Lini Bisnis Dan Berbagai Produk Tour & Travel Agent

Bisnis tour and travel cukup identik dengan usaha tiket pesawat. Memang tidak salah. Hanya saja persepsi ini agak sempit. Karena bisnis tour and travel telah berkembang dengan sangat pesat.

Secara akademis / teoritis bisnis jasa tour and travel service berbeda dengan usaha biro perjalanan Wisata. Namun dalam praktiknya, kedua usaha ini berjalan bersamaan. Bahkan hampir sulit dibedakan. Kecuali dalam pengurusan perjinan. Itu-pun hanya berlaku didaerah-daerah tertentu.

cropped-cropped-tourism.jpgNah, pada kesempatan ini saya akan berbagai tentang berbagai jenis usaha dan produk jasa dibidang pariwisata khususnya tour and travel. Saya tidak akan membedakan berbagai lini usaha dan produk bisnis ini berdasarkan teori-nya. Bukan apa-apa, hanya ingin memudahkan pembaca.

Inilah beberapa Lini Binsis Dan Produk Usaha Jasa Tour & Travel:

bisnis tiket peawat1. Ticketing
Meski bukan sebuah keharusan, tapi hampir semua bisnis tour & Travel melayani jasa ticketing. Bisa dibilang inilah produk utama dalam bisnis travel. Meski ticekting identik dengan tiket pesawat domistik dan mancanegara, namun sebetulnya masih banyak jenis tiket yang bisa Anda jual. Misalnya tiket atraksi wisata, tiket event tertentu, tiket kereta api, tiket kapal laut, tiket bus dan lain-lain.

2. Tour
Paket wisataTour atau yang juga dikenal dengan perjalanan wisata adalah suatu kegiatan mengunjungi suatu tempat untuk sementara dengan tujuan menikmati obyek dan daya tarik wisata. Perjalanan wisata memiliki ciri tertentu, yaitu : Perjalanan keliling yang kembali lagi ke tempat asal. Perjalanan tersebut telah direncanakan sebelumnya. Terdapat unsur – unsur produk wisata. Dilakukan dengan santai. Dan, terdapat tujuan – tujuan yang ingin dicapai dari perjalanan tersebut.

Tour bisanya dijual dalam bentuk paket. Istilahnya beragam, mulai dari paket wisata, paket tour, paket liburan, paket perjalanan, dan lain-lain. Anda dapat menjual paket tour yang sudah disediakan oleh biro perjalanan dan atau Anda juga dapat membuat produk sendiri.

Pembahasan mengenai paket wisata dan cara membuat paket wisata yang menarik bisa Anda baca pada tulisan saya sebelumnya, KLIK DISNI.

Jika bisnis travel Anda belum memiliki produk tour, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk menjual jasa yang satu ini.

aston belitung hotel3. Voucher Hotels
Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan produk yang satu ini. Ya, voucher hotel memang sudah banyak dijual. Voucher hotel adalah kupon prabayar yang dapat ditukarkan ketika akan menginap di hotel tertentu. Sama seperti membeli tiket pesawat, biaya menginap di hotel juga dapat dihemat dengan cara melakukan booking/reservasi dari jauh hari.

Anda dapat menjadikan voucher hotel sebagai slah satu layanan dalam bisnis travel Anda. Untuk bisa melayani jasa ini, Anda dapat menjalin kemitraan dengan travel/perusahaan yang memang secara khusus melayani booking hotel. Namun demikian Anda juga dapat menjalin kemitraan secara langsung dengan pihak management hotel. Tidak usah ragu, hotel-hotel akan dengan senang hati menjalin kerjasama dengan Anda. Dengan syarat usaha/bisnis travel Anda memiliki ijin dan alamat atau kontak atau penanggungjawab yang jelas.

Catatan Tambahan: Belakangan bisnis voucher ini tidak hanya diterapkan pada hotel. Beberapa travel juga sudh membuka layanan dengan menjual voucher untuk atraksi wisata seperti voucher water sport, voucher Spa, voucher diving, voucher golf dan masih banyak lagi.

paket umroh dan haji4. Umroh dan Haji Plus
Lengkapi produk usaha tour & travel Anda dengan menawarkan paket wisata religi Umroh dan Haji Plus. Produk ini sedang booming di Indonesia. Bahkan sebagian artis juga sudah mengambil peluang bisnis ini.

Untuk membuka layanan sendiri, Anda akan butuh perjuangan dan modal yang tidak sedikit memang. Namun untuk bisa menjual produk umroh dan haji ini tidaklah sulit.  Anda dapat mendaftarkan diri menjadi agent, sub agent atau perwakilan dari biro-biro perjalanan umroh dan Haji yang sudah ada. Banyak kok diluar sana yang menerima pendaftaran keagenan untuk produk ini. Cari partner atau perusahaan biro perjalanan yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik.

DSC_01135. Sewa Kendaraan Wisata
Anda dapat melengkapi produk wisata tour and travel Anda dengan membuka layanan sewa kendaraan wisata. Bisa sewa bus, sewa mobil, sewa motor, sepeda, boat dan lain-lain. Jika anda tidak memiliki kendaraan sendiri untuk disewakan pada kliend anda dapa menjalin kemitraan atau kerjasama dengan para pelaku bisnis lain. Upayakan kerjasama langsung dengan B2B dengan perusahaan PO Bus, atau rental langsung. Jika tidak Anda tidak akan memiliki harga yang bersaing dipasar.

Intinya Anda tak harus punya bus, kobil, motor, atau banyak sepeda untuk bisa membuka layanan sewa kendaraan wisata ini. Kreatiflah.

meeting-room-ibis-bali6. MICE
MICE adalah akronim bahasa Inggris dari “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” atau dalam bahasa Indonesia : Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran.

Mice bisa diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan : usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

Meski MICE adalah bagian dari industri pariwisata, namun untuk menjalankan bisnis yang satu ini tidak bisa dibilang semudah. Akan tetapi, saat ini sudah cukup banyak kok travel yang sukses memasuki bisnis MICE. Anda bisa memulainya dengan membuat/mencari rekanan untuk menjual paket meeting / paket wisata MICE.

Mungkin soal MICE akan kita bahas lebih dalam pada kesempatan yang lain.

Demikianlah sekilas gambaran Lini Binsis Dan Produk Usaha Tour & Travel Agent. Sebetulnya masih ada beberapa produk yang biasa dilayani oleh para pelaku atau perusahaan travel. Misalnya, jasa pengurusan dokomen perjalana dan Asuransi perjalanan. Anda mungkin bisa menambahkan jasa lainnya.

Nah, sekarang Anda bisa mengambil semua peluang dari lini bisnis atau produk-produk tersebut. Bisa juga hanya mengambil sebagian saja. Masing-masing produk tersebut memiliki pasar yang sangat luas. Peluangnya juga masih sangat terbuka.

Bagi Anda yang baru akan memulai bisnis tour & travel, saya sarankan  pilihlah yang menurut Anda paling mudah dan menguntungkan.

About Hari JT

Founder of @MitraWisataID | Interest : Tourism, Bisnis, Finance, Hospitality, Internet | Blog ini di update setiap awal pekan & kadang molor sampai hari rabu, dengan sajian renyah nan inspiratif. Read More…

View all posts by Hari JT →

One Comment on “Lini Bisnis Dan Berbagai Produk Tour & Travel Agent”

  1. gan.saya baru mulai bisnis tour travel. dan berencana untuk mengembangkan ke pengadaan tour se indonesia. kira2 gimana ya cara untuk kerjasama dengan tour guide di masing2 daerah? apakah saya perlu by email atau ketemu langsung dengan si guide? dan biasa poin2 apa yg perlu diperhatikan?
    terima kasih ya sebelumnya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *