merupakan tempat terbaik untuk berselancar.

Pada bulan Juli dan Agustus ketinggian ombak di Mentawai bisa mencapai 7 meter. Destinasi wisata ekstrem ini merupakan daya tarik tersendiri dan sangat terkenal dikalangan para pencinta selancar dunia.

Ombak di kepulauan Mentawai memang spektakuler, bahkan didapuk sebagai salah satu ombak selancar terbaik di dunia. Sebanyak 23 spot di antaranya bahkan berskala internasional. Pesona inilah yang membuat Kepulauan Mentawai sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara sebagai salah satu tempat berselancar paling menantang di dunia.

mentawaiKini hampir setiap tahun, Mentawai ditunjuk sebagai penyelenggara World Champions Surfing Series atau Seri Kejuaraan Dunia Selancar Air yang dijadwalkan tiap bulan Agustus.

Selain ombak yang besar, pantai-pantai di Mentawai juga sangat exotis, dengan aris pantai sepanjang 758 km. Turis dari berbagai negara biasanya datang untuk menikmati berbagai atraksi di wilayah pantai. Selain itu keaslian dan keasrian hutan di Mentawai akan menjadi pengalaman berkesan untuk Anda.

Mentawai juga diperkaya oleh beberapa spesies endemik yang dilindungi diantaranya adalah primata, yaitu Simakobu atau monyet ekor babi (Simias concolor), Bilou atau siamang kerdil (Hylobates klossii), Joja atau lutung Mentawai (Presbytis potenziani), Bokkoi atau beruk Mentawai (Macaca siberut).

Dengan segala exotisme yang dimilikinya membuat Kepulauan Mentawai menjadi salah satu tujuan wisata petualangan, budaya dan bahari yang sangat menarik dikunjungi.

Kepulauan Mentawai adalah bagian dari Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Mayoritas penghuni kepulauan ini adalah suku Mentawai. Kepulauan Mentawai terdiri dari rangkaian pulau non-vulkanik dimana gugusan kepulauannya merupakan puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut. Empat pulau yang membentuk Kepulauan Mentawai yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Kepulauan Mentawai juga menawarkan atraksi trekking menempuh pedalaman hutan tropis yang masih asli, menikmati gaya hidup masyarakat adat yang tinggal damai di dalamnya. Mentawai adalah sebuah daerah yang belum terjamah banyak oleh tangan manusia dan infrastruktur modern.

Akses untuk menuju Kepulauan Mentawai masih mengandalkan kapal motor yang hanya sanggup beroperasi dua kali dalam seminggu, yaitu Minggu malam (Kapal Sumber Rezeki Baru) dan Kamis malam (Kapal Simasin).

Belum banyak pelaku bisnis tour and travel mau pun biro perjalanan yang melayani trip ke daerah yang satu ini. Padahal kepulauan Mentawai sudah demikian populer dikalangan wisatwan mancanegara. Bagi teman-teman yang ada dimentawai rasanya peluang untuk membangun bisnis travel khususnya layanan paket tour Mentawai layak dilirik 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *