Evaluasi Akhir Tahun dan Resolusi 2018

Waktu terus berlalu dan aha… sebentar lagi tahun 2017 segera lenyap. Coba ingat-ingat, pencapaian apa yang layak Anda kenang sepanjang tahun ini. Baik dalam aspek personal, bisnis, keuangan maupun dalam aspek karir profesional Anda?

Saya do’akan dan berharap Anda mengalami kesuksesan berarti sepanjang tahun 2017 ini. Karena bila hidup kita stagnan, lalu untuk apa hidup ini disebut hidup?.

Pertanyaan berikutnya : dalam aspek karir dan bisnis, apa yang akan anda racik guna menghadapi tahun 2018 yang sebentar lagi terbit?.

Tahun baru selalu identik dengan resolusi baru. Yup, resolusi baru barangkali memang diperlukan agar bisa jadi pemandu dalam mengarungi kehidupan di tahun mendatang. Dengan resolusi baru, semoga kita bisa terus bergerak, memajukan kehidupan bisnis dan karir kita agar semakin moncer dimasa mendatang.

Bagi saya sendiri, akhir tahun merupakan sebuah sesi untuk menetapkan goals baru yang HARUS diwujudkan.

Nah, proses menetapkan target yang hendak diraih di tahun 2018 mendatang, mungkin bisa kita mulai dengan evaluasi dan refleksi atas pencapaian apa saja yang telah kita rengkuh di sepanjang tahun 2017 kemarin.

Dalam aspek bisnis misalnya, pencapaian apa yang paling signifikan di tahun 2017 lalu? Atau semuanya berjalan mengalir tak menentu layaknya daya beli yang sengkarut hampir sepanjang tahun ini. Hehehe

Bagi saya sendiri, tahun 2017 ini memberikan sejumlah pencapaian yang layak dicatat – seperti tahun sebelumnya, ada yang negatif atau ada pula yang sangat positif.

Hal negatif untuk pada tahun 2017 :

Bisnis biro perjalanan wisata saya mengalami sedikit penurunan di tahun 2017 ini (hanya untuk unit wilayah Belitung saja). Tahun 2017 ini mungkin layak saya kenang dengan sedikit miris untuk perjalanan bisnis online travel di Belitung yang saya miliki.

Menjaga posisi bisnis dan strategi marketing online memang tidaklah mudah. Padahal saat ini bisnis saya terhitung sudah masuk tahun ke-7. Namun di sanalah masalahnya. Saya kurang peka terhadap dinamika bisnis dan persaingan yang kian menantang.

Mungkin terlalu dininabobokkan oleh posisi selama beberpa tahun terakhir yang cendrung stabil. Sebuah kelalaian yang agak di sayangkan.

Saya lalai memperhatikan, bahwa semakin hari pemain baru makin banyak saja. Hal ini seharusnya sudah dimaklumi jauh hari karena potensi pariwisata Belitung memang kian mengembirakan sekaligus menggiurkan.

Pencapaian positif tahun 2017 : Tahun 2017 sangat spesial dan menakjubkan buat saya.

Pertama, Blog yang saya kelola sekarang ini semakin muantab. Setidaknya menurut saya. Hehehe.

Ukurannya sederhana, jumlah pembaca-nya meningkat cukup pesat dan tawaran kerjasama terus mengalir. Pencapaian ini membuat semangat blogging makin membara. Dan, yang sangat saya syukuri, sekarang pemasukan sampingan dari aktivitas blogging ini bisa menjadi tambahan amunisi untuk terus meningkatkan modal investasi saya.

Yap, sekarang hasil blogging 100% saya gunakan untuk meningkatkan modal investasi saham. Semoga saja hal ini bisa membuat tujuan investasi kami lebih cepat tercapai. Amiin.

Kedua, saat ini saya masih memiliki dan terus mengelola dua unit bisnis (yakni bisnis biro perjalanan wisata dan bisnis rent car) – sehingga rosolusi tahun baru saya hampir ditujukan sepenuhnya untuk kedua bisnis itu agar terus bisa berjalan dengan pencapaian yang layak di cetak biru. So, inilah resolusi bisnis saya untuk tahun 2018 mendatang.

My Business Resolution # 1 : Biro perjalanan wisata
Bisnis yang saya jalankan ini adalah memberikan jasa / layanan paket wisata Bangka dan paket tour Belitung. Sejak berdiri 2011 silam, visi perusahaan kami adalah meningkatkan promosi pariwisata Babel pada dunia dan membantu memudahkan wisatawan yang ingin traveling ke Bangka Belitung.

Resolusi saya untuk bisnis ini di tahun 2017 simpel : saya ingin agar net profit bisnis biro perjalanan ini bisa tumbuh antara 15-20%.

My Business Resolution # 2 : Bisnis Sewa / Rental Mobil
Ini merupakan lini bisnis yang terbilang baru saya tangkap secara serius setahun terakhir. Ceritanya bisa anda baca di sini. Meski begitu, saya ingin bisnis rent car saya “Menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi pariwisata & bisnis terbesar di Bangka Belitung”.

Tahun 2017 menjadi tahun yang cukup istimewa untuk bisnis sewa mobil Bangka yang saya miliki. Dimana pada tahun ini, kami sukses menambah 4 unit mobil baru.

Nah, untuk tahun 2018 mendatang target saya juga sederhana, bisnis sewa mobil Bangka Belitung yang saya kelola bisa menambah 2-3 unit armada atau 1 unit armada besar seperti bus pariwisata. Amiin.

My Business Resolution # 3 : Buka Usaha Butik Untuk Istri
Binis butik ini masih merupakan resolusi baru saya untuk tahun 2018 mendatang. Bukannya tak suka istri tiap hari santai di rumah, tapi saya ingin ia memiliki aktivitas lain yang positif. Lagipula usaha ini adalah ide istri sendiri. Jadi saya hanya berusaha mewujudkan impiannya. Syukur-syukur bisnisnya bisa sukses melampui bisnis suaminya.

Terakhir, soal Personal Finance.

Sejak 2 tahun lalu, di penghujung tahun, saya telah mulai membiasakan diri untuk menetapkan sasaran personal finance : sederhanya, saya mencatat posisi NILAI aset yang dimiliki, khususnya dalam 4 jenis aset yakni : tabungan/cash, aset properti, aset reksadana / saham, dan aset emas.

Untuk tahun 2017 ini semua nilai asset tersebut meningkat cukup signifikan. Sejujurnya peningkatan asset yang cukup fantastis itu mungkin saja tidak akan berhasil saya rengkuh bila saya belum menikah. Baca… Berkah setelah menikah.

Singkatnya, menikah membuat kehidupan saya benar-benar AJAIB!.

Meski jumlah nilai asset saya belum seberapa, saya merasa perlu untuk membuat catatan tentang posisi personal finance ini saban tahun.

Catatan terakhir, setelah menikah frekuensi traveling saya dan istri semakin meningkat. Bagi saya traveling juga merupakan waktu terbaik untuk belajar banyak hal baru. Nah, Pada tahun 2017 ini, kami sukses menjajal sejumlah destinasi mulai dari : jogjakarta, bandung, Belitung, malaysia, batam dan bintan.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More…

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *