Bagaimana Menghasilkan Banyak Uang Dari Blog

Saya meraih pendapatan Rp.3.000.000,00 untuk 1 kali posting artikel di blog. Inilah jumlah duit paling banyak yang pernah saya dapatkan, murni dari blog. Kecil banget kan jumlahnya?!.

Kalau dapatnya setiap minggu sih lumayan lah ya. Lah, ini saya dapatnya cuma 1 kali. Yup, hanya sekali.

Selebihnya yang bisa saya hasilkan secara langsung dari blog cuma recehan. Kisaran 100-500 ribuan untuk sekali posting. Yang ini lumayan lah, hampir setiap bulan. Ini hampir…tidak rutin tiap bulan ada juga loh ya.

Pertanyaannya, kalau penghasilan cuma segitu, apakah ngblog bisa bikin kaya raya. Apa mungkin dengan duit segitu saya bisa bertahan hidup murni hanya sebagai blogger?.

Kapan saya bisa jalan-jalan ke LN, kapan saya bisa beli rumah, beli mobil, beli emas kasih uang buat hidup dan bedak istri?.

Duh, kalau hanya mengandalkan penghasilan MURNI dari blog, jujur saja saya angkat tangan.

Jadi bagaimana dong cara menghasilkan banyak uang dari blog?.

Ada kok caranya. Buktinya banyak banget blogger yang sukses menghasilkan jutaan bahkan miliaran duit dari blog. Coba aja googling pengalaman para blogger tajir si indonesia dan luar negeri.

Buat teman-teman blogger dan seleb blogger yang sukses hidup sebagai fulltime blogger, saya angkat topi. Saya Acungkan empat jempol buat mereka.

Lagian kalau blogging tidak bisa menghasilkan duit, nggak bisa kasih money buat kita, nggak bikin kantong tambah tebal, ngapain blogging?!. Betul apa betul.

Capek tiap hari – tiap minggu nulis panjang lebar, cari foto, cari bahan, cari materi sana sini. Ngabisin waktu. Nggak ada untungnya. Nggak ada duitnya. Tiap tahun mesti bayar domain, bayar hosting, bayar kuota internet.

Iya kan, ngapain coba sibuk blogging kalau nggak menghasilkan fulus.

Hehe… Sabar…, di dunia ini segala sesuatunya butuh proses. Dan, ini yang paling penting. Saat sudah memulai, jangan pernah menyerah. Yang penting teruslah aktif blogging. Teruslah konsisten.

Terus bagaimana cara menghasilkan duit dari blog?.

Oky, sudah cukup ya Dari tadi mutar-muter nggak ada yang jelas.

Oky, jadi begini ya

Pertama ; kesuksesan itu tidak selalu di ukur dengan rupiah atau dollar. Blogger sukses itu nggak selalu blogger yang tajir melintir.

Kedua ; kalau kalau anda memang berniat cari uang lewat blog, ada banyak sekali caranya…

Tapi maaf. Mohon maaf sekali. Saya nggak berani bikin tips nya.

Maklumlah, seperti yang saya bilang tadi, saya belum bisa menjadi fulltime blogger. Belum bisa hidup sepenuhnya murni dari blog.

Tapi kalau boleh share sedikit, begini pengalaman saya mendapatkan uang dari hobby saya ngeblog.

Notes : bukan dari blog pribadi, tapi dari hobby saya bloging.

Pengalaman ini menarik karena meski blog pribadi belum sepenuhnya mampu menghidupi saya dan keluarga. Tapi aktivitas blogging lah yang membuat saya pada akhirnya bisa membangun bisnis. Aktivitas dan kebiasaan saya ngeblog lah yang telah membuat saya bisa menafkahi diri sendiri dan keluarga. Hingga saat ini.

Setelah blogging sejak 2007, pada tahun 2011 saya bisa buka bisnis biro perjalanan wisata. Kemudian bisa bangun bisnis rent car. Bisa bisnis EO. Sempat buka bisnis kaos, bisnis interior, hingga jualan madu online.

Semua usaha itu, meski ada beberapa yang bangkrut, berawal dari kebiasaan saya yang doyan banget blogging dan baca-baca.

Mungkin kesuksesan saya masih jauh dari kata tajir-melintir. Tapi semua pencapaian ini sungguh sangat saya syukuri.

So, blog pribadi yang sedang anda baca sekarang ini memang belum memberikan pemasukan berarti untuk kantong saya. Namun begitu dari kebiasaan mengelola blog inilah (dan juga blog sebelumnya) bisnis saya bisa terus berkembang dengan kemajuan yang sangat saya syukuri.

Ya, Blogging sudah jadi kebiasaan baik buat saya. Dan, telah memberikan manfaat yang sangat besar. Termasuk secara materi tentunya…

Kebiasaan saya blogging telah membuat saya terbiasa menulis, mempromosikan usaha orang, mengenal sedikit-sedikit tentang internet marketing, SEO dll. Sedikit-sedikit loh ya…

Selain itu, kebiasaan saya berlangganan dan membaca banyak blog milik para blogger kondang dan inspiratif di tanah air telah membantu saya dalam menyalakan semangat bisnis, semangat hidup dan seterusnya…

Pokoknya banyak banget deh manfaatnya.

Eh, selain hobby baca blog, tiap bulan saya rutin beli buku baru dan di baca tentunya…

Nah dua kebiasaan itulah yang kini membuat saya bisa menghasilkan duit.

Duh, bingung juga cara jelasinnya…

Tapi saya yakin yang baca tulisan ini pasti faham maksud saya

Intinya sederhana.

Saya bisa menghasilkan duit, cukup banyak untuk ukuran saya dan terus bertambah hingga sekarang dari dua kebiasaan baik :

Kebiasaan pertama ; suka blogging, nulis dll…
Kebiasaan kedua ; suka baca buku dan rutin baca blog-blog keren (blog ini tidak termasuk)

Jumlah duit nya seberapa banyak?.

Ya, tentu saja ratusan kali lipat jika di bandingkan dengan yang bisa dihasilkan secara langsung MURNI dari blog yang sedang anda baca sekarang ini.

Kalau saya ditanyai, apakah blogging bisa menghasilkan duit?. Bisa bikin kaya?. Jawabannya ; tentu saja. Sudah banyak blogger di luar sana yang membuktikannya.

Caranya bagaimana?.

Duh, sana Ngeblog aja dulu. Rajin nulis, rajin baca dan yang paling penting (nasehat buat saya juga) kalau sudah blogging jangan berhenti. Mesti konsisten. Itu KUNCI!!!!.

Blog yang sedang anda baca sekarang ini sudah berumur 4 tahun.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *