pekanbaru riau

Wisata ke Pekanbaru; Negeri Melayu, Riau

Akhir pekan kemaren saya berkunjung ke kota Pekanbaru. Sebuah perjalanan dadakan karena ada beberapa urusan. Penerbangan dari Bangka menuju pekanbaru harus transit melalui Batam. Dan saat ini rute tersebut hanya dilayani oleh Wings air / Lion.

Meski kota ini terletak di Pulau Sumatra, namun inilah kali pertama saya berkunjung ke salah satu kota paling besar di sumatra ini. Diluar dugaan, ternyata kota ini cukup besar. Dasar anak kampung ya. hehe

Bandara pekanbaru riauSetibanya di Pekanbaru, nafas melayu sungguh terasa di kota ini. Hal ini terutama bisa dirasakan dari banyaknya ikon/simbol-simbol melayu dalam arsitektur bangunan mulai dari  bandara, kantor-kantor pemerintahan, perbangkan, hotel, restoran hingga jembatan. Semuanya memiliki nuansa Melayu.

Tidak salah rasanya kalau kemudian pemerintah daerah setempat mengangkat jargon “Riau The Homeland of Melayu”

melayu riauOleh teman-teman di Pekanbaru, siang itu kami langsungsung singgah untuk mencicipi kuliner khas Pekanbaru, ‘Asam Pedas Baung’ disebuah resto. Resto dengan gaya arsitektur minang melayu ini ternyata cukup terkenal. Dari foto-foto yang dipajang disudut dinding resto nampak sejumlah public figur hingga artis-artis yang sudah mampir dan mencicipi kuliner ditempat ini.

IMG_1112Disela-sela urusan pokok di Pekanbaru, sejumlah objek wisata menarik diseputar kota ini sempat kami sambangi. Meski kunjungan ini sangat singkat namun, Riau sebagai tanah Melayu terasa sangat melekat dibenak saya.

Tidak semua tempat sempat saya abadikan. Namun ada beberapa hasil jepretan amatir dari objek-objek wisata Pekanbaru, Riau yang mungkin menarik Anda kunjungi :

pondok gurih pekan barupekanbaru riauIMG_1226IMG_1146alam mayang riau pekanbaruUntuk teman-teman di Pekanbaru; Wawan, Mem Visi dan Alwi @RokanTour, Terimakasih atas layanan, sambutan dan keramahan-nya.

No Comments

Leave a Comment