Raja Belacan, UKM Lokal Yang Sudah Go Online

Setelah beberapa pekan terakhir update blog ini banyak mengulas seputar pariwisata dan bisnis travel, pekan ini saya akan berbagai inspirasi tentang hal-hal remeh seputar kehidupan pribadi. Untuk penyegaran. So, jangan kabur ya….!

Beberapa waktu yang lalu sahabat saya owner Galery Property, mengenalkan saya dengan salah satu rekan sesama anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Babel. Ia adalah pelaku UKM lokal yang memproduksi terasi Bangka dengan brand Raja Belacan (raja terasi). Saya cukup kaget waktu pertama kali melihat terasi hasil produksinya. Sebab Raja Belacan ternyata bukan terasi biasa.
terasi.icoTerasi yang notabene hampir setiap hari saya konsumsi sukses disulap menjadi produk yang lebih berkelas. Belacan yang selama ini saya pandang sebelah mata karena hanya sekedar bumbu pelengkap masakan di dapur, sukses dipermak menjadi produk yang lebih bernilai.

Saya benar-benar salut dengan produk terasi super tersebut. Sebab hampir tidak ada terasi di Bangka yang bisa tahan lama apalagi dengan kemasan yang ‘kece’ seperti Raja Belacan ini. Aromanya juga tidak menyengat seperti kebanyakan terasi lainnya. Bahkan seorang teman dikantor tanpa ragu langsung ‘nyicip’ waktu pertama kali terasi ini saya beli.

Meski baru satu setengah tahun berjalan bisnis produksi terasi ini ternyata memang tidak main-main. Buktinya, produk Raja Belacan telah mejeng di berbagai toko oleh-oleh di Bangka Belitung. Bahkan sudah mulai merambah di sejumlah mini market berbagai kota di wilayah Sumatra.

10408990_1502269686689980_6658581939019839525_nSentuhan kreatifitas dan inovasi membuat terasi hasil produksi Raja Belacan memang sangat berbeda. Saya berani mengatakan demikian karena saya tahun persis bagaimana terasi Bangka yang umumnya dijual dipasar-pasar.

Mungkin bukan cuma saya yang mafhum. Bukankah terasi diamana-mana dikenal memiliki bau yang cukup menyengat, lembek, tidak bisa tahan lama dan kemasannya ya…begitulah. Terasi Bangka khususnya selama ini semakin tidak berkelas karena hanya dijajakan apa adanya di pasar-pasar tradisional. Kalau pun sebagian sudah mejeng di sejumlah mini market dan toko oleh-oleh, namun packing nya masih sangat sederhana.

Padahal saya tahu persis bahwa terasi Bangka sudah dikenal luas sebagai terasi yang enak. Salah seorang master kuliner Indonesia Bondan Winarno. yang terkenal dengan “mak nyuss”-nya bahkan selalu memiliki stok terasi Bangka di rumahnya. Lebih jauh, Anda juga bisa dengan mudah melihat pamor terasi Bangka di wikipedia bahasa Indonesia.

Bisnis Terasi Super Go Online
web raja terasiSetelah kenalan dengan Raja Belacan, saya mulai berteman baik dengan ownernya. Mas Qhadafi A. R namanya. Usianya masih sangat muda sekitar 23 Tahunaan kalau tidak salah. Sebelum memberanikan diri untuk bisnis terasi, ia pernah bekerja di beberapa perusahaan mulai dari property, restoran dan lain-lain.

Singkat cerita dari persahabatan inilah kemudian kami menjalin kerjasama. Saya menawarkan diri untuk mendistribusikan produk Raja Belacan keluar daerah Bangka Belitung. Dan, gayungpun bersambut.

Meski belum memiliki pengalaman khusus untuk mendistribusikan produk lokal apalagi terasi, tapi sejak lama saya telah memendam keinginan yang sangat besar untuk memasarkan produk-produk lokal di Bangka Belitung. Impian itu tak kunjung mewujud karena saya belum menemukan produk UKM lokal yang cukup menarik. Saya tak kunjung menemukan produk lokal dengan manfaat dan kualitas yang tidak malu-maluin untuk minimal bisa go nasional, syukur-syukur bisa menembus pasar expor.

Akhirnya berbekal keyakinan dan modal sendiri, saya pun resmi menjadi distributor Terasi Super khas Bangka Belitung ini. Sebuah produk home industri dari UMKM lokal yang saya anggap akan dapat diterima dengan baik dipasar tanah air.

Langkah pertama saya adalah membuat terasi Bangka Raja Belacan Go Online. Melalui website www.rajabelacan.com bisnis baru ini-pun kini telah siap melayani pemesanan terasi super khas Bangka Belitung ‘Raja Belacan’ via online.

Visi dan misi saya terhadap bisnis bisa dibilang cukup sederhana. Pertama, saya ingin turut serta memajukan sektor UKM lokal di Bangka Belitung. Saya merasa terpanggil dan tertantang untuk mengenalkan produk-produk kreatif dari Babel pada masyarakat luas. Syukur-syukur bisa menembus pasar mancanegara.

Kedua, saya bermimpi untuk menghadirkan terasi Bangka dengan kualitas dan keunggulan yang sangat baik ini kedapur-dapur keluarga Indonesia dan syukur-syukur bisa menjadi pelengkap yang memperkaya citarasa aneka masakan khas Indonesia dan mancanegara.

#Bismillah… Follow twitter-nya ya… @TerasiSuper

PS : Buka bisnis itu gampang!. Buka saja bisnis terasi super khas Bangka Belitung sekarang!. Cukup daftar jadi reseller Rajabelacan.com kamu sudah bisa buka usaha. hehe promosi nih ye… Tapi, untuk sukses membesarkan bisnis pasti akan selalu butuh perjuangan extra. Apapaun bisnsnya.

Apakah Anda pernah mendengar atau mencicipi terasi Bangka ?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *