Start Dulu, Tetaplah Yakin, Dan Sempurnakan Kemudian

start bisnisKhafidz Nasrullah merupakan pengusaha minyak Atsiri. Ia adalah pengusaha sukses kedua setelah Bong Kurnia Ebo, yang saya kenal sebagai alumi IAIN Sunan Kajigaja Jogjakarta. Kagum rasa-nya melihat alumni kampusku telah menjadi pengusaha-pengusaha muda sukses.

Kesuksesan mereka sungguh membuatku kian terpacu untuk terus melangkah mengikuti jejak kesuksesannya.

Khusus mas Khafidz Nasrullah, aku belum mengenalnya secara langsung. Bahkan profilenya pertama kali aku ditemukan pada harian sindo secara tidak sengaja. Namun demikian prinsip bisnis dan karyanya dalam memajukan masyarakat Kendal sungguh menginspirasi.

Kalau mau bisnis, start saja dulu lalu sempurnakan sambil jalan. Jalani dulu apa yang bisa kita garap. Yang paling penting, kita harus punya mental kuat. Masalah teknis bisa dipelajari sambil jalan. Itulah salah satu prinsip bisnis dari mas Khafidz. Sebuah prinsip bisnis yang ternyata juga kerap aku terapkan dalam beberapa proyek bisnisku.

Masih sangat jelas dalam ingatanku, saat aku nekat mengembangkan Belitungtours.com pada 2013 silam. Kala itu pengembangan travel online Belitungtours.com bisa dibilang dengan modal nekat. Kenapa aku bilang nekat?.

Betapa tidak, meski telah menjalan bisnis biro perjalanan di Bangka dengan brand Bangkatour.Com, mengembangkan unit usaha baru (meski masih sejenis) di Belitung tidaklah mudah. Pasalnya saat itu usahaku di Bangka sendiri belum terlalu stabil. Selain itu dengan brand Bangka Tour saja sebetulnya kami sudah bisa menjaring banyak wisatwan untuk liburan ke Belitung.

Pada situasi itulah aku memutuskan untuk nekat mengembangkan unit bisnis baru, Belitungtours.Com. Modal awal kala itu berkisar antara 5 s/d 8-juta. Belitung tours kami handling dari Bangka secara bersamaan dengan Bangkatour. Kami belum punya kantor resmi di Belitung.

Satu tahun berjalan unit bisnis rintisan ini belum menampakkkan perkembangan signifikan. Bahkan aku sempat terpikir untuk menutupnya. Tapi dengan keyakinan dan support antar owners di Visit Babel, kini unit usaha tersebut resmi beroperasi di Belitung. Berawal dari sedikit kenekatan, kini BelitungTours sudah memiliki kantor resmi di Belitung dan telah melayani banyak wisatawan yang liburan di Belitung. Pelanggan-nya beragam; mulai dari individu, keluarga, komunitas, hingga perusahaan.

Nah, bagi Anda yang ingin Liburan ke Pulau Belitung dengan pelayanan tour travel di Balitung harga dan service terbaik. Dapatkan Penawaran Terbaik dari kami BelitungTours.Com. Call Us : (0719) 22497

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *