Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel

bisnis tour travel

Membangun sebuah blog yang bagus itu tak ubahnya sebuah langkah marathon. Butuh banyak kegigihan, stamina extra dan perlu konsistensi.

Itulah sebabnya (tanpa bermaksud menggurui) saya masih saja setia menulis tentang topik yang sama “Bisnis Tour & Travel” di blog ini. Meski kini juga mulai nongol topik lain. Hehe

Sampai hari ini sudah lebih dari 10 artikel tentang binis tour and travel nangkring di blog ini. Selama 2 tahun lebih, blog ini saya semai dengan kisah (kadang sedikit narsis) tentang pengalaman pribadi selama bergelut dalam bisnis dibidang tourism ini.

Berbagai artikel tersebut telah mendatangkan banyak feedback positif. Dan, tentu saja menjadi sumber traffic utama bagi blog ini.

Meski jumlahnya belum fantastis, namun cukup mengembirakan untuk seorang blogger (yang notabene bukan seleb / pakar) apalagi blog-nya baru seumur jagung.

Itulah sebabnya saya masih merasa nyaman untuk terus berbagi tentang bisnis dibidang tourism di blog ini dan semoga saja bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Nah, pada pagi hari yang cerah ini, saya ingin mengulang kembali pembahasan tentang Cara Membuka Bisnis Travel.

Saya ulang agar bagian ini menjadi semakin mendalam. Agar sampeyan tidak mendapatkan pembahasannya sepotong-sepotong. Agar tidak ada lagi petanyaan yang sama dan berulang-ulang.

Jadi artikel ini bisa jadi gerbang bagi siapa saja yang ingin tahu Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel

Agar tidak membosankan, saya akan sajikan sejumlah artikel yang paling banyak dikunjungi di blog ini untuk tips bisnis travel. Saya berharap kumpulan artikel-artikel ini bisa membantu jenengan yang sedang kepengen buka bisnis tour and travel dengan mudah.

Kumpulan posting ini bisa jadi sangat bermanfaat karena konten-nya berisi pengalaman pribadi. Jadi saya kira cukup mudah diaplikasikan oleh mereka yang awam sekalipun.

Saya berharap bisnis travel online jenengan segera terealisasi. Segera dibuka.

Berikut ini adalah kumpulan link 10 artikel tentang Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel dan sekaligus menjadi posting paling banyak dibaca diblog ini.

Jangan Sungkan, KLIK saja Link-nya satu-persatu. Baca pelan-pelan. Semuanya GRATIS!!

  1. Peluang Bisnis Bidang Pariwisata
  2. Peluang Bisnis Tour and Travel
  3. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Travel
  4. Produk-produk Tour and Travel
  5. Tips-tips Bisnis Tour & Travel
  6. Cara Paling Mudah Bisnis Travel
  7. Tips Marketing Bisnis Travel
  8. Tantangan Bisnis Tour Travel
  9. Buka Bisnis Tour and Travel
  10. Buka Bisnis Tour and Travel Itu Mudah

izin usaha travelBonus Tambahan : Cara Mengurus Izin Bisnis Travel

Ternyata meskipun telah menulis lebih dari 10 artikel tentang tips bisnis travel, saya alpa menyampaikan tata cara mengurus perizinan bisnis ini. Nah sebagai bonus pada kesempatan ini saya sampaikan secara singkat cara mengurus izin usaha Biro Perjalanan Wisata di Indoneisa.

Untuk membuka usaha tour and travel, anda bisa mengurus Izin Usaha Perjalanan Wisata. Izin Usaha Perjalanan Wisata adalah izin yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada Badan Usaha atau perorangan untuk melaksanakan usaha jasa Biro Perjalanan Wisata (BPW), Agen Perjalanan Wisata (APW).

Untuk mengurus izin usaha perjalanan wisata ini, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain :

*Badan Hukum (CV/PT)
*Data Pendukung (leaflet, booklet, dsb)
*Denah lokasi perusahaan
*Akte Pendirian Perusahaan
*Izin Gangguan (HO)
*Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
*Fotokopi KTP pemohon / pemilik
*Fotokopi NPWP
*Mengisi formulir data paket wisata
*Referensi Bank
*Riwayat hidup pimpinan dan karyawan perusahaan

Untuk mendapatkan izin ini hampir sama disetiap daerah. Adapun prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan Izin Usaha Perjalanan Wisata selengkapnya bisa ditanyakan langsung ke dinas pariwisata didaerah masing-masing.

Catatan PENTING!. Kalau usaha biro perjalanan anda sudah dirasa mapan, minimal bisa memberangkat wisatawan dua atau sekali dalam sebulan, baru ajukan atau membuat surat izin usaha.

Karena kalau usaha belum mapan Anda sudah keburu membuat izin, dibelakang hari nantinya jenengan hanya capek lapor penghasilan setiap tahunnya, pajak setiap bulan, dan perpanjangan izin.

Bonus Plus Plus : Cara Membuat dan Menghitung Paket Tour / Paket Wisata

Tips Menghitung dan Mebuat Paket Tour / Paket Wisata ini saya sematkan karena ada beberapa email dan komentar pembaca blog ini yang menanyakan hal tersbut.

Anggap saja ini sebagai pelengkap agar bisnis travel yang sedang sampeyan rencanakan langsung berlari.

Oky, Langsung saja baca artikel ini : Cara Membuat paket Wisata dan Artikel ini : Cara Menghitung Harga Paket Tour

Duh, nampaknya posting ini sudah terlalu panjang untuk dilanjutkan. Mudah-mudahan tips diatas bermanfaat. Saya yakin kalau dibaca dan diperaktekkan bisnis travel jenengan akan segera lounching. Amiin.

7 thoughts on “Langkah-Langkah Praktis Untuk Memulai Bisnis Tour and Travel

  1. Pemilik Bisnis Tour & travel nulis beginian baru saya percaya 😀 Patut diikuti langkah-langkahnya..

    Tapi, mending saya buka bisnis tour & travel, atau tetap jadi turis saja ya? 😀

  2. mantap mas, makasih banyak buat share nya. saya juga pelaku wisata, namun dulu bisa nyuruh orang untuk pengurusannya, saat ini lebih ketat lagi harus mengurus sendiri turun gunung untuk melakukan perpanjangan ijin usahanya.

  3. Permisi pak , saya sangat termotivasi sekali dengan posting yang bapak posting di blog bapak ini.
    Sekarang saya sudah mendapatkan pentunjuk” untuk memulai bisnis tour and travel ..
    Tapi saya ingin bertanya satu hal pak , bisakah bapak menyarankan beberapa buku yang dapat menunjang usaha tour and travel ? .. yang menurut bapak dapat dijadikan referensi tambahan
    Terima kasih atas waktu bapak membaca tulisan ini

  4. Postingan yang sangat bagus pak
    Membuat saya makin bersemangat untuk memulai usaha tout and travel , karena penjelasan yang bapak berikan sangat mudah dimengerti.
    Tapi saya ingin bertanya 1 hal pak , bisakah bapak menyarankan kepada saya , buku yang dapat dijadikn referensi tambahan dalam tour and travel ??
    Terima kasih telat membaca pesan saya ini pak

  5. Selamat Malam pak
    saya mau tanya, semisal saya mau buat tour untuk wisata di Solo dan Jogja tapi target saya orang luar kota pak, dimana saya harus mendirikan kantor nya ya pak? karena kan ada perijinannya juga dan ada pengecekan kantor juga
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *