Persaingan Bisnis Itu Biasa

Persaingan yang tujuannya hanya untuk bersaing, untuk mengalahkan orang lain, tak pernah mendatangkan banyak manfaat. (Henry Ford)

Persaingan bisnis itu lumrah. Semakin besar permintaan sebuah barang atau jasa semakin ketat persaingannya. Hal yang sama juga terjadi dalam bisnis online. Dan, tidak terkecuali dalam bisnis tour and travel. Kecuali Anda bermain pada area blue ocean.

Persaingan dalam bisnis tour & travel misalnya semakin hari kian sengit. Kini hampir siapa saja yang punya keinginan untuk menjalankan usaha dibidang ini bisa dengan mudah memulainya. Bahkan bila modal Anda sangat terbatas sekalipun.

Saya telah mengulas tentang hal ini dalam beberapa artikel sebelumnya.

Persaingan yang ketat itu terkadang tidak lagi sportif. Ceruk pasar yang tidak membesar dengan cukup cepat, sementara pemain semakin ramai membuat hal itu sulit dihindarkan.

Bisa dipastikan kalau baru akan memulai, sudah banyak orang yang terlebih dahulu memasuki bisnis travel sehingga Anda dipastikan memiliki banyak pesaing. Sebagian pesaing mungkin menggunakan cara yang sehat, namun kadang kala ada juga yang nakal.

Sebagai pelaku bisnis dibidang tourism, usaha saya juga tak luput dari persaingan. Persaingan paling melelahkan salah satunya adalah perang harga. Meskipun perang harga merupakan salah satu jalan terbaik untuk membunuh bisnis, namun tidak mudah untuk tidak ikut-ikutan latah dalam persaingan ini.

Salah satu pengalaman terbaik menghindari perang harga yang pernah kami lakukan adalah memperluas area bisnis. Kami tidak lagi mengerdilkan diri hanya terpaku pada usaha jasa tour and travel service.

Dalam uapaya memperluas cakupan usaha ini kami menjalin kerjasama yang apik bahkan dengan sesama pelaku bisnis travel. Jadi alih-alih bersaing dengan cara-cara kotor atau perang harga gila-gilaan, kami malah bersinergi dengan memperluas layanan serta cakupan usaha.

Yang paling anyar, kami membantu menyukseskan event dari salah sau instansi di provinsi Babel. Pengalaman kami dalam melayani dan mengorganize berbagai kegiatan membuat langkah kami melaksakan sebuah event terasa lebih mudah. Hanya dalam waktu 2 hari, kami sukses menyelenggarakan event jalan sehat dengan ribuan peserta di 4 kabupaten berbeda. Meski cukup rempong, tapi seru.

Hal yang hampir serupa juga dilakukan oleh sahabat kami sesama pelaku bisnis tour and travel di Bali.

Sebagai catatan : penting bagi kita untuk selalu bersaing dengan cara yang sehat agar tidak merugikan pihak lain maupun pesaing. Selain itu, bila anda juga tertarik untuk memperluas lingkup bisnis travel Anda, pastikan bahwa area baru yang ingin Anda masuki masih dalam lingkup “tourism” atau setidaknya pastikan bahwa Anda memang mampu. Kalau belum mampu ya…pelajari dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *