Perjalanan Bisnis Sepanjang 2014

Sebelumnya saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2015 buat kita semua. Semoga pada tahun 2015 ini kita semua semakin sukses dan lebih baik lagi dari tahun lalu.

Pada kesempatan ini, saya sengaja update blog ini dengan melakukan sedikit evaluasi terhadap langkah-langkah bisnis saya bersama tim pada tahun 2014 kemaren. Selain sebagai pengingat untuk diri sendiri, mudah-mudahan bermanfaat bagi siapa saja yang kebetulan membacanya.

Banyak pengusaha pemula sangat berambisi untuk membesarkan bisnisnya secepat mungkin. Hal ini benar-benar saya rasakan dan alami sendiri selama 2014 silam. Setelah lebih dari 2 tahun menggeluti bisnis tour travel di Bangka Belitung saya sangat bernafsu untuk segera melebarkan sayap bisnis. Saya menginginkan lompatan besar dengan segera.
tahun baru 2015Berbagai ide, wacana dan gagasan bertebaran dalam benak saya dan juga tim untuk dapat segera melakukan lompatan besar. Semacam upaya percepatan. Berbagai rencana yang (kebanyakan tidak matang) kami jalankan untuk membesarkan bisnis yang kami kelola.

Sepanjang tahun 2014, berbagai hal ; mulai dari membangun bisnis baru hingga menerapkan berbagai setrategi dan inovasi baru saya lakukan bersama tim. Semua kami lakukan dengan kesepakatan bersama dan atas persetujuan bersama. Dengan harapan dan mimpi yang sama yaitu percepatan.

Kami membangun usaha baru dibidang interior, membuat badan usaha baru, dan membangun galeri kaos oleh-oleh khas Bangka. Kami juga mencoba-coba sejumlah peluang yang nampak menggiurkan. Membuat berbagai kebijakan baru, seragam karyawan, kebijakan keuangan yang lebih ketat, merekrut karyawan baru, kantor baru, mengikuti beberapa pameran diluar kota hingga ke luar negeri, merekrut tenaga marketing freelance diluar kota dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu untuk salah satu usaha baru, kami juga mengajak beberapa teman lain yang kami anggap berkompeten. Singkat cerita, kami melakukan banyak investasi, baik dalam bentuk pikiran, tenaga maupu finansial.

Bagaimana hasilnya ?

Ya, hasilnya tentu sudah bisa ditebak. Hasrat menggebu yang ingin cepat besar dari para pengusaha muda/pemula mudah diterka. Meski tak semuanya gagal total (belum sukses besar), namun hasil dari semua pemikiran, tenaga dan biaya yang kami keluarkan di tahun 2014 lalu sungguh tak berbanding lurus dengan ekspektasi saya dan tim.

Sebetulnya tidak sedikit nasehat yang saya dapatkan sebelum semua agenda 2014 itu saya lakukan. Berbagai saran baik disampaikan secara langsung pada saya pribadi dari sejumlah mentor dan teman-teman, maupun dari buku-buku bisnis yang saya baca, serta berbagai video, artikel, hingga kultwit para pelaku bisnis telah saya dapatkan.

Namun pesan-pesan sederhana yang super penting tentang kesabaran dan proses dalam bisnis nampaknya kurang saya hiraukan. Bersabar sebelum memutuskan untuk ekspansi, fokus dalam menjalankan satu lini bisnis terlebih dahulu. Ya, pengabaian atas nasehat-nasehat itulah yang membuat bisnis saya dipenghujung 2014 hampir runtuh.

Ah, saya sungguh mendapatkan banyak pembelajaran bisnis yang tak ternilai harganya pada tahun 2014 lalu.

Kini saya menatap tahun baru 2015 dengan penuh keyakinan dan optimisme tinggi. Selain terus mengembangkan bisnis Visit Babel dan berjuang memajukan Royal Indonesia, saya juga telah menjalankan bisnis sendiri. Saya juga mengawali tahun 2015 ini dengan terlibat dalam merintis bisnis agen properti Bangka Belitung bersama teman dengan brand Galery Property. Mudah-mudahan 2015 menjadi tahun yang hebat dan luar biasa bagi perjalanan binis dan kehidupan kita semua. Amiin.

Bagaimana dengan perjalanan bisnis Anda tahun 2014 lalu?.

Sumber Gambar : infopeluangusaha.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *