Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Seorang Blogger

Jika kamu punya tujuan besar, kamu akan dihadapkan tantangan besar. mulailah berfikir besar & bertindak lebih konkrit. Ubahlah, Kembangkanlah, & Buat tandasmu disitu. Saat kamu mengerti itu, kamu tidak akan menjadi orang yang sama lagi. — Steve Jobs

Siapa bilang kesalahan-kesalahan fatal hanya dibuat oleh para pemula. Nyatanya, bertahun-tahun ngeblog tetap tak jadi jaminan bahwa anda akan sukses sebagai seorang blogger.

Sedikitnya terdapat 4 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger dan membuat blog nya tidak sukses.

Empat kesalahan itu adalah; tidak konsisten, isi blog gado-gado, konten tidak unik (biasa-biasa aja), mengabaikan promosi.

Apakah kesalahan-kesalahan fatal itu hanya dilakukan oleh para blogger pemula?. Ah, tidak juga kok.

Saya kenal cukup banyak blogger se-angkatan yang sudah blogging sejak 2006/2007an dan hingga kini blognya masih eksis, masih terus update (jarang-jarang), tapi masih begitu-begitu saja.

Kalau masih tidak percaya, simak saja kisah dari seorang blogger berikut ini.

Bayangkan, anak muda ini sudah jadi blogger 10 tahun lamanya. Kok bisa, sudah ngeblog segitu lama, tapi nggak sukses juga?!

Sejak tahun 2005 ia sudah mulai kenal yang namanya blog. Tapi karena kesibukan dikampus, barulah pada tahun 2007 ia serius melakukan aktifitas blogging.

Ditahun pertamanya, waktu blogging banyak ia habiskan untuk belajar mengenal platform blogger.com

Ia belajar tentang cara membuat, merubah dan mempercantik blog, mengenal berbagai widged blog, dan hal-hal lainnya. Alhasil, setahun berlalu jumlah konten blognya tidak lebih dari 10 biji.

Tahun berikutnya ia belajar membuat konten. Ikut pelatihan menulis, belajar menulis berita, jadi wartawan lepas, bahkan tidak jarang ia juga sengaja berkeliling kota hanya untuk mencari berita untuk konten blog-nya.

Konten di blognya semakin banyak dan pengunjung juga mulai tumbuh.

Alih-alih tetap fokus pada konten blognya, ia kemudian membunuh blog yang ia kelola dan membuat blog baru karena tergiur oleh ramainya blogger yang mendapatkan dollar dari aktivitas blogging.

Ntah berapa banyak waktu yang ia habiskan untuk belajar dan berusaha mengejar dollar dari blog. Sampai akhirnya ia menyerah karena dollar tak kunjung mampir kekantong pribadinya.

Waktu terus berlalu dan ia tak juga mendapatkan apa-apa. Kecuali ilmu tentang blog dan internet marketing (itupun hanya secuil).

Selepas kuliah, ia akhirnya menemukan peluang bagus dikampunya. Berbekal secuil pengetahuan tentang blogging yang selama ini iya tekuni dengan setengah hati, ia pun merintis bisnis sendiri.

Nah, sembari berbisnis dan menjalani kehidupan sehari-hari. Semangatnya untuk ngblog kembali mencuat.

Kini ia tak lagi ngblog untuk mengejar rupiah atau dollar. Ia juga tak mau lagi menghabiskan waktu hanya untuk memperindah tampilan blognya.

Ia juga tidak mau menghabiskan waktu untuk 100% fokus pada produksi konten blognya, apalagi sibuk ikutan lomba blog disana-sini. Maklum ia kini sudah punya bisnis sendiri.

Sekarang blognya hanya untuk sekedar berbagai cerita, pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang dunia yang ia gandrungi.

Ia suka jalan-jalan, makan-makan, baca buku dan belajar meningkatkan kemampuan untuk cerdas keuangan.

Iabelajar tentang investasi dan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga.

Percis, hanya seputar hal-hal itu saja yang kini ia tulis dan bagikan di blognya. Namun begitu ia sangat berkomitmen untuk selalu melakukan update di blognya. setidaknya 1 kali dalam sepekan.

Tidak terasa, sudah 3 tahun aktivitas menyenangkan itu ia jalani.

Anehnya, dalam 3 tahun ternakhir ini blognya ternyata semakin tumbuh dengan pesat. Jumlah pengunjung blognya juga semakin bertambah.

Dan, perlahan ia juga mulai menikmati pundi-pundi rupiah dari aktivitas menyenangkan itu.

Dari blognya ia diundang untuk traveling keluar kota dan bahkan mulai dipercaya oleh beberapa perusahaan nasional untuk bekerjasama.

Aneh saat ia hanya ngeblog untuk sekedar mengisi waktu, menyalurkan hobby dan berbagi pengetahuan dan pengalaman, blog nya malah semakin tumbuh.

Yang lebih aneh lagi, saat ia justeru tidak lagi “gila” cari uang lewat blog, uang mendatanginya. Jauh lebih sering dan lebih banyak dibandingkan dulu saat ia ngebet blogging untuk mencari uang.

Begitulah, seorang blogger lama itu kini akhirnya maflum. Setelah ia banyak belajar dari pengalamannya sendiri sekarang ia hanya memerlukan sedikit waktu saja untuk blogging. Ntah kedepannya.

Anda boleh saja mengira kalau cerita tersebut hanya karangan saja. Tapi faktanya, kisah itu adalah kisah nyata tentang diri saya sendiri.

Itulah pengalaman singkat saya sejak 10 tahun lalu hingga kini, dalam mejalani waktu sebagai seorang blogger.

Anda mungkin sudah jadi blogger yang jauh lebih sukses dibanding saya. Amiin.
Tulisan ini hanya untuk bahan renungan saja. Untuk mengingatkan diri sendiri agar tidak mengulang kesalahan-kesalahan fatal seorang blogger.

Pengingat ini saya buat sekaligus sebagai refleksi karena pekan ini tepat 3 Tahun usia blog yang ada dihadapan Anda sekarang ini.

Ya, tepatnya 12 Januari 2017 kemaren, blog muhamadazhari.com tepat berusia tiga Tahun.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More…

2 Comments

  1. wow keren.. kayaknya pengalaman ini saya seperti yang saya alami… jatuh bangun membangun blog…. dan saya juga mulai ngeblog 2006 tapi blog-blog saya udah mati semua.. kayak na cara ini perlu di tiru… membangun blog bukan untuk kejar dolar atau rupiah…. mungkin tepatnya blog itu hanya untuk berbagi ilmu…..

    mungkin saya akan coba bangun blog kembali, tapi bukan kayak dolo…..bangun blog dengan versi saya sendiri…..

    Reply

Your email address will not be published.