Melayani Wisatawan Belanda Pulang Kampung ke Bangka

Bangka tour

Dalam 2 pekan terakhir tim lapangan saya harus kerja keras melayani 2 rombongan wisatawan asal negeri kincir angin, Belanda. Bukan karena turis nya cerewet atau pelit.hehe Tapi karena durasi liburan mereka yang tidak lazim, terlalu panjang untuk ukuran traveler yang biasanya berkunjung ke Bangka. Satu rombongan 7 hari.

Walaupun sudah 7 tahun menggeluti bisnis biro perjalanan dan rent car di Bangka Belitung, menyusun itinerary di Bangka untuk wisatawan mancanegara yang ingin berkeliling selama satu minggu penuh di pulau timah yang kecil ini tetap saja agak rempong.

Kalau hanya 3-5 hari saja sih, kami tak perlu mikir panjang untuk menyusun rincian perjalanannya. Apa boleh buat, saya dengan senang hati ikut membantu memikirkan untuk memberikan best service bagi klien bule-bule ini.

Saat rombongan pertama mendarat di Bangka, kami cukup kaget. Ternyata menginjakkan kaki di negeri laskar pelangi ini bak pulang kampung bagi mereka.

Ya, ternyata mereka dulunya pernah tinggal cukup lama di Bangka. Bahkan mereka nampak sangat paham beberapa daerah di Bangka. Beberapa orang malah menganggap inilah tanah kelahiran mereka.

Mereka banyak bercerita kalau Dulu ada bangunan ini dan itu di tempat ini. Dulu soekarno pernah di penjara di sini. Dan seterusnya dan seterusnya.

Begitulah cerita klien kami selama beberapa hari berkeliling di kampung kelahiran mereka. Mengunjungi berbagai tempat, rumah-rumah dan lokasi tempat yang dulu sempat menjadi kampung halaman mereka semasa kecil.

“Dulu kami cukup lama di Bangka. Tempat kerja orang tua kami juga sering pindah-pindah, jadi kami cukup hafal beberapa tempat di pulau ini”. Kata ketua rombongan bercerita pada team kami.

Mereka juga saling berpelukan dan terkadang hingga meneteskan air mata saat mereka tiba di suatu tempat tertentu yang memang ingin sekali mereka kunjungi. Tempat-tempat itu nampak memiliki arti tersendiri dimasa kecil mereka dulu.

Untunglah pengetahuan sejarah kami cukup lumayan. Hingga bisa menemukan semua tempat yang mereka minta untuk dikunjungi. Meski beberapa tempat itu sudah berubah dan tak jarang letaknya di pelosok antah berantah si ujung pulau Bangka.

Lepas dari napak tilas yang mereka lakukan, mereka nampak sangat menikmati liburan mereka di Bangka. Menikmati berbagai pantai indah yang dulu belum ada atau belum sama sekali di kelola. Mereka tidak menyangka ternyata di pulau kecil dimana mereka pernah menghabiskan masa kecilnya di sini sekarang memiliki banyak objek wisata mengagumkan.

Ya, sekarang Bangka memang sudah menawarkan beragam objek wisata menarik untuk liburan. Sejumlah pantai bahkan sudah di kelola dengan sangat apik. Formasi bebatuan granit eksotic, pasir pantai putih dan lembut, langit biru nan hangat, ombak yang tenang, kuliner yang lezat, dan masih banyak lagi daya tarik wisata Bangka yang siap memanjakan liburan wisatawan yang ingin berkunjung ke negeri serumpun sebalai ini.

“Terima kasih mas Harry, sudah memberikan layanan yang sangat baik untuk rombongan kami. Liburan kami dan rombongan di Bangka sangat mengesankan. Tim bpk juga sangat ramah dan selalu sigap membantu rombongan kami. Sukses selalu untuk travelnya. Kalau ada teman kami yang mau ke Bangka pasti akan saya rekomendasikan ke mas Harry. Mohon maaf bila ada sikap atau kata-kata kami selama liburan di Bangka Belitung ada yang kurang berkenan.”

Begitulah sepenggal testimoni dari salah satu rombongan klien kami bulan lalu.

Buat saya bahagia itu agak sederhana.

Saya sudah sangat bahagia ketika bisnis kami bisa membantu memudahkan dan membuat liburan klien kami menjadi mengesankan.

Saya sungguh tak menyangka, jualan paket wisata Bangka, paket tour Belitung dan rental mobil di Bangka Belitung yang saya geluti selama 7 tahun terakhir ini akan memberikan pengalaman-pengalaman manis seperti ini.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More...

View all posts by Hari JT →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *