Bangka Punya Cerita: Pasir Padi Bay

Pasir padi bay

Ada destinasi wahana air baru di Bangka Belitung, Indonesia yang dicanangkan dengan cukup matang. Adalah Water Park Pasir Padi Bay nama tempat wisata itu. Pasir Padi Bay, Taman Hiburan Asik dan Terbesar di Bangka. Rencananya selain Water Park, di kawasan ini juga akan dibangun area outbond, eco park, plaza, mal, hotel, hingga kebun binatang.

Konsep Pasir Padi Bay menyerupai Ancol namun dilengkapi dengan kebun binatang. Lokasinya terletak di Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wahana kece itu dibangun diatas lahan seluas 4 hektare dan kabarnya menghabiskan dana lebih dari Rp 100 miliar. Ini bukan project pemerintah daerah tapi murni investasi dari pihak suwasta.

Setelah beberapa kali hanya melihat dari luar progress dan penampakan pembangunan kawasan wisata baru di kawasan pantai Pasir Padi itu, akhir pekan lalu saya mengajak istri dan 2 keponakan untuk masuk ketempat ini.

Tampaknya kawasan ini memang masih jauh dari selesai. Saat kami masuk masih nampak sejumlah kendaraan proyek dan di sana-sini juga masih terlihat dalam proses pengerjaan. Bila melihat masterplan-nya Water Park Pasir Padi Bay ini mungkin belum sampai setengahnya yang terealisasi dari rencana pembangunan keseluruhan.

Kabarnya di area ini akan dibangun seluncuran baru di tahun 2019 mendatang. Seluncuran di atas bukit itu katanya akan menjadi yang pertama dan tertinggi di Indonesia.

Meski begitu, aneka permainan wahana air di Water Park Pasir Padi Bay bisa menjadi alternatif berwisata selain wisata pantai pasir padi itu sendiri. Tempat ini, setidaknya untuk saat ini hanya cocok bagi masyarakat lokal dan belum terlalu menarik bagi turis yang berkunjung ke Bangka.

Mungkin nanti, saat kawasan ini benar-benar rampung. Kabarnya Selain Water Park, secara bertahap di kawasan ini juga akan dibangun Shopping Mall, taman burung, dan Beach House mewah.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Kawasan Water Park Pasir Padi Bay lokasinya terletak di sebelah barat Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. Bisa ditempuh sekitar 10-20 menit dari jantung Kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memang berlokasi sangat dekat dengan Bandara Depati Amir dan hotel berbintang di Kota Pangkalpinang.

Saat masuk ke pantai ini anda dikenakan biaya kendaraan sebesar Rp 4.000 untuk mobil. Untuk masuk ke Water Park Pasir Padi Bay, kebetulan weekend jadi kami dikenakan biaya Rp 35-ribu per orang. Harga tiket lebih murah kalau anda tidak mandi.

Yang Menarik dilakukan di dalam Pasir Padi Bay

Saat ini kawasan wisata baru di pantai pasir padi ini sangat cocok untuk anda yang liburan membawa anak-anak. Bisa jadi tempat menarik juga bagi anak-anak muda atau pengunjung yang suka berenang. Karena tersedia banyak sekali jenis permainan air untuk anak-anak. Kedalaman kolam juga bermacam-macam bisa disesuikan dengan usia anak anda.

Bagi yang ingin berenang tersedia juga kolam dewasa yang cukup luas dan nyaman. Semua kolam terletak di luar ruang alias outdoor. Jadi pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar sambil berendam atau berenang di kolam.

Fasilitas bilas dan musholla juga sudah tersedia meski masih sederhana. Tempat parkir sangat luas, jadi anda bisa langsung masuk dan parkir dengan nyaman. Kecuali saat weekend tempat ini masih agak sepi pada hari biasa.

Setelah puas berenang kita bisa menikmati aneka makanan dan minuman di cafee yang terdapat di samping kolam renang. Dengan sajian life musik oleh band lokal, nongkrong ditempat ini cukup menyenangkan.

Uniknya untuk belanja di cafee dan resto di dalam kawasan water park ini anda tidak bisa menggunakan Uang cash atau gesem credit card. Pengunjung harus mengisi saldo khusus yang ada di pintu masuk dan menukarnya dengan sajian yang diinginkan.

Pada saat masuk, setelah membayar tiket pengunjung akan diberikan kartu masuk dan gelang kertas yang kece. Gelang yang dikenakan tidak boleh hilang atau anda akan dikenakan denda.

Itulah sekilas tentang pasir padi bay yang di canangkan sebagai kawasan wisata water park terbesar di Bangka.

Bagi pengunjung dari luar kota, anda bisa menikmati kawasan ini menggunakan layanan rental mobil Bangka untuk membantu memudahkan kebutuhan transportasi anda. Bila tak ingin repot anda bisa menggunakan jasa paket wisata Bangka.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *