Pantai Tikus Emas, Objek Wisata Baru di Bangka Yang Wajib Dikunjungi

berkuda di pantai tikus emas Bangka

Meski baru belakangan ini serius dikembangkan, Pantai Tikus Emas ini merupakan Objek Wisata Baru di Bangka Yang Wajib Dikunjungi. Saya baru merekomendasikan pantai ini sekarang karena punya alasan sendiri.

Ceritanya….

Seperti biasa, setiap akhir pekan saya selalu berusaha mencari objek wisata baru di Bangka Belitung yang menarik untuk dikunjungi. Meski tak selalu mengunjungi objek wisata baru, saya juga senang menghabiskan akhir pekan dengan melihat berbagai perkembangan terkini berbagai objek wisata yang ada di daerah ini.

Nah, akhir pekan kemaren saya iseng mampir ke salah satu objek wisata baru yang relatif belum populer di kawasan pesisir timur Bangka. Keisengan ini ternyata tak sia-sia. Karena saya dibuat terpesona oleh pantai yang satu ini.

Sebagai pelaku bisnis pariwisata lokal di Babel, saya masih saja terpesona melihat perkembangan terkini dari salah satu pantai yang tengah giat dikembangkan dan dipromosikan di Kabupaten Bangka ini.

pantai tikus emasAdalah pantai Tikus Emas nama-nya.

Anda mungkin sudah mafhum, Bangka Belitung memang kaya akan wisata pantai. Hampir setiap tahun ada saja pantai-pantai baru yang dikembangkan dan semakin menarik untuk dinikmati.

Saat ini, salah satu objek wisata pantai di Bangka yang relatif baru di kembangkan secara serius adalah kawasan wisata pantai Tikus Emas ini.

pantai tikus emasSeperti namanya, pada zaman dahulu (menurut cerita masyarakat setempat) kawasan ini memang dihuni oleh banyak sekali tikus. Selain itu sebelum dikelola dengan baik seperti sekarang kawasan pantai Tikus Emas ini memang terdapat banyak sekali jalan tikus. Kalau pengunjung datang menggunakan kendaraan roda dua, ada banyak sekali jalan tikus yang bisa dijajal untuk mencapai pantai ini.

Lokasi pantai Tikus emas ini terletak di Sungailiat, Kabupaten Bangka. Tepatnya di bagian pesisir timur pulau Bangka. Sebagian jalan masuk masih berupa tanah kuning. Bila anda sudah tahu pantai Tanjung Pesona, bangka, pantai tikus emas ini persis terlatak di sisi sebelah selatan pantai Tanjung Pesona.

Pantainya bisa dilihat dari kejauhan dari bibir pantai pantai Tanjung Pesona. Tapi anda tidak akan tahun keindahannya kalau belum berkunjung dan menikmati langsung suasananya.

Bila anda datang dari kota Pangkalpinang, anda bisa mengambil jalan lintas timur Bangka, kemudian singgah di pantai nirwana atau puri tri Agung. Nah, setelah puas anda bisa meluncur kearah utara (ke arah Tanjung Pesona) sekitar 5 menit perjalanan.

Karena belum ada gerbang utama atau pintu masuk yang memadai jadi anda harus sedikit jeli melihat jalan masuk ke Pantai ini. Ditepi jalan raya hanya terdapat sebuah papan sepanduk kecil bertuliskan Pantai Tikus Emas (di sisi kiri jalan).

Jarak tempuh ke Pantai tikus emas dari dari Bandara atau pelabuhan di Pangkalpinang kurang lebih 60 menit perjalanan.

Di dekat pantai terdapat sebuah pos kecil. Di sini pengunjung akan diminta membayar biaya tiket masuk. Terakhir ketempat ini saya hanya diminta ongkos parkir Rp.5000. Kalau sepeda motor 2.000 saja.

Setibanya dipantai kita akan disuguhi pemandangan pantai khas Bangka yang menakjubkan. Pasir putih, laut yang tenang dan pepohonan cemara yang tertata rapi.

img_3177Apa Saja Fasilitas yang Ada di pantai Tikus Emas Bangka

Meskipun pantai ini relatif baru, namun fasilitas-nya sangat lengkap. Kawasan pantai mulai dari parkir, tempat bermain, resto, kamar ganti, water sport semua tertara rapi dan bisa kita nikmati dengan biaya yang terjangkau.

Beberapa fasilitas yang telah disipakan untuk pengunjung pantai tikus emas ini bisa Anda lihat pada foto-foto di bawah ini.

Icon kawasan wisata Pantai Tikus Emas
Icon kawasan wisata Pantai Tikus Emas

imageSelain bisa menikmati semua fasilitas itu, kawasan pantai ini sangat sejuk dibanding pantai lain di Bangka. Anda juga bisa duduk-duduk manis karena disediakan banyak sekali tempat bersantai. Bisa juga jalan-jalan santai seputar kawasan pantai karena tempatnya sejuk dan pengnjung bisa belanja, atau mencicipi makanan ringan yang dijual didalam kawasan pantai ini.

jalan jalan di pantai tikues emas bangkaPasir pantai yang putih, lembut dan laut yang being serta ombak yang tenang di pantai Tikus Emas memang mengesankan. Disini pengunjung bisa bermain air, mandi di pantai dengan nyaman dan atau bermain pasir pantai yang lembut bersama anak-anak.

belanja di pantai tikus emas
belanja di pantai tikus emas

Kawasan bibir pantainya yang luas membuat kawasan ini sangat cocok untuk tempat berkumpul, outing atau gathering bersama teman-teman kantor. Cocok juga jadi tempat untuk mengadakan kegiatan ounbound atau fun games bersama rekan-rekan kantor.

vie dan pasir pantai tikus emasMeski hampir saban hari keliling dan ekplore berbagai objek wisata Bangka, pantai tikus emas ini agak luput dari pengamaan saya. Tapi say beruntung karena setelah semua fasilitas di pantai ini tersedia dan kawasannya mulai tertata dengan rapi, saya langsung mengunjunginya.

img_3174Saat weekend dan hari libur pantai ini sangat ramai. Tulisan ini dibuat saat sedang sibuk. Karena terpesona keindahan pantai tikus emas, saya ingin segera mengabadikan momen yang saya rasakan tanpa bermaksud untuk melebih-lebihkan.

Bagi wisatwan luar kota, Anda bisa menikmati pantai Tikus Emas ini dan sederet pantai-pantai terbaik di pulau Bangka tanpa repot dan ribet, silahkan gunakan jasa rental mobil Bangka atau Hubungi saja tour and travel lokal di Bangka Belitung seperti BangkaTour.com atau Enjoy Belitung Tour.

Kalau waktu yang anda miliki terbatas, anda bisa mengambil trip satu hari (one day trip), atau 2 hari 1 malam.

Bagi pembaca yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Tikus Emas, silahkan bagikan pengalaman dan kesan Anda dikolom komentar dibawah ini.

Notes : Foto2 koleksi pribadi nyonya

8 thoughts on “Pantai Tikus Emas, Objek Wisata Baru di Bangka Yang Wajib Dikunjungi

  1. Thanks gan info yang bagus dan bermanfaat.
    Ehh gan, bekerja di kapal pesiar / cruise ship entah sebagai chef atau koki, crew, dan lain-lain sangat menyenangkan sekali lho.. Kenapa? Soalnya bekerja bisa sekaligus keliling dunia dan itupun dibayar dengan gaji yang besar.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca ya gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *