Perjalanan Hidup Sebagai Seorang Blogger

Tepat pada tanggal 12 Januari 2016 lalu, blog ini (yang sedang anda baca sekarang ini) genap berumur 2 tahun. Inilah untuk pertama kalinya, saya sukses mengelola sebuah blog hingga 2 tahun. Dan, semoga perjalanan blog ini bisa terus berlanjut. Menjadi saksi perjalanan hidup si empunya hingga Tuhan memanggil.

blogPerkenalan Dengan Blog

Istilah blog pertama kali saya dengar dari seorang Dosen saat mengikuti sebuah pelatihan jurnalistik. Adalah KH. Zainal Abidin Toha (alm), nama pembicaranya kala itu. Beliau merupakan dosen sekaligus pimpinan dari sebuah pondok pesanren mahasiswa di Jogjakarta. Semoga amal dan ibahnya di Terima disisi Allah. Amiin

Sungguh beruntung ternyata perkenalan dengan beliau dan blog khususnya telah memberikan banyak warna bagi kehidupan saya setelahnya.

Berkat ilmu dan do’a beliau pula tulisan-tulisan saya kala itu bisa masuk koran. Dan, belakangan, tidak hanya tulisan tapi juga profile saya pun bisa masuk koran. Hehe…

Setelah mengenal dunia blogging (2007), saya belum pernah bisa merawat blog dengan konsisten. Baik blog dengan domain/URL berbayar maupun yang gratisan. Apakah saya menyesal?. Tidak juga.

Saya memang tidak jadi seleb blogger. Belum bisa jadi fulltime blogger. Belum bisa hidup sepenuhnya (cari nafkah) dari blog pribadi. Jarang sekali menang lomba. Dan, paling parah saya juga belum bisa memelihara dan merawat blog sendiri secara konsisten untuk jangkan waktu yang panjang. Mudah-mudahan kali ini bisa. Do’akan ya.

Tapi saya sangat bersyukur. Karena dari sanalah saya belajar berbagai hal.

Perkenalann dengan blog dan internet telah membuat saya sukses mendirikan perusahaan sendiri. Ya, perusahaan pertama saya berdiri dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain berkat sedikit pengetahuan tentang blogging dan internet. Cerita ini sudah pernah diceritakan dalam posting saya di sini.

Berkat usaha itu pula, 2 tahun terakhir semangat untuk aktif ngeblog kembali menggelora. Sebuah aktifitas yang hingga hari ini menjadi kebanggaan tersendiri tentunya.

Kini aktifitas ngblog saya anggap sebagai semacam ungkapan terima kasih pada blog. Pada internet. Pada dunia yang telah memberikan begitu banyak anugrah bagi kehidupan saya dan orang-orang yang saya kasihi.

Bagi blogger lainnya, apapun tujuan anda ngblog (selama itu positif) mari kita lanjutkan.

Bila direview ulang, inilah perjalanan saya sebagai seorang blogger :

  • Pernah blogging hanya untuk cari kesenangan. Cari komentar dari blogger lain. Cari pagerank goolge. Mengejar popularitas di Alexa, komunitas blogger dll …dan gagal
  • Pernah blogging untuk cari penghasilan. Ikut berbagai program affiliate, GA, PPC, Lomba dll…dan rasanya gagal
  • Pernah ngblog biar bisa jadi seleb : Bikin blog humor… dan gagal
  • Pernah blogging untuk bikin perusahaan media. Dan, gagal
  • Pernah ikut komunitas blogger. Tapi jarang aktif
  • Pernah mendirikan komunitas blogger. Dan, mati
  • Pernah nerbitin buku dari kumpulan catatan-catatan di blog pribadi. Ini luamayan
  • Bisnis sendiri dengan bekal pengetahuan tentang blogging. Alahamdulillah….hingga sekarang
  • Bantu teman-teman yang memulai bisnis dengan modal pengetahuan tentang internet dan blogging yang saya miliki. Alahmdulillah… (Ada yang bisnis property, bisnis travel, rent car, toko online dll). Mereka tak pernah saya anggap sebagai murid tapi sahabat untuk berbagi/sharing.
  • Pernah ngajar tentang bisnis dan jualan online baik pribadi maupun komunitas. Alahamdulillah

Saya tak ingin menggurui siapapun tentang bagaimana cara membangun sebuah blog yang sukses. Tapi satu hal yang saya pelajari dari perjalanan saya sejak 2007 hingga hari ini adalah, KONSISTENSI. Ya, konsistensi!.

Saya yakin yang baca tulisan ini sudah punya blog. Jadi, diawal pekan yang cerah ini saya do’akan “Semoga blog Anda sukses, dan impian serta tujuan blogging Anda tercapai”. Amiin

Kredit Image : performancecomms.com

14 thoughts on “Perjalanan Hidup Sebagai Seorang Blogger

  1. Bagus sekali gan infonya…

    Bisnis PPC adalah sebuah bisnis yang sangat menjanjikan, maka
    dari itu buruan segera mendaftarkan blognya ke PPC terbaik, menurut saya sih Google Adsense tetap tak terkalahkan

  2. PPC memang menjai peluang bisnis yang sangat menjanjikan.
    Tetapi, sekarang PPC terbaik dunia Google Adsense sudah sangat sulit
    untuk mendaftar disana.
    Banyak yang menyerah dan ditolak mentah-mentah oleh penyedia iklan PPC tersebut.

    Tetapi, ada banyak sekali alternatif lain yang
    bisa kita gunakan,
    Salah satunya adalah PPC lokal dari Indonesia sendiri,
    Seperti Adsense CAMP, KumpulBlogger, Dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *