Memulai Bisnis Travel Tanpa Modal, Begini Caranya

travel tiket pesawat

Traveling kini bukan hanya sakedar perjalanan bisnis atau jalan-jalan dengan maksud untuk menghilangkan penat setelah saban hari dalam satu minggu bergelut dengan pekerjaan kantor, bisnis, project dan pekerjaan-pekeraan lainnya.

Kini traveling menjadi kebutuhan. Menjadi gaya hidup. Sebagian orang menggapnya sebagai hobby dan passion. Bagi para pecinta petulang, traveling menjadi momen yang amat penting dari kehidupannya. Istilah keren-nya “perjalanan adalah hidup”.

Sebenarnya sudah sejak dulu, banyak para traveler (sebutan bagi orang yang memiliki hobby traveling) yang mempunyai agenda rutin setiap minggu, bulan, atau tahun untuk mengunjungi tempat-tempat yang telah mereka incar untuk dikunjungi.

travellerNamun kini seiring berkembangnya zaman dan teknologi terlebih dengan pesatnya era sosial media, para traveler semakin banyak. Traveler kini tidak hanya dari kalangan orang dewasa, tapi juga remaja dan bahkan para orang tua.

Sebagian traveler sekarang ini lebih bahagia terlihat eksis di sosial media daripada benar-benar menikmati tempat-tempat yang dikunjungi. Atau menikmati perjalanan tu sendiri. Hal tersebut tidak aneh dan sah-sah saja mengingat zaman sekarang teknologi melesat dengan cepat sehingga dunia maya menjadi tak terbatas.

Bayaknya traveler yang ingin mengunjungi dan berburu tempat-tempat yang sudah menjadi viral di sosial media, maka bisnis agen travel juga semakin semarak.

data-target-wisatawan-indonesiaNah, jika umumnya menjalankan bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi, ada cara menjalankan bisnis travel tanpa modal. [Baca juga :Binis Travel Online; Peluang Menggiurkan di Era Digital

Ya, peluang bisnis travel memang masih cukup menjanjikan. Meski persaingannya juga kian sengit. Namun tak pelak, siapa saja apalagi kalau kamu memang suka traveling, peluang bisnis ini mungkin layak dipertimbangkan.

Terlebih disetiap tahun jumlah traveler yang mencari tempat rekreasi baru yang tidak terlalu mainstream juga semakin riuh. Besarnya perhatian pemerintah dalam menggenjot sektor pariwisata di tanah air belakang ini juga patut dicermati.

Itulah kenapa bisnis travel bisa dibilang bisnis yang masih cukup menjanjikan sekarang ini.

franchise-waralaba-travelBagaimana menjalankan bisnis travel tanpa modal?

Sebenarnya untuk menjalankan bisnis apapun memang memerlukan modal dengan jumlah atau besaran yang berbeda-beda. Tergantung bisnis atau skala usaha apa yang akan dijalani.

Namun maksud dari bisnis travel tanpa menggunakan modal ini sebenarnya bukan tanpa modal sama sekali, namun hanya mengeluarkan sedikit modal saja dalam menjalankan bisnis travel-nya.

Oky, jadi beginilah cara memulai bsnis travel tanpa modal ? [Baca juga : Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel]

bisnis travel-onlineTravel Rumahan

Perlu diketahui, untuk memulai bisnis travel pada umumnya memiliki beberapa persyaratan yang memang mengharuskan mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Di antaranya adalah biaya untuk perizinan yang mengeluarkan biaya kurang lebih mencapai jutaan rupiah. Selain itu kita harus memiliki tempat untuk berbisnis travel yang bisa dijadikan kantor.

Kemudian kita harus memiliki peralatan-peralatan yang dapat mendukung usaha atau bisnin travel ini seperti seperangkat komputer dan lain-lainnya. Semua itu tentu saja harus dibeli dengan uang yang tidak sedikit.

Ketika akan memulai bisnis travel  pikirkan atau estimasi semua biaya atau modal untuk usaha tersebut. Kalau belum memililiki biaya yang mencukupi, kamu tidak perlu mundur dulu untuk menjalankan bisnis ini.

Jangan berkecil hati. Kamu masih bisa memulai bisnis travel dengan membuat rumah menjadi kantor kita tanpa perlu mengeluarkan biaya-biaya yang besar, yang diperlukan adalah komputer, jaringan internet, dan website travel online.

Hal ini pernah saya lakukan sendiri. Dulu ketika petama kali terjun kedalam bisnis tour and travel lokal di Bangka Belitung. Ceritanya sudah beberapa kali saya bahas dalam posting sebelumnya. Buka saja arsip blog ini ya ;D)

[Baca juga : Bisnis Travel Dengan Omset Milyaran, Begini Caranya]

Kembali ke topik.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa kini zaman sudan beralih ke teknologi-teknologi yang semakin canggih yang memudahkan orang-orang dalam melakukan pekerjaannya.

Oleh karena itu, dengan membuka bisnis travel secara online di rumah, akan lebih mudah dalam bekerja tanpa harus ribet dan pelanggan atau calon pelanggan pun akan lebih nyaman dengan bertransaksi secara online.

Travel Waralaba (Franchise)

Ketika kita bingung bagaimana cara memulai bisnis travel tanpa modal, berpikirlan lebih lapang, karena di luar sana banyak sekali peluang bisnis travel yang data dijalankan. Salah satunya adalah dengan bergabung bersama travel dengan cara waralaba.

Memang dengan cara ini kita tidak bisa memberikan trademark usaha atau bisnis travel kita dengan cara bahkan nama sendiri, namun bagi calon pebisnis travel yang akan memulai bisnis travelnya dengan keterbatasan dana dapat menjadikan cara ini sebagai pilihan yang tepat.

Dengan cara ini kita dapat membeli hak untuk memakai nama, slogan, atau bahkan konsep dari travel tersebut pada bisnis travel kita. Memang untuk memilih cara ini dibutuhkan modal bergantung besar tawaran yang diberikan dari pihak pemilik travel tersebut.

Keuntungan travel waralaba ini adalah bisnis travel yang kita buka akan cepat laris sesuai dengan popularitas dan kredibilitas travel yang dijadikan franchise tersebut dengan demikian modal yang telah dikeluarkan akan cepat kembali.

Travel Spesial/Khusus

Bisnis travel tanpa modal selanjutnya adalah bisnis travel spesial atau khusus. Jenis bisnis travel ini tentunya memiliki kesempatan yang besar untuk dapat berkembang di masa mendatang, serta biaya yang dikeluarkan pun bisa dikatakan relatif sedikit.

Untuk menjalankan bisnis travel ini yang diperlukan adalah adanya kreativitas serta kemampuan dalam menjalankan bisnis. Adapun cara untuk menjalankan bisnis ini di antaranya adalah menawarkan jasa traveling atau tour / trip.

Misalnya kamu bisa membuat paket wisata dengan destinasi tujuan yang sudah kamu kenal dengan baik. Tawarkan ke orang-orang terdekat terlebih dahulu dengan harga yang terjangkau.

Meski harganya terjangkau, tetap sediakan program yang ditawarkan memiliki fasilitas wisata yang memadai sesuai dengan porsi paket tour tersebut. Dengan cara ini tentu saja calon pelanggan akan tertarik untuk memakai jasa travel kamu. Untung sedikit tidak masalah. Anggap saja biaya promosi awal.

Demikian beberapa tips untuk memulai bisnis tour and travel tanpa modal. Meski sebagian tetap saja harus mengeluarkan modal, tapi jumlahnya relative kecil. Mental gratisan boleh saja, tapi jangan kelewatan. Bagaimanapun juga kamu tetap butuh modal. Setidaknya untuk belajar.

Mau belajar lebih serius agar bisa segera buka bisnis travel, dapatkan Ebook-nya KLIK di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *