Mengenal Usaha Jasa Pariwisata

Pekan lalu saya juga menulis seputar pariwisata. Sekedar berbagi pengalaman dan sekaligus mengajak kita semua untuk bersama-sama meningkatkan promosi wisata lokal, dimulai dari lingkup yang lebih kecil yakni daerah kita masing-masing.

Nah, sebagian dari kita mungkin masih bingung bagaimana menjual potensi wisata daerahnya. Untuk itu berikut saya ulas kembali seputar peluang usaha bisnis jasa pariwisata yang bisa dipilih sesuai dengan minat, potensi atau modal yang Anda miliki.

Pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata, menyediakan atau mengusahakan obyek dan daya tarik wisata, usaha sarana pariwisata dan usaha lain yang terkait di bidang tersebut.

Sesuai dengan Undang-undang RI No. 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan, usaha pariwisata digolongkan ke dalam 3 kelompok : Usaha Jasa Pariwisata, Pengusahaan Obyek dan Daya Tarik Wisata dan Usaha Sarana Pariwisata.

Usaha Jasa Pariwisata sendiri terdiri dari 7 jenis :
1. Jasa Biro Perjalanan Wisata. Jasa biro perjalanan wisata adalah kegiatan usaha yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, atau sekelompok orang untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama untuk berwisata.

2. Jasa Agen Perjalanan Wisata. Jasa agen perjalanan wisata adalah badan usaha yang menyelenggarakan usaha perjalanan yang bertindak sebagai perantara di dalam menjual dan atau mengurus jasa untuk melakukan perjalanan.

3. Jasa Pramuwisata. Usaha jasa pramuwisata adalah kegiatan usaha bersifat komersial yang mengatur, mengkoordinir dan menyediakan tenaga pramuwisata untuk memberikan pelayanan bagi seseorang atau kelompok orang yang melakukan perjalanan wisata.

4. Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran (MICE). Usaha jasa konvensi, perjalanan insentif dan pameran adalah usaha dengan kegiatan pokok memberikan jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (misalnya negarawan, usahawan, cendekiawan) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

5. Jasa Impresariat. Jasa impresariat adalah kegiatan pengurusan penyelenggaraan hiburan baik yang mendatangkan, mengirimkan maupun mengembalikannya serta menentukan tempat, waktu dan jenis hiburan.

6. Jasa Konsultan Pariwisata. Jasa konsultasi pariwisata adalah jasa berupa saran dan nasehat yang diberikan untuk penyelesaian masalah-masalah yang timbul mulai dan penciptaan gagasan, pelaksanaan operasinya dan disusun secara sistematis berdasarkan disiplin ilmu yang diakui serta disampaikan secara lisan, tertulis maupun gambar oleh tenaga ahli profesional.

7. Jasa Informasi Pariwisata. Jasa informasi pariwisata adalah usaha penyediaan informasi, penyebaran dan pemanfaatan informasi kepariwisataan.

Buat saya bisnis jasa pariwisata bisa dilakukan dengan menyenangkan. Tidak saja karena keuntungan yang menggiurka. Melalui bisnis ini saya merasa bangga dapat sedikit turut serta memajukan sektor pariwisata di daerah saya sendiri khsusnya dan di Indonesia pada umumnya. Lebih dari itu, saya juga sangat bahagia karena bisa melayani banyak orang dan membuka lapangan kerja.

Kredit image : reidtourism.wordpress.com

One thought on “Mengenal Usaha Jasa Pariwisata

  1. Pingback: Site Title

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *