10 Objek Wisata Belitung yang Unik dan Menarik Untuk Dikunjungi

Banyak Objek wisata Belitung yang harus menjadi detinasi wajib dimasukkan dalam daftar list Anda bila sedang berencana untuk berlibur ke Negeri Laskar Pelangi ini. Apalagi liburan barengkeluarga. Pulau Belitung adalah bagian dari provinsi Bangka Belitung yang merupakan sebuah provinsi yang namanya berasal dari dua buah pulau utama yakni pulau Bangka dan pulau Belitung atau sering juga disingkat menjadi Ba-Bel.

belitung islandProvinsi yang satu ini memiliki ratusan pulau yang unik, menarik dan luar biasa indah pemandangannya. Namun hanya puluhan saja yang berpenghuni, selebihnya tidak berpenghuni. Bila Anda termasuk traveler yang menyukai tantangan dan petualangan maka Anda wajib untuk mengunjungi Kepulauan Bangka Belitung. hehe

Dulunya Belitung merupakan destinasi wisata yang tersembunyi dan belum banyak dikenal publik karena kurang terekspose oleh media. Namun sejak Film yang berjudul Laskar Pelangi yang dibuat berdasarkan buku karya Andrea Hirata dirilis dan ternyata mampu menarik perhatian publik, bahkan menjadi sebuah film box office, keindahan objek wisata Belitung mulai mendapat perhatian para traveler baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Bila Anda sedang menyusun rencana liburan tahunan Anda, maka Belitung nampaknya Harus Anda masukkan kedalam list tempat liburan pilihan Anda selanjutnya. Dibawah ini akan saya bagikan uraian singkat tentang 10 objek wisata Belitung yang unik, menarik dan wajib Anda kunjungi :

Tanjung kelayang1. Pantai Tanjung Kelayang

Berlokasi Pulau Belitung tepatnya di bagian utara, Pantai Tanjung Kelayang merupakan pantai yang menjadi destinasi wisata yang harus Anda kunjungi, salah satu ciri khas dari pantai ini adalah susunan Batu Kelayang terpilih menjadi maskot Sail Wakatobi – Belitung pada tahun 2011.

Keunikan lainnya dari pantai ini adalah memiliki dua bagian yaitu bagian pantai sebelah timur ada hamparan pasir putih yang mempesona, sedangkan di bagian barat ada gugusan atau kumpulan batu granit yang eksotis. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan cara menyelam, berenang, memancing, berjemur dan berbagai fasilitas atraksi air yang tersedia.

pantaibelitung2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini menjadi sangat populer sejak digunakan sebagai lokasi syuting film yang berjudul Laskar Pelangi, berlokasi di bagian utara Belitung, dengan jarak 37 km dihitung dari Tanjung Pandan. Memiliki air laut yang jernih kebiruan, pasir putih dan juga batu granit raksasa yang menjadikan pantai ini menjadi lebih unik, menarik dan eksotis.

Berenang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan di pantai ini, karena ombaknya yang relatif tenang, jadi tidak perlu khawatir akan terbawa ombak. Bila Anda sudah lelah berenang, ditepian pantai ada banyak warung yang menyediakan makanan seafood yang akan melengkapi liburan Anda.

ll3. Pulau Lengkuas

Objek wisata Belitung yang ketiga ini masih di area yang sama dengan kedua pantai diatas, yaitu di sebelah utara Pulau Belitung, hanya butuh sekitar 30 menit untuk menyeberang ke Pulau Lengkuas. Salah satu ciri khas yang menarik di pulau ini adalah adanya mercusuar bersejarah yang di dirikan pada tahun 1882, dan bila Anda memiliki tenaga yang cukup, dengan memanjat mercusuar ini Anda akan melihat pemandangan keindahan jejeran pantai yang tersusun di Belitung.

4. Pulau Pasir

Diberi nama pulau pasir, karena memang sebenarnya pantai ini merupakan tumpukan sebuah daratan hanya tersusun dari pasir, dan ketika air laut mengalami surut maka akan terbentuk sebuah tumpukan pasir yang mirip dengan pulau. Dan bila air laut sedang pasang maak daratan ini akan kembali tenggelam di bawah air laut. Pulau ini banyak disinggahi wisatawan saat air laut surut untuk singgah melihat pemandangan yang sangat unik dan indah di Pulau Pasir.

5. Kawasan Pantaiand Resort Bukit Berahu

Tempat ini bisa dikatakan telah dikelola dengang sangat baik, Bukit Berahu merupakan perpaduan antara bungalow, villa, dan restoran di sebuah pantai yang indah di Pulau Belitung. Anda akan takjub melihat keindahan pantai berpasir putih dan air lautnya yang jernih dan berwarna hijau kebiruan.

Salah satu keunikan dari tempat ini adalah Anda harus menuruni anak tangga sebanayk 97 buah untuk bisa mencapai bungalow di Bukit Berahu, jadi siapkan sandal atau sepatu tanpa hak Anda. Bungalow dan pantai menjadi bagian yang tidak terpisahkan, sehingga Anda bisa merasakan nikmatnya beristirahat di bungalow sambil menikmati sensasi pantai pribadi yang mungkin tidak dapat Anda temukan di tempat yang lainnnya di Belitung.

pesona danau kaolin belitung6. Danau Kaolin

Sebenarnya tempat ini bukanlah tempat wisata untuk masyarakat umum, akan tetapi karena banyaknya fotografer yang telah mengambil objek-objek gambar di tempat ini, sehingga semakin banyak orang yang penasaran untuk bisa melihat tempat ini, sehingga cukup banyak agen perjalanan wisata yng menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata.

Danau Kaolan sesungguhnya adalah salah satu dari tempat pertambangan di Belitung. Bila dilihat pemandangan di Kaolan hampir mirip dengan “Kawah Putih” yang ada di Bandung. Disini Anda dapat melihat perpaduan antara kaolin yang berwarna putih dengan air danau yang berwarna biru muda.

7. Pantai Nyiur Melambai

Pantai yang terletak di Desa Lalang, Mangar, Belitung Timur. Pantai Nyiur Melambai merupakan saah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, sehingga sangat populer dan menjadi suatu tempat yang wajib Anda kunjungi.

Meskipun pantai ini bernama Nyiur Melambai akan tetapi ternyata di pantai ini ditumbuhi oleh pohon pinus. Jadi Anda bisa menikmati suasana teduh di sepanjang garis pantai karena dipenuhi dengan pohon pinus. Aktivitas yang bisa Anda lakukan disini adalah voli pantai, berenang, menyelam, bahkan panjat tebing.

8. Pantai Penyabong

Berlokasi di Kecamatan Membalong, di wilayah Belitung Selatan. Pantai ini juga populer dengan nama Batu Lubang, hampir mirip dengan Tanjung Tinggi yang keindahannya merupakan perpaduan antara air laut yang jenir, pasir putih dan batu granit raksasa, hanya saja gugusan batu granit yang terdapat di pantai ini nampak saling sambung menyambung dan tersusun memanjang, dan agak menjorok kelaut, sehingga secara alami nampak seperti membentuk sebuah dermaga. Pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang tidak terlampau besar membuat berenang akan terasa lebih aman.

museum kata belitung9. Mesium Kata

Bila sudah menikmati keindahan alam di pantai-pantai Belitung yang eksotik dan unik, maka salah satu tempat yang juga wajib Anda kunjungi bila berada di Belitung adalah Mesium Kata yang dibangun oleh Andrea Hirata untuk memberi inspirasi bagi anak-anak serta remaja yang merupakan pendudul desa Gantong untuk berani mengembangkan bakat seni yang ada pada diri mereka.

Disini Anda bisa melihat berbagai koleksi tentang film yang berjudul Laskar Pelangi dan berbagai karya seni dan buku karya penulis buku asal Pulau Belitung Andrea Hirata. Tidak jauh dari Mesium Kata terdapat Warung Kupi Kuli, disini Anda akan mendapatkan sebuah gambaran tentang kehidupan para penambang sehari-hari.

replika-sekolah-laskar-pelangi-belitung10. Replika SD LaskarPelangi

Inilah salah satu destinasi favorit pulau Belitung yaitu Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang di bangun untuk keperluan shotting film Laskar Pelangi. Sebuah film yang diadopsi dari novel best seller karya Andre Hirata. SD Muhammadiyah Laskar Pelangi menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena buming-nya film laskar pelangi. Bagi setiap orang yang pernah menonton atau mendengar cerita tentang film laskar pelangi pasti penasaran dengan sekolah yang melahirkan generasi yang berprestasi seperti Andre Hirata.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang terletak di kecamatan Gantung/Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam-an dari pusat kota Tanjungpandan. Banguan yang berdiri diatas gurun pasir putih, Bangunan yang sudah hampir roboh. Atap yang bocor,  meja dan kursi yang sudah rusak parah, serta dinding yang menggunakan penyanggah kayu yang hampir roboh.

visca tourDisamping bangunan ini juga terdapat danau. Namun demikian, banyak wisatawan yang tertarik datang kesini walaupun hanya untuk sekedar mengabadikan momen tersebut. Ketika wisatawan berada di Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi bisa merasakan perasaan kagum, karena dari bagunan sekolah yang tidak layak digunakan untuk belajar bisa mencetak generasi yang berprestasi.

Nah, bagi Anda yang tidak mau liburan ke Belitung Gak pakai repot and ribet, contact saja tour and travel lokal Belitung seperti Visca Tour atau Enjoy Belitung atau kunjungi website tour operator Bangka Belitung BangkaTour.com

One thought on “10 Objek Wisata Belitung yang Unik dan Menarik Untuk Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *