Berbagai Istilah Populer Dalam Dunia Pariwisata

10990555_406990336135990_22530771_aSetiap industri tentu memiliki berbagai istilah masing-masing. Berbagai istilah itu sangat penting untuk diketahui oleh siapa saja yang menggelutinya. Begitupun dengan dunia pariwisata. Berbagai istilah yang lazim digunkan dalam industri pariwisata mau tidak mau harus diketahui dengan baik oleh mereka yang menekuni bidang ini.

Nah, berikut ini saya ulas sejumlah istilah yang populer dan sering dijumpai dalam bisnis jasa pariwisata :

Wisata (Ingg: Tour) perjalanan/kunjungan kedaerah yang memiliki daya tarik dan dilakukan untuk tujuan santai dan bersenang-senang.

Pariwisata (Ingg: Tour) perjalanan yang ditempuh untuk sementara waktu, lebih dari 24 jam yang diselenggarakan tidak untuk bisnis tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan dengan bersenang-senang dan dan hiburan lain dan mencari kesan/memori yang menyenangkan.

Perjalanan (Ingg: Travel), pergerakan dari satu tempat ke tempat lain yang bertujuan untuk melakukan suatu kegiatan seperti bekerja/dinas , berdagang, berobat, ziarah, melihat sesuatu obyek/tempat yang menarik ataupun mengunjungi sanak keluarga.

Pramuwisata adalah “ seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya “

Produk Wisata adalah seluruh unsur kepariwisataan baik berupa jasa pelayanan dan fasilitas-fasilitas wisata serta kemudahan-kemudahan maupun atraksi wisata, yang dinikmati wiasatawan selama dia berwisata, sejak mulai meninggalkan tempat tinggalnya sampai ia kembali lagi.

Wisatawan (Ingg : Tourist), Orang yang melakukan perjalanan wisata Definisi wisatawan ini ditetapkan berdasarkan rekomendasi International Union of Office Travel Organization
(IUOTO) dan World Tourism Organization (WTO). Wisatawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang melakukan perjalanan ke sebuah atau beberapa negara di luar tempat tinggal biasanya atau keluar dari lingkungan tempat tinggalnya untuk periode kurang dari 12 (dua belas) bulan dan memiliki tujuan untuk melakukan berbagai aktivitas wisata. Terminologi ini mencakup penumpang kapal pesiar (cruise ship passenger) yang datang dari negara lain dan kembali dengan catatan bermalam.

HPI = Himpunan Pramuwisata Indonesia

Daya Tarik Wisata adalah sifat yang dimiliki oleh suatu obyek berupa keunikan, keaslian, kelangkaan, lain dari pada yang lain memiliki sifat yang menumbuhkan semangat dan nilai bagi wisatawan.

Check-in adalah proses pelaporan untuk mendapatkan pelayanan berupa akomodasi, fasilitas di penerbangan dan pelayanan lainnya. Contohnya check-in di hotel atau di bandara.

Check-out adalah proses pelaporan setelahselesai menggunakan fasilitas. Contohnya check-out dari hotel

City Guide adalah Pramuwisata yang memberikan informasi mengenai hal-hal penting dalam sebuah kota, biasanya dalam pelaksanaan pekerjaannya menggunakan bis wisata, minibus atau kendaraan jenis van namun adapula di beberapa kota pelaksanaannya dengan berjalan kaki

Driver guide adalah pramuwisata yang terkadang memiliki dua fungsi baik sebagai pramuwisata terkadang pula sebagai pengemudi

High Season adalah musim dimana pelaku perjalanan baik umum maupun wisata pada tingkat volume tinggi, biasanya pada saat liburan panjang atau hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan Libur Panjang Sekolah.

Low Season kebalikan dari high season dimana pelaku perjalanan baik umum maupun wisata pada tingkat volume rendah.

Obyek Wisata adalah tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata, yang dibangun dan dikembangkan, sehingga mempunyai daya tarik dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan.

Special Guide adalah pramuwisata yang mempunyai keahlian atau keterampilan yang unik atau spesial

Sumber Daya Wisata adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya buatan dan sumber daya alam yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai obyek wisata.

Transfer-in adalah pelayanan kedatangan wisatawan di bandara/pelabuhan/terminal/stasiun dimana wisatawan pertama kali tiba atau ditangani oleh seorang pemandu wisata.

Transfer out adalah pelayanan keberangkatan wisatawan di bandara/pelabuhan/terminal/stasiun dimana wisatawan terakhir kali berada di wilayah pelaksanaan perjalanan wisatanya yang diberikan oleh seorang pemandu wisata.

Usaha jasa konvensi, perjalanan insentif dan pameran (MICE) adalah usaha dengan kegiatan pokok memberikan jasa pelayanan bagi satu pertemuan sekelompok orang (misalnya negarawan, usahawan, cendekiawan) untuk membahas masalah-masalah
yang berkaitan dengan kepentingan bersama;

Usaha jasa pramuwisata adalah kegiatan usaha bersifat komersial yang mengatur, mengkoordinir dan menyediakan tenaga pramuwisata untuk memberikan pelayanan bagi seseorang atau kelompok orang yang melakukan perjalanan wisata;

Wisata Agro adalah suatu bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro sebagai obyek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi dan hubungan usaha dibidang agro.

Closing adalah bagian akhir dalam pemberian informasi yang disampaikan oleh seorang pramuwisata/pemandu wisata kepada wisatawan

Commentary adalah bagian inti dalam pemberian informasi yang disampaikan oleh seorang pramuwisata/pemandu wisata kepada wisatawannya

Pax adalah istilah yang digunakan sebagai pengganti passenger atau peserta tour

Jasa konsultasi pariwisata adalah jasa berupa saran dan nasehat yang diberikan untuk penyelesaian masalah-masalah yang timbul mulai dan penciptaan gagasan, pelaksanaan operasinya dan disusun secara sistematis berdasarkan disiplin ilmu yang diakui serta disampaikan secara lisan, tertulis maupun gambar oleh tenaga ahli profesional;

Tentu saja masih banyak istilah lain yang populer dalam industri pariwisata. Berbagai istilah pariwisata diatas hanyalah sebagian kecil dan umumnya sering dipakai dalam operasional keseharian bisnis tour and travel.

Berbagai istilah tersebut disarikan dari berbagai sumber. Jika Anda memiliki istilah lainnya yang kebetulan belum disebutkan dalam tulisan ini, silahkan sharing pada kolom komentar dibawah ini.

4 thoughts on “Berbagai Istilah Populer Dalam Dunia Pariwisata

  1. Dari saya mungkin istilah Mass Tourism, Green Tourism, Dark Tourism dan tentunya apa yang saat ini dikenal dengan istilah CBT (Community Based Tourism)….. oke gan smua….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *