Strategi Bisnis Tour Travel

Apapun bisnisnya kita pasti membutuhkan strategi jitu untuk bisa sukses. Tak terkecuali bisnis tour travel. Banyak yang meyakini bahwa prospek bisnis tour & travel tidak akan pernah sepi pelanggan. Salah satu tokoh pariwisata Indonesia bahkan yakin bahwa bisnis pariwisata tidak akan pernah mati.

Bisnis tour travel memerlukan strategi yang tepat. Menjamurnya pelaku bisnis yang menggeluti bidang wisata membuat strategi yang tepat menjadi salah satu resep jitu untuk sukses dalam bisnis ini. Persaingan bisnis jasa perjalanan ini kian sengit ditengah tingginya minat dan kebutuhan masyarakat terhadap produk dan jasa perjalanan wisata. Untuk mampu bersaing dibutuhkan strategi yang juga tidak mudah. Setelah menetapkan target market dengan jelas, anda harus siap bersaing untuk mendapatkan mereka.

Strategi Marketing Travel
Untuk mencapai target market yang lebih luas, tidak cukup hanya dengan cara promosi biasa seperti exhibition / pameran saja. Saat ini campaign di internet hampir mutlak hukumnya. Jika dikerjakan secara serius, strategi promosi di internet bisa dilakukan jarak jauh dan dengan biaya yang relatif lebih rendah.

Sebetulnya strategi online marketing tour travel tidak mudah, namun semuanya bisa dipelajari. Jika budged marketing anda cukup besar, silahkan gunakan jasa pihak ke-tiga.

Dalam marketing online travel ada dua level, yaitu level promosi secara umum tentang destinasi atau daya tarik wisata yang dijual, dan yang kedua level perusahaan, mengapa tour travel Anda layak jadi partner terbaik bagi target audience tersebut.

Sebenarnya promosi online bisa ditujukan langsung untuk dua arah. Pertama adalah B2B yaitu promosi ditujukan untuk partner travel agent lain, kedua B2C yaitu langsung menargetkan pengunjung/market Anda.

Sedangkan bagi anda yang memiliki kantor yang juga berfungsi sebagai lapak jaulan, anda dapat memadukan strategi marketing online dan offline.

Langkah marketing online pertama untuk trour travel adalah membuat/memiliki website. Membuat website tour travel tidak selalu mahal. Jika memang anda memiliki keahlian untuk membuat sendiri website travel sendiri tentu sangat bagus. Jika belum punya website sudah saatnya anda travel anda membuat website. Bila dikelola dengan baik, investasi untuk website anda akan membuahkan hasil yang sangat maksimal.

Selain strategi marketing online dan offline, berbagai strategi bisnis tour travel lainnya harus dibuat dengan matang mulai dari perencanaan, penerapan strategi, manajemen, hingga evaluasi dan proses kontrol. Bagaimana perusahaan anda membuat dan merealisasikan rencana kerja atau program yang sudah disusun, pelayanan yang prima pada semua lini, strategi keuangan, produk, sampai cara menghadapi resiko.

Saya bukan pakar, tapi saya berharap sharing “Strategi Bisnis Tour dan Travel” ini bermanfaat untuk para pelaku bisnis tour travel.

2 thoughts on “Strategi Bisnis Tour Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *