Belajar Saja Tidak Cukup

hari jt
Belajar dari Komisaris Utama Blue Bird Group

Tidak lama lagi tahun 2014 akan segera meninggalkan kita semua. Sebagian dari Anda mungkin sudah melakukan evaluasi dan membuat rencana serta target-target yang ingin diwujudkan pada tahun 2015 mendatang.

Dianatara banyaknya target dan evaluasi tahun ini, saya menyelipkan beberapa target untuk mengembangkan kapasitas keilmuan dan pengetahuan yang ingin saya capai pada tahun depan.

Karena, bagaimanapun juga pengetahuan merupakan elemen penting bagi kehidupan.

Banyak sekali ungkapan, pepatah, dan petuah-petuah tentang keutamaan ilmu. Mungkin sebagian sudah sangat familiar dalam ingatan Anda. Sebut saja misalnya, ”Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri china”, atau ”Tuntutlah ilmu sejak buaian hingga liang lahat”.

Ilmu memang maha penting dalam kehidupan ini. Saya selalu ingat sebuah pesan yang berbunyi; jika ingin sukses di dunia hendaklah dengan ilmu, jika ingin selamat di akhirat hendaklah dengan ilmu, dan jika ingin sukses pada keduanya hendaklah dengan ilmu.

Jika disederhanakan; kehidupan ini nampaknya sungguh mudah. Karena kata kuncinya hanya terletak pada satu hal yaitu, ilmu. Untuk mendapatkan ilmu, kata kuncinya juga hanya satu, belajar. Namun, tentu saja realitanya tidak sesederhana itu.

Nyatanya saya masih sering malas belajar. Masih acap kali lalai untuk terus mencari ilmu. Padahal terus belajar dan mencari ilmu sekalipun tidak juga cukup.

Ya, terus belajar dan mencari ilmu serta pengetahuan saja tidak cukup bagi kehidupan ini. Entah kenapa, saya tergelitik untuk mengevaluasi dan membuat target tambahan bagi kehidupan saya pada tahun baru 2015 nanti. Evaluasi dan taget itu adalah tentang bagaimana upaya saya dalam mengamalkan setiap ilmu dan pengetahuan yang telah saya peroleh selama ini.

Lantas, bagaimana dengan Anda. Bagamana Anda mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang anda peroleh selama ini ?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *