Peluang-Peluang Bisnis Sektor Pariwisata

Bagaimana sesungguhnya Peluang Bisnis Sektor Pariwisata di tanah air. Kita tentu sadar, era MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean sudah didepan mata. Banyak kalangan optimis bahwa sektor pariwisata akan membuka berbagai peluang dan meski tetap ada sejumlah tantangan. Nah, peluang-peluang menarik apa saja yang patut dicermati dan bahkan mungkin saja bisa segera kita tangkap.

wisataSektor pariwisata Indonesia terus berjuang untuk menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Dan, dalam hiruk-pikuk itu kita tentunya tidak mau hanya menjadi subjek, mengingat potensi pariwisata Indonesia sungguh luar biasa.

Pertanyaan-nya, akankah kita hanya duduk manis. Membiarkan peluang ini terlewatkan begitu saja.

Pagi ini saya akan coba share sedikit tentang berbagai peluang bisnis sektor pariwisata. Berbagai peluang ini sangat bisa dikembangkan di daerah kawasan wisata. Atau mungkin saja di daerah kita masing-masing. Kalau mau joint partner mengembangkannya di daerah Bangka Belitung, kontak saya juga boleh 😀

Sedikitnya 3 hal yang pasti dicari dan dibutuhkan wisatwan ketika berkunjung kesebuah destinasi.

Nah kita bisa memberikan solusi untuk 3 pertanyaan ini ;
Apa yang bisa menarik untuk mereka lihat?
Apa yang bisa mereka lakukan?
Apa yang bisa mereka beli?

Sebagai gambaran, berikut ini peluang-peluang bisnis dibidang pariwisata yang layak dipertimbangkan:

tour leaderBisnis Biro Perjalanan

Bisnis Biro Perjalanan masih punya potensi besar. Pesatnya jumlah wisatawan domistik maupun mancanegara yang melakukan perjalanan wisata menjadi berkah tersendiri bagi pelaku bisnis biro perjalanan. Setiap tahun tingkat kunjungan wisatawan di Indonesia terus mengalami peningkatan yang sangat berarti.

Jadi bisa dibilang peluang untuk bisnis biro perjalanan masih sangat terbuka. Tentu saja dibutuhkan pengetahuan khusus untuk menjalankan bisnis ini. Kalau masih bingung, ulasan tentang bisnis biro perjalanan pernah saya bahas di sini. Barangkali bisa sedikit membantu. (Baca juga : Peluang Bisnis Travel)

DSC_0018Bisnis Kuliner

Semua orang butuh makanan, tidak terkecuali wisatawan. Bisnis kuliner dikawasan destinasi/objek wisata tentu saja sangat menjanjikan. Kini bahkan telah berkembang pula istilah wisata kuliner. Bisa dimaklumi karena kuliner nusantara memang sangat kaya. Untuk memulai bisnis kuliner didaerah wisata sebetulnya tidak sulit. Anda bisa mensiasatinya dengan sedikit kreativitas. Hal ini juga tergantung modal yang Anda miliki. Untuk skala restoran ‘konsep’ interior tentu sangat menentukan kesuksesan bisnis kuliner Anda. Menariknya, kuliner tidak selalu tentang kemewahan. Bila Anda memiliki nilai tambah yang sangat ekslusif wisatwan biasanya tidak peduli dengan lokasi, interior bahkan pelayanan Anda.

Bila tertarik untuk diskusi bisnis kuliner dikawasan wisata popular yang sedang berkembang pesat seperti Belitung, contact me ya. :D)

bus pariwisataBisnis Penyewaan Kendaraan

Salah satu masalah atau kebutuhan wisatawan yang berlibur adalah transportasi. Kita bisa memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk berpindah dari tempat wisata yang satu ke tempat yang lain. Ini adalah peluang besar.

Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua, boat, kendaraan tradisional sepertinya sangat masuk akal di daerah yang dekat dengan tempat wisata. Bisnis penyewaan kendaraan memang sangat terkait dengan bisnis travel. Anda bisa menyediakan jasa antar jemput para turis dari lokasi wisata ke hotel atau mungkin ke tempat lain.

Ada banyak cerita diluar sana dari teman-teman pelaku bisnis sewa kendaraan yang sukses menekuni usaha ini. Bahkan ada yang memulainya dengan modal hampir nol rupiah. Kita juga pasti bisa.

Foto by : https://sites.google.com/a/sduhsd.net/mr-jordon/photography
Foto by : sites.google.com

Bisnis Jasa Fotografi/Videografi

Barangkali kini setiap orang memiliki kamera pada gadget mereka untuk mengabadikan tiap kenangan indah yang mereka lalui ketika berwisata. Namun, apakah itu lalu mematikan peluang bisnis fotografi pada daerah wisata? Nyatanya tidak, lantaran selalu ada batasan-batasan yang dimiliki oleh wisatawan untuk mengabadikan momen anda sendiri. Keterbatasan itu misalnya pada kualitas kamera supaya terlihat indah, sudut pengambilan, spot yang menarik, dan sebagainya. Dengan bermodalkan kamera digital SLR atau jenis lain dengan kualitas profesional, anda bisa menawarkan jasa sebagai fotgrafer atau videografer. Anda bisa menawarkan jasa tersebut dalam paket wisata, atau anda bisa langsung menawarkan kepada wisatawan. Jika anda fokus pada foto, upayakan anda bisa langsung mencetak hasil foto tersebut dengan kualitas yang baik.

miceBisnis Wisata MICE

Istilah MICE bisa jadi belum terlalu familiar bagi sebagaian orang. Namun Anda tentu sudah sangat akrab dengan bisnis EO. Nah, EO merupakan salah satu bagian dari MICE (biar mudah dipahami). Perkambangan industry MICE di Indonesia masih kalah jauh dari Negara-negara tetangga. Tapi ini bukan saatnya mengeluh. Sebaliknya inilah salah satu peluang bisnis yang masih sangat terbuka dan memiliki potensi luar biasa.

Lebih jelasnya tentang bisnis wisata MICE, sebaiknya simak tulisan saya sbelumnya ya..klik disini.

central city belitung
central city belitung

Bisnis Penginapan

Bisnis Akomodasi penginapan di Bangka Belitung saja misalnya, berkembang sangat pesat. Apalagi dikota-kota besar. Di Jogja, tidak sedikit rumah-rumah pribadi yang “nganggur” dijadikan sumber income karena disulap jadi penginapan atau HomeStay.

Setiap wisatawan pasti membutuhkan tempat untuk beristirahat ketika berwisata. Bisnis akomodasi tidak harus besar. Anda mungkin akan sulit membangun hotel mewah dengan fasilitas yang lengkap. Toh tidak semua traveler memilih untuk menginap dihotel mewah. Untuk itulah penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas sederhana juga banyak diminati.

Nah, itu tadi beberapa peluang bisnis pariwisata yang bisa anda pertimbangkan. Jika anda memang berniat, segeralah rencanakan dengan matang dan eksekusi. Karena sebentar lagi akan lebih banyak wisatawan asing yang menyerbu Indonesia. Didalam negeri, traveling telah menjadi kebutuhan hampir semua orang.

Masih banyak peluang bisnis lainnya yang juga menarik dan bisa jadi inspirasi; bisnis souvenir khas, kaos traveling, binsis jual perlengkapan traveling (yang ini belum ada ecommers besar-nya lho), jasa tour guide, penerjemah kalau Anda pandai bahasa asing, dan banyak deh #mikir

Buat yang berminat mengembangkan bisnis di bidang pariwisata seperi penginapan, hotel, restoran, toko oleh-oleh, bus pariwisata dan lain-lain di prov. Bangka Belitung, sharing bareng saya dulu boleh kok. Silahkan kontak saja. (Baca Juga : Jual Daya Tarik Wisata di Daerah Kamu)

One thought on “Peluang-Peluang Bisnis Sektor Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *