Travel Konsultan

travel

Travel Konsultan (Tour Consultant) merupakan profesi yang bisa jadi belum terlalu familiar ditelinga sebagian orang. Namun perusahaan tour and travel umumnya selalu memiliki travel konsultan. Jika Anda ingin memulai bisnis travel agent maka travel konsultan adalah salah satu posisi yang harus Anda siapkan. Anda bisa melatih diri sendiri atau merekrut professional berpengalaman.

Tugas utamanya adalah mengatur rencana perjalanan klien. Sesuai namanya tugas pokok seorang travel konsultan adalah membantu klien dalam menyusun rencana perjalanan, memberikan saran soal budget, destinasi wisata, rute perjalanan, akomodasi dan transportasi yang bisa mereka gunakan.

Travel konsultan juga bertugas memberikan berbagai informasi tentang paket perjalanan / paket wisata atau sering juga disebut paket tour yang disediakan tour and travel tempat mereka bekerja. Kelebihan dan kurangan dari masing-masing produk perjalanan yang ditawarkan juga harus diinformasi secara jujur dengan klien.

Selain itu konsultan perjalanan juga harus mengkonfirmasi pemesanan klien, memberitahukan klien batas bagasi dan asuransi perjalanan, dokumen perjalanan seperti surat kesehatan, kartu identitas, paspor dan visa. Akan lebih baik lagi jika konsultan perjalanan juga mampu berbagi informasi detail seputar destinasi tujuan seperti keunikan kearifan lokal, budaya dan adat istiadat setempat.

Seorang travel konsultan juga dintuntut untuk dapat memahami berbagai tipe/jenis perjalanan, seperti perjalanan bisnis, bulan madu, adventure, wisata religi, study tour dan lain-lain. Hal ini sangat penting, bergantung banyaknya tipe perjalanan yang ditawarkan oleh masing-masing biro perjalanan.

Persyaratan Seorang Travel Konsultan :
Seorang tour konsultan sebaiknya memiliki passion dibidang traveling, kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan organisasi yang baik, menguasai komputer dasar, mampu bekerja sebagai bagian dari tim, memiliki kemampuan presentasi pribadi yang bagus dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Menurut survei, 85% dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan membina hubungan. Seorang travel konsultan harus memiliki kemamapuan ini, apalagi jika bekerja di biro perjalanan wisata. Selain memiliki kemapuan yang luas, keramah-tamahan, dan kesabaran dalam melayani klien juga menjadi kunci utama karir seorang tour konsultan.

Profesi travel konsultan memberikan peluang yang sangat besar bagi Anda yang suka traveling. Tidak jarang klien yang sudah puas dengan pelayanan Anda, akan selalu meminta Anda untuk melayani berbagai trip dan destinasi yang mereka inginkan.

Bagi wisatwan yang ingin melakukan perjalanan domistik, Anda dapat menghubungi travel konsultan lokal. Biasanya mereka akan lebih memahami berbagai seluk-belum destinasi terbaik yang bisa Anda nikmati. Untuk tujuan lokal seperti Bangka Belitung, ada dapat menghubungi travel konsultan dari Bangka Tour and Travel. Untuk perjalanan bisnis group atau perusahaan seperti meeting, gathering, atau company outing Anda dapat menghubungi Tingpack.com

5 thoughts on “Travel Konsultan

  1. Dengan hormat,

    Saya mau buka usaha bisnis tour and travel mungkin bisa dibantu sebagai coach saya?

    Thanks,

    Vinanda
    0811918991

  2. Saya lagu daftar jadi Tour Consultant dan hari ini akan Interview.

    Saya baru lulus SMK Pariwisata. Lumayan takut akan pertanyaan dan apabila keterima nanti.

    Ada saran khusus untuk Travel Consultant pemula?

    Email :

    Anissaervina@icloud.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *