Startup Indonesia

Kata startup agaknya mulai akrab ditelinga masyarakat Indonesia. Khususnya dikalangan anak muda yang tinggal dikota-kota besar.

Saya sendiri belum terlalu lama ‘kenalan’ dengan kata tersebut. Ntah kapan tepatnya. Tapi saya langsung jatuh hati. Apalagi setelah banyak membaca kisah startup lokal yang menuai kesuksesan. Sebagian dari Anda mungkin sudah membaca kisah 42 founder startup di tahun 2013 yang dirilis id.techinasia.com

Meski terpukau dengan perkembangan starup di Indonesia, saya telah memulai dan menjalankan bisnis sebelum kenal dengan istilah tersebut. Saya bisnis dibidang tourism sejak 2012 lalu dengan mendirikan travel online BangkaTour.Com dikota kecil, Pangkalpinang – Bangka.

Kini setelah hampir 3 tahun berjalan, kami beranjak mengembangkan bisnis dengan mengerjakan sebuah proyek bisnis baru bernama JagooTravel.com. Nah, proyek pengembangan bisnis inilah yang secara tidak sengaja mengenalkan saya dengan kata ‘startup’.

jagootravelSaya tidak tahu persis apakah Jagoo Travel bisa dikatakan startup atau bukan. Namun saya tahu pasti bahwa bisnis baru kami tetap sejalan dengan passion saya dan juga kemampuan tim kami. Lokus utama kami juga masih dalam rel yang sama, yakni tours and travel service (online travel agen). Tentu saja dengan kreatifitas serta inovasi baru. Dengan mimpi yang lebih besar, keyakinan dan juga menuntut kerja keras yang lebih dahsyat.

Jagoo Travel, sebetulnya telah kami canangkan sejak oktober tahun 2013 lalu. Saya memulainya dengan banyak diskusi, penelitian, sambil mencari tim (mungkin istilah kerennya, co-founders).

Sedikit cerita, pada awalnya proyek ini bernama “Indonesian Holiday”. Namun setelah menemukan tim, namanya kami rubah menjadi Jagoo. Saya bermimpi melalui nama ini, kami bisa menjadi leader (setidaknya) dalam ceruk pasar yang hendak kami masuki.

Saat ini Jagoo Travel masih dalam progres. Jika tak ada aral melintang, proyek ini akan kami lounching dalam waktu dekat.

Oh ya, kembali soal startup, jika Anda tertarik untuk berkenalan dengan kata tersebut, silahkan mampir ke situs-situs berikut: Dailysocial.net, startupbisnis.com, startuplokal.org atau kunjungi techinasia.com. Situs-situs terkait lainnya, bisa Anda tanyakan langsung ke mbah google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *