Tips Membuat Paket Wisata Menarik

Paket wisata

Paket wisataPara pelaku bisnis tour and travel service, atau mereka yang sering liburan tentu sudah tak asing lagi dengan istilah Paket Wisata, Paket Tour, Paket Liburan, dan banyak lagi istilah lainnya. Dari perspektif ekonomi, Paket Wisata dapat dianggap sebagai suatu produk. Bentuk atau produk dari paket wisata merupakan sebuah kemasan (dirancang secara terencana) yang terdiri dari dari hal-hal berikut : obyek, atraksi wisata, akomodasi/hotel, transportasi, makanan, pemandu wisata, asuransi perjalanan, dan lain-lain.

Secara umum biasanya dalam setiap paket wisata sudah termasuk : Hotel, Transport, Meal/Makanan, Tiket Masuk wista/parkir/karcis, guide (pemandu wisata), mineral water, rincian perjalanan, dan atraksi wisata seperti (snorkling/diving/hoping island, dll).

Mau belajar lebih serius agar bisa segera buka bisnis travel, dapatkan Ebook-nya KLIK di sini

Namun demikian, panduan tersebut tidak mengikat. Anda juga bisa membuat paket-paket wisata dengan berbagai kreavitas lain. Biasa juga membuat paket-paket dengan kompenen-kompenen dan tema khusus. Misalnya, Anda bisa membuat paket wisata dengan hanya beberapa kompenen saja seperti Hotel, Transport, dan guide. Atau hanya rincian perjalanan, makan, dan transportasi saja. Hal ini juga diperlukan untuk memenuhi beragam permintaan customer di era sekarang.

Meski pada umumnya produk wisata ini dibuat oleh Biro Perjalanan Wisata (BPW) atau istilah asingnya ‘Tour operator’. Di Indonesia, istilah ini telah berkembang cukup luas, ada istilah tour organizer, tour consultant, dll. Sebetulnya paket wisata juga bisa dirancang oleh tour and travel. Kuncinya, semua komponen yang dipilih dan dirancang dalam sbuah paket wisata harus ditujukan untuk memenuhi kepuasan wisatawan.

Untuk menghasilkan paket wisata yang menarik Anda perlu memperhatikan latar belakangnya, manfaat produk dan keunikannya.

Nah, untuk Anda yang tertarik belajar membuat paket wisata menarik, silahkan simak tips berikut. Tips berikut ini saya kutip dari berbagai sumber :

KETERKAITAN ANTARA PROSES PRODUKSI WISATA DENGAN PENGELOLAAN WISATA

Secara keseluruhan proses produksi wisata mencakup komponen masukan (input), proses (process) dan keluaran (output).

Komponen yang dikandung pada setiap tahapan adalah sebagai berikut :
1. Masukan, berisi kegiatan perencanaan yaitu kegiatan merencanakan produk dan perlakuan terhadap produk tersebut.

2. Proses, berisikan kegiatan pengorganisasian dan penggerakan, yaitu mengkonsolidasikan, membagi tugas, dan tanggung jawab kepada tiap-tiap komponen dan faktor yang direncanakan terlibat dalam wisata.

Bentuk kegiatannya dapat berupa pemesanan tempat untuk transportasi, kamar hotel, makanan di restoran, penerbitan guide order, kepada pramuwisata yang akan melaksanakan tugasnya dan sebagainya. Selanjutnya mewujudkan rencana tersebut dalam kegiatan nyata berupa penyelenggaraan wisata.

Dalam penyelenggaraan wisata inilah semua aspek yang terlibat dalam wisata akan difungsikan. Kendaraan yang telah dipesan diberangkatkan, pramuwisata yang telah diberi tugas melaksanakan tugasnya, restoran menyiapkan makananm hiburan dipertunjukkan dan seterusnya.

3. Keluaran yang tak lain adalah produk (wisata) itu sendiri, berisi kegiatan pengawasan atau evaluasi atas penyelenggaraan wisata. Evaluasi dapat bermakna ganda. Pertama, makna tersurat, bahwa wisatawan diperkenankan untuk mengisi tanggapan atas wisata yang telah diikuti dalam sebuah blangko yang berisi daftar pertanyaan yang biasa disebut kuesioner.

Evaluasi secara tersurat juga dapat dilakukan oleh penanggung jawab penyelenggaraan wisata (guide, tour manager) yang dilakukan dengan membuat laporan wisata atau biasa disebut tour report. Kedua, makna tersirat, yakni kesan dan tingkat pengalaman yang dirasakan oleh wisatawan yang dapat dibaca melalui ekspresi dan perilakunya pada akhir wisata atau bahkan setelah wisata berlangsung.

Evaluasi yang telah dilakukan dapat dipakai sebagai umpan balik (feed back) bagi perencanaan berikutnya. Jika pada penyelenggaraan wisata yang pertama kebanyakan wisatawan mengeluh karena AC bus bocor, makanan yang dihidangkan di restoran kurang enak, hotel tempat menginap kurang nyaman atau pramuwisata yang memandu kurang sopan, maka untuk perencanaan wisata berikutnya kesan-kesan itu perlu dicermati dan dipertimbangkan guna perbaikan.

Notes : Tips membuat paket wisata ini bisa jadi masih cukup membingungkan. Untuk itu pantau terus tips update tips bisnis tour and travel service selanjutnya.

Kredit image: Astama.com

26 thoughts on “Tips Membuat Paket Wisata Menarik

  1. sangat inspiratif sekali,saya juga persis saat ini tengah mempelajari tentang bisnis travel and tour,dan berencana mengembangkan bisnis ini dengan kerjasama teman-teman di bandung.Saya saat ini baru menyiapkan secara full 3 bulan pembuatan website-nya yaitu tempatwisatadibandung.info ,sementara untuk masalah tiket dll nya saat ini tengah mempelajari sebuha sistem menjadi travel agent dulu,,,,,terima kasih banyak informasinya..!! keep spirit for tourism…..

  2. Mas,saya mau bertanya ,mana tau sama mas ada solusinya.
    Saya sudah sejak 2011 menjalani bisnis travel. Awalnya saya hanya melayani jasa ticketing air asia,namun karena peminat banyak,saya akhirnya mendaftar menjadi agent travel yang resmi terdaftar sebagai agent dari salah satu PT wisata yg menurut saya cukup besar.
    Sampai dengan 2014,saya masih aktif melakoni bisnis ini. Saya melayani pemesanan tiket domestik,internasional (terjauh dari banda aceh-Bangalore,India). Hotel by request.

    Tapi mulai 2015 usaha saya macet. Saya sedang di tahun akhir kuliah di kedokteran. Sebelumnya saya punya 3 karyawan,tapi saya kurang percaya kepada mereka,karena mereka kurang cekatan.alhasil,hanya sisa 1 karyawan.
    Sekarang nyaris hampir tidak ada penjualan. Di kaskus juga saya sudah pasif.yg menjadi kendala utama saya adalah waktu. Susah untuk memanage. Tapi saya masih ingin melanjutkan usaha ini,kira kira solusi nya seperti apa mas?terima kasih.

  3. Salam kenal saya as dari lombok, saya sudah lama membuat wesite tapi satu pun belum ada tamu yng merequest saya yng mau trekking, na usaha yng saya gelut adalah trekking organizer di senaru. Na saya mau solusinya cara promosi yng bagus itu seperti apa.

    1. Saya sudah melihat website bpk/ibu. Menurut saya webnya sudah bagus. Mungkin saya bisa memberikan beberapa saran singkat.
      1. Pastikan target market Anda. Wisman atau winus. Bila memang anda menargetkan wisman, anda harus berupaya lebih keras.
      2. Buat blog/artikel edukasi pasar Anda tentang destinasi yang anda pasarkan.
      3. Buat e-brosur dan jalin kerjasama dengan travel2 agent di negara2 yang menjadi target market Anda.
      4. INI PENTING!! Lakukan riset untuk menemukan ‘kata kunci’ yang terkait dengan produk Anda. Kata yang digunakan oleh calon pelanggan saat mereka mencari jasa Anda di mesin pencari.
      5. Bila sudah, Optimasi kata kunci tersebut dan tempatkankan web Anda dihalaman terdepan mesin telusur seperti google. Gunakan SEO.
      NB: Saya menelusuri kata kunci “rinjani trakking” dan sampai halaman ke 3 google saya tidak juga menemukan website travel Anda.

    2. Ibu AS saat ini saya sedang mengembangkan water sport sprti fly fish,parasailing,donat n banana boat n dll. Bisakah kiranya ibu membantu saya untuk mengarahkan ke tempat saya dan sekaligus saya mau belajar menjadi guide nya.

  4. Salam Kenal..saya Yudis dari Belitung Provinsi BABEL!!!saya baru menjalani bisnis tour n travel di daerah saya sendiri..pertanyaan saya bagaimana cara jitu menjalani bisnis ini dan pertanyaan lain nya..bagaimana untuk menjalin kerjasama dengan agen tour n travel di luar Belitung agar Belitung bisa dijadikan destinasi wisata mereka..Terimakasih..

    1. Hallo mas Yudis

      Untuk kerjasama dengan travel diluar daerah, bisa langsung menghubungi teman2 travel dari berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa mencari kontak dengan mudah di Google, bergabung dengan komunitas travel2 agent, dll. Kemudian tawarkan jasa travel mas Yudis. Tawarkan komisi/diskon menarik untuk travel yang mau kejasama. Fokuskan ke kota/daerah yang yang menjadi target market.

      Semoga bermanfaat dan sukses untuk bisnis travel Belitung-nya

    2. Mas, saya tour&travel dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan),
      saya boleh minta paket wisata untuk Bangka Belitungnya?
      bisa dikirimkan ke email: Piknik.bjm@yahoo.com
      untuk komunikasi bisa telpon/wasaap saya di 0812 9094 9203.

      Ditunggu paket wisata Bangka Belitungnya.

      Regards,
      Jimmy

  5. Artikel yang sangat bagus dan mengesankan !!! Salam kenal untuk semuanya yang ada disini sy Arizal admin Zalventours & Travel, mohon ijin posting. Jika berminat dalam bisnis usaha yang menjanjikan….(maaf isi komentar terpotong sensor admin).

  6. Saya sementara membuat perencanaan trip wisata bawah lau (Diving),tapi kok setelah dicoba susun rincian modal malah lebih besar modal daripada paket tripnya.

  7. Dalam artikel ini, Anda dapat mempelajari cara membuat brosur paket wisata yang membuat para pembaca Anda membayangkan dan pada akhirnya memesan paket wisata itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *